11 Manfaat Daun Mengkudu Untuk Kesehatan

11 Manfaat Daun Mengkudu Untuk Kesehatan

Berbicara mengenai tanaman mengkudu maka akan mengacu pada buahnya yang kaya akan kandungan nutrisi sehingga ampuh untuk mencegah dan mengatasi berbagai penyakit, sebut saja mengatasi hipertensi, baik untuk penderita diabetes, mencegah stroke, mencegah jantung koroner, mengatasi anemia, menjaga kesehatan mata, dan masih banyak lagi.

Buah mengkudu memang kaya akan manfaatnya bagi kesehatan tubuh, namun masih ada bagian lain dari tanaman mengkudu yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan kulit Anda, yaitu daun mengkudu.

Manfaat Daun Mengkudu

Daun mengkudu kaya akan anti oksidan dan juga beberapa kandungan lain seperti fosfor, kalsium, flavonoid, protein, vitamin A, magnesium, zat besi, niasin, dan masih banyak lagi. Maka cara paling mudah mengonsumsi daun mengkudu agar didapatkan khasiatnya ialah dengan merebus daun mengkudu lalu menyaringnya dan minum airnya layaknya seperti minum teh.

11 Manfaat Daun Mengkudu Untuk Kesehatan :

1. Mencegah kanker

Daun mengkudu mengandung senyawa anti oksidan yang dapat menghalangi tubuh terpapar radikal bebas yang bersifat karsinogenik dan memicu adanya kanker dalam tubuh. Rutin meminum teh daun mengkudu maka akan meminimalisir tumbuhnya sel kanker di tubuh.

2. Membantu menurunkan berat bedan

Memiliki badan yang ideal dan ramping adalah dambaan terutama bagi wanita. Daun mengkudu dipercaya mampu menurunkan kadar lemak tubuh sehingga baik untuk membantu proses diet. Minumlah teh daun mengkudu 1-2 kali dalam seminggu.

3. Mengatasi penyumbatan lemak

Kelebihan lemak jahat dalam tubuh akan berdampak pada terjadinya penyumbatan aliran darah sehingga darah menjadi tidak lancar dan dapat memicu penyakit jantung dan juga stroke. Maka teh daun mengkudu dapat mengatasinya karena kandungan senyawa fitonutriennya ampuh untuk melebarkan pembuluh darah dan meluruhkan lemak jahat dalam darah.

4. Mengatasi peradangan

Daun mengkudu juga dapat bersifat sebagai anti inflamasi. Peradangan yang paling umum dialami ialah jerawat, bisul, gigitan serangga, dan masih banyak lagi sehingga memicu kulit memerah. Caranya haluskan daun mengkudu dengan diberi sedikit air, lalu oleskan ke kulit yang meradang.

5. Melancarkan pencernaan

Loading...

Jika buahnya kaya akan serat dan baik untuk melancarkan sistem pencernaan, lain halnya dengan daun mengkudu. Daun mengkudu dapat menstimulus usus untuk bergerak secara optimal sehingga pencernaan Anda menjadi lebih lancar. Minumlah 1 gelas air teh daun mengkudu setidaknya 1 kali dalam seminggu.

6. Mengatasi cacingan

Jika anak Anda diketahui mengalami gejala cacingan maka berikanlah minuman teh daun mengkudu untuk mengatasinya. Anak yang mengalami cacingan akan berdampak buruk pada pertumbuhannya karena segala nutrisi yang dimakan diserap oleh cacing bukan tubuh.

7. Melancarkan siklus menstruasi

Banyak faktor penyebab siklus menstruasi tidak beraturan seperti terlalu stress, terlalu lelah, ataupun kurangnya asupan nutrisi bagi tubuh. Maka jika lebih dari 2 kali Anda mengalami siklus haid yang terlambat dan tak teratur ada baiknya untuk meminum ramuan teh daun mengkudu agar siklus menstruasi menjadi lancar.

8. Mengatasi reumatik

Reumatik terjadi karena sendi-sendi mengalami peradangan sehingga akan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa pada sendi Anda. Untuk berjalan ataupun beraktivitas pun menjadi susah. Daun mengkudu dipercaya dapat mengatasi reumatik ketika kambuh, minumlah 1 kali dalam seminggu.

9. Mengatasi kulit yang ruam

Ruam di kulit akan menimbulkan kulit berwarna kemerahan, ruam dapat muncul akibat alergi ataupun paparan sinar UV. Hal yang membuat tidak nyaman adalah ruam dapat menciptakan rasa gatal di kulit. Caranya oleskan kulit yang ruam dengan daun mengkudu yang telah dihaluskan.

10. Menjaga kesehatan hati

Hati sangatlah besar perannya dalam tubuh karena organ tersebut berperan dalam menetralkan segala racun (toksik) yang masuk ke tubuh. Jika jumlah racun terlalu banyak dan mengendap di hati maka hati akan mengalami peradangan, akhirnya bisa menjadi penyakit liver. Minumlah teh daun mengkudu untuk mengatasinya.

11. Mengatasi jerawat

Jerawat tumbuh karena adanya bakteri, daun mengkudu juga dapat bersifat sebagai anti bakteri termasuk bakteri penyebab jerawat. Caranya haluskan daun mengkudu yang muda lalu tambahkan sedikit minyak zaitun atau madu, lalu oleskan sebagai masker wajah selama 15 menit. Dna terakhir bilas air hangat. Gunakan 2 kali dalam seminggu sampai jerawat benar-benar hilang.

Daun mengkudu memang kaya akan manfaat bagi kesehatan sehingga wajar saja jika orang tua jaman dulu sering sekali merebus daun mengkudu untuk dikonsumsi agar tubuh tetap sehat. Perlu diingat Anda tidak berlebihan mengonsumsi daun mengkudu, perlu adanya konsultasi dengan para ahli ataupun dokter agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Loading...