12 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

12 Manfaat Buah Kiwi Untuk KesehatanBuah kiwi memiliki nama ilmiah Actinidia deliciosa, mungkin terdengar seperti identik dengan burung di New Zealand, padahal buah kiwi sendiri berasal dari Tiongkok dan mulai tersebar sampai ke Selandia Baru pada awal abad ke-20.

Untuk mendapatkan buah kiwi maka harus diimport langsung dan hal inilah yang menyebabkan harga buah kiwi mahal. Padahal buah yang disebut sebagai buah eksotis ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah kiwi memiliki struktur kulit yang lembut seperti sawo dan berbulu halus dengan daging buahnya berwarna hijau cerah.

Buah kiwi dianggap sebagai pemiliki kandungan vitamin C terbanyak dibandingkan dengan buah yang lain, sehingga sumber anti oksidan pada buah kiwi pun sangat tinggi. Tidak itu saja, buah kiwi lengkap dengan kandungan berbagai nutrisi seperti vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh.

12 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan:

1. Sumber anti oksidan

Kayanya kandungan vitamin C disertai dengan vitamin E dan senyawa flavonoidnya baik untuk anti oksidan tubuh sehingga mampu mengatasi radikal bebas. Tubuh pun dapat terhindar dari berbagai penyakit.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Beradasarkan penelitian menyebutkan bahwa buah kiwi mampu mencegah masuknya pathogen seperti bakteri Staphylococcus sp. maka buah kiwi dianggap mampu bersifatanti mikroba dan menghindarkannya dari berbagai serangan penyakit sistem imun seperti batuk, flu, dan pilek.

3. Menyehatkan mata

Buah kiwi juga memiliki kandungan senyawa karoten yang jika dikonsumsi dapat mengubahnya menjadi vitamin A. Senyawa ini sangatlah baik untuk tetap menjaga kesehatan mata Anda.

4. Melancarkan pencernaan

Serat pada buah kiwi sangatlah baik untuk tetap menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda, sehingga dengan rutin memakan buah kiwi Anda akan terhindari dar resiko wasir maupun sembelit.

5. Menjaga kesehatan jantung

Loading...

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Universitas Oslo menyatakan bahwa rutin mengonsumsi 3 buah kiwi dalam sehari dan dilakukan setiap hari maka akan memperlancar aliran darah dari pembekuan dan juga penggumpalan sehingga resiko jantung koroner dapat dihindari.

6. Meningkatkan kadar zat besi

Keberadaan zat besi dalam tubuh sangatlah penting terutama menghindari terjadinya anemia. Berdasarkan research dari Inggris menyatakan bahwa vitamin C pada buah kiwi mampu menaikkan kadar penyerapan zat besi di tubuh dan jauh lebih tinggi daripada buah pisang.

7. Menjaga kesehatan kulit

Kulit juga perlu nutrisi maka buah kiwi dengan kandungan vitamin C yang jauh lebih tinggi daripada jeruk dan kandungan kaliumnya yang lebih tinggi daripada pisang mampu menutrisi kulit agar tetap sehat.

8. Mengatasi resiko kanker

Kandungan senyawa kimia pada buah kiwi yang bersifat sitotoksik ampuh dalam menghancurkan sel-sel kanker yang kemungkinan dapat tumbuh. Beberapa kanker yang dapat diatasi ialah kanker liver, kanker payudara, kanker perut, dan kanker paru-paru.

9. Mencegah penyakit alzhemeir

Gejala kepikukan mungkin akan menyerang orang berusia lanjut, namun penyakit alzhemeir dapat menyerang orang muda. Untuk itu perlu asupan nutrisi agar otak dan sistem saraf tetap sehat. Rutinlah mengonsumsi buah kiwi karena lengkapnya nutrisi yang dikandung ampuh mencegah terjadinya penyakit alzhemeir.

10. Baik untuk ibu hamil dan janin

Bagi ibu hamil disarankan untuk rutin mengonsumsi buah kiwi. Selain lengkap nutrisinya, kandungan asam folat pada buah kiwi baik untuk pertumbuhan dan perkembangan saraf janin dan menghindarkannya dari kecacatan saat lahir, begitu juga zat besi pada buah kiwi dapat mencegah ibu mengalami anemia.

11. Mengatasi asma

Asma dapat terjadi ketika tubuh mengalami infeksi karena alergi, maka dari itu perlu vitamin C yang dapat membuat tubuh tetap kuat dari serangan allergen apapun, yaitu buah kiwi. Kandungan vitamin C pada buah kiwi sangatlah tinggi dan baik untuk menjaga kesehatan pernapasan Anda termasuk dari resiko serangan asma.

12. Mengatasi insomnia

Menurut studi yang telah dilakukan oleh Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition  menyatakan bahwa rutin mengonsumsi buah kiwi akan berdampak pada peningkatan kualitas tidur di malam hari.

Nah itulah beberapa manfaat luar biasa buah kiwi untuk kesehatan Anda. Meski harga di supermarket dibanderol dengan harga yang mahal, karena manfaatnya banyak bagi kesehatan maka tak ada ruginya untuk mengonsumsi buah ini setiap pagi hari dan dijadikan sebagai camilan ataupun salad Anda

Loading...