11 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan

11 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan

Buah sawo adalah buah asli daerah tropis yang dapat tumbuh tanpa musiman sehingga sepanjang tahun selalu berbuah. Kulit buah sawo berwarna coklat dan kasar, bentuk buahnya bulat lonjong, warna daging buahnya coklat dan terasa manis dengan kandungan air yang banyak. Wajar jika buah sawo banyak digemari.

Dibalik rasanya yang lezat buah sawo mengandung berbagai nutrisi berupa vitamin dan mineral. Maka tak salah jika buah sawo ternyata baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Manfaat Buah Sawo

Diketahui dalam 100 gram buah sawo terkandung kalsium sekitar 21 mg, fosfor 12 mg, seng 0,1 mg, tembaga 0,09 mg, magnesium 12 mg, selenium 0,6 mg, vitamin A 60 IU, vitamin B1 0,01 mg, vitamin C 14,7 mg, energi 92 kkal, protein 0,5 g, lemak 1,2 g, dan asam folat sekita 14 mkg.

11 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan

1. Memperlancar pencernaan

Serat pada buah sawo sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan Anda. Rutin mengonsumsi buah sawo juga dapat mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit, wasir, bahkan yang paling bahaya ialah kanker usus.

2. Mengobati gusi bengkak

Kandungan vitamin C pada buah sawo dapat mengobati gusi Anda yang membengkak. Caranya belah buah sawo menjadi beberapa bagian, lalu rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih. Terakhir minum dalam keadaan hangat setiap pagi dan sore hari sampai gusi bengkak sembuh.

3. Mencegah dan mengatasi anemia

Kandungan zat besi pada buah sawo sangatlah penting untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah sehingga dapat mencegah dan mengatasi anemia. Buah sawo juga baik untuk ibu hamil agar terhindar dari resiko anemia.

4. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kalsium dan fosfor adalah dua zat penting bagi tulang dan gigi agar tetap sehat dan tercegah dari gangguan fungsi tulang seperti osteoporosis. Buah sawo kaya akan kedua senyawa tersebut sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari demi menjaga tulang sehat Anda.

5. Menjaga kesehatan mata

Loading...

Buah sawo juga kaya akan vitamin A sehingga dengan rutin mengonsumsi buah sawo kesehatan mata Anda tetap terjaga. Mata pun juga akan terhindar dari gangguan penglihatan seperti katarak dan mata minus.

6. Baik untuk tubuh

Kekurangan gizi adalah kurangnya asupan nutrisi sehingga berdampak pada penyakit malnutrisi. Buah sawo kaya akan protein nabati, dengan rutin mengonsumsinya maka kebutuhan protein tubuh akan terpenuhi. Protein juga dapat berperan sebagai zat pembangun sel-sel tubuh.

7. Bagus untuk kesehatan kulit

Kandungan vitamin E pada buah sawo sangatlah tinggi sehingga baik untuk tetap menjaga kesehatan kulit Anda. Tidak hanya sehat, kulit wajah Anda akan terhindar dari pengeriputan wajah yang menyebabkan wajah mengalami penuaan dini.

8. Menangkal radikal bebas

Vitamin C pada buah sawo juga baik sebagai anti oksidan tubuh. Anti oksidan dapat menangkal tubuh terserang dari berbagai radikal bebas yang mengancam sehingga dapat menimbulkan berbagai penyakit dari yang ringan seperti flu dan yang berat ialah bersifat karsinogenik yaitu kanker.

9. Penyedia sumber energi

Karbohidrat pada buah sawo sangatlah tinggi sehingga bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi tubuh dalam melakukan berbagai aktivitas fisik sehari-hari.

10. Mempercepat pembekuan darah

Kandungan kalium pada buah sawo baik untuk mempercepat proses pembekuan darah pada tubuh yang mengalami luka. Sehingga tubuh tidak akan cepet mengalami kekurangan darah.

11. Membantu proses pertumbuhan anak

Kandungan berbagai vitamin dan mineral yang lengkap pada buah sawo dapat membantu tumbuh kembang anak. Seperti kalsium dan fosfor yang baik untuk pertumbuhan tulang sedangkan proteinnya baik untuk perkembangan dan pertumbuhan si anak.

Itulah beberapa manfaat buah sawo bagi kesehatan. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan mengonsumsi buah sawo dalam keadaan mentah karena getahnya dikhawatirkan akan menimbulkan iritasi di mulut. Bagi penderita yang sedang batuk berdahak jangan berlebihan karena manisnya bisa memicu lendir semakin banyak.

Loading...