12 Manfaat Apel untuk Kesehatan

12 Manfaat Apel untuk Kesehatan

Buah apel, sudah pasti semua orang menyukainya baik itu anak-anak, muda, maupun orang tua. Rasanya yang manis sedikit masam dan segar begitu lezat. Buah apel banyak dijadikan sebagai bahan utama jus buah maupun salad. Apel dimakan langsung juga tetap enak.

Bahkan kepopuleran buah apel juga sampai digunakan sebagai logo sebuah elektronik ternama. Tak rugi memang jika Anda mengonsumsi buah apel, karena apel memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Apel yang memiliki nama ilmiah Malus domestica ini diketahui memiliki beberapa kandungan gizi yang berkhasiat seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, potassium, kalsium, besi, zinc, tannin, serat, asam tartar, dan fitokimian.

9 Manfaat Apel untuk Kesehatan :

1. Melancarkan sistem pencernaan

Serat pada buah apel sangatlah berperan dalam menjaga kesehatan pencernaan Anda. Kandungan seratnya dapat menambah massa feses sehingga dapat dikeluarkan dengan cepat dan lancar. Rutin memakan buah apel di pagi hari maka pencernaan Anda tetap sehat.

2. Membantu menurunkan berat badan

Tidak hanya melancarkan sistem pencernaan saja, serat pada buah apel juga dapat membantu proses diet alami Anda. Memakan buah apel sebelum jam makan siang maka akan membuat Anda cepat kenyang dan tidak cepat lapar.

3. Meingkatkan air liur

Keberadaan air liur pada mulut sangatlah penting karena perannya sebagai pelindung gigi dari keropos dan juga memudahkan mencerna makanan secara kimiawi di mulut. Makanlah buah apel, maka produksi air liur yang tadinya kurang dapat meningkat.

4. Bersifat anti kanker

Kandungan flavonoid pada buah apel dapat menangkal radikal bebas yang bersifat karsinogenik, terutama penyebab kanker. Beberapa kanker yang dapat dicegah ialah kanker pancreas, hati, dan usus.

5. Menurunkan kolesterol

Loading...

Apel akan menyerap lemak berlebih dalam darah sehingga resiko tingginya kolesterol dapat diatas. Kolesterol berlebihan sangatlah berbahaya karena dapat memicu penyakit yang mematikan seperti hipertensi dan stroke.

6. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Imunitas yang baik sangatlah diperlukan. Tujuannya adalah agar tubuh dapat terhindar dari berbagai penyakit penyerang sistem imun seperti batuk, pilek, dan juga flu. Kandungan vitamin C pada buah apel dapat membantu meningkatkan sistem imun Anda.

7. Mencegah katarak

Vitamin A tidak hanya dihasilkan oleh wortel, apel pun juga memilikinya. Vitamin A baik untuk menjaga kesehatan mata Anda. Rutinlah memakan buah apel maka mata Anda akan tetap sehat.

8. Memutihkan gigi

Anda ingin memiliki gigi putih alami? Gunakanlah buah apel, karena asamnya dapat menghilangkan plak penyebab gigi kuning. Rutinlah memakan buah apel secara langsung untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Menghilangkan bau mulut

Bau mulut tidak hanya mengganggu rasa percaya diri Anda, tetapi juga akan meresahkan orang-orang di sekitar Anda. Konsumsilah buah apel, karena kandungan airnya dapat membunuh bakteri-bakteri penyebab bau mulut.

Manfaat buah apel untuk kecantikan kulit wajah:

1. Mencerahkan kulit

Kandungan vitamin A dan C pada buah apel dapat mempercepat proses pelepasan sel-sel kulit mati di wajah pemicu wajah menjadi kusam, lalu dengan cepat kulit wajah akan beregenerasi dan menjadi cerah. Caranya blender 1 buah apel lalu jadikan masker wajah selama 40 menit di malam hari.

2. Melembapkan kulit wajah

Kulit wajah yang lembap sangatlah diperlukan agar kulit selalu sehat, kenyal, dan awet muda. Caranya haluskan 1 buah apel dan tambhkan 2 sendok teh madu, olesi ke seluruh wajah sebagai masker. Gunakan selama 30 menit, lakukan 4 kali dalam seminggu.

3. Menghilangkan jerawat dan flek hitam

Jerawat dan flek hitam sangatlah mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya gunakanlah buah apel. Caranya haluskan 1 buah apel kemudian campurkan dengan sedikit minyak zaitun, jadikan sebagai masker wajah dan gunakan setiap malam hari selama 30-45 menit.

Maka mulailah menyediakan buah apel di kulkas Anda agar bisa digunakan setiap hari. Pilihlah buah apel yang segar agar khasiatnya masih ada.

Loading...