Loading...

11 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

11 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pepaya

Tidak semua orang menyukai daun papaya karena rasanya yang pahit jika dimakan. Untuk pengolahan daun papaya pun lebih dominan dijadikan sebagai lalapan. Bagi penderita asam urat sangatlah dilarang untuk memakan daun papaya, karena kandungan purinnya yang sangat tinggi justru akan menaikkan kadar asam urat dalam darah.

Rasa pahit pada daun papaya dihasilkan karena adanya senyawa kimia berupa papain. Senyawa papain tidak hanya ada pada daun papaya, buah pare pun juga memiliki kandungan yang sama sehingga rasanya sama-sama pahit. Namun siapa sangka dibalik rasa pahit itu tersimpan manfaat dari daun papaya bagi kesehatan tubuh Anda.

Daun papaya diketahui dapat mengatasi berbagai penyakit seperti sebagai anti kanker, anti malaria, mencegah demam berdarah, anti inflamasi, menyehatkan paru-paru, menjaga sistem imunitas tubuh, meningkatkan trombosit, menjaga tekanan darah, dan masih banyak lagi.

Jadi jika Anda ingin memaksimalkan kondisi tubuh Anda dan menghindari berbagai penyakit cobalah memanfaatkan daun papaya. Jangan berlebihan memakannya, karena dikhawatirkan dapat memicu penyakit asam urat.

11 Manfaat Daun Papaya:

1. Mengatasi sembelit
Sembelit memang cukup mengganggu bahkan membuat rasa begah dan tidak nyaman pencernaan. Rutinlah mengonsumsi lalapan daun papaya maka kandungan serat dan senyawa kimia karpainnya dapat dengan mudah menambah massa feses Anda sehingga pencernaan lancar kembali.

2. Mengatasi jerawat
Mengatasai jerawat dengan daun papaya karena bisa sebagai anti bakteri, termasuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Caranya keringkan 3 lembar daun papaya yang sudah tua, lalu blender dengan sedikit air sampai berbentuk pasta. Gunakan sebagai masker wajah 1 kali sehari, maka jerawat akan hilang.

3. Menambah nafsu makan
Daun pepaya bisa untuk menambah nafsu makan Ibu hamil dan anak-anak yang mengalami morning sickness. Caranya rebus 4 lembar daun papaya muda dengan sedikit garam dan 1 gelas air. Saring ambil airnya, minum dalma kondisi hangat. Minum setiap pagi hari agar nafsu makan bertambah.

Loading...

4. Kaya akan kalsium
Kalsium tidak hanya didapatkan pada susu saja akan tetapi daun papaya juga memilikinya. Kalsium sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang dan sendi Anda. Kalsium juga baik dalam mencegah terjadinya pengeroposan tulang sejak dini.

5. Menangkal radikal bebas
Kandungan senyawa kimia polifenol dan flavonoid pada daun papaya dapat berperan sebagai antioksidan tubuh, sehingga radikal bebas mampu dicegah masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat memicu berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan jantung.

6. Mengatasi maag
Semakin modernya waktu dan padatnya jam kerja memicu banyak orang mengalami sakit maag, bahkan dari tahun ke tahun penderita maag semakin menaik. Rasa pahit pada daun papaya dapat mengurangi kadar asam dan tukak lambung.

7. Mengatasi tifes
Tifus adalah penyakit yang menyerang usus, sehingga dinding usus mengalami infeksi. Daun dapat mengobati penyakit tipes dengan cara minum jus daun papaya, karena kandungan tanninnya ampuh mengatasi infeksi usus penyebab penyakit tifes.

8. Mencegah malaria
Minumlah jus daun papaya karena daun papaya dapat bersifat sebagai profilaksis yang mampu mencegah terjadinya penyakit malaria.

9. Mencegah katarak
Kandungan vitamin A pada buah papaya juga bagus untuk kesehatan mata, termasuk menghindari gejala sakit katarak. Rutinlah memakan lalapan daun papaya agar mata tetap sehat.

10. Mengatasi nyeri haid
Banyak wanita yang mengeluh mengalami sakit dan kram perut selama masa menstruasi. Buatlah racikan 1 lembar daun papaya muda lalu rebus dengan segelas air, tambahkan sedikit garam dan 1 biji asam jawa. Rebus kemudian ketika hangat minum, maka nyeri haid akan berkurang.

11. Mengobati luka
Luka akibat jatuh ataupun bakar memang sangat perih, maka dari itu gunakanlah daun papaya. Caranya cuci bersih daun papaya kemudian rema-remas sampai sarinya keluar. Gunakan sari daun papaya sebagai bahan olesan di kulit yang terluka. Maka luka akan cepat mengering.

Loading...