Loading...

11 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Semua orang pasti menggemari buah asli dari Meksiko ini. Bagi masyarakat Tionghoa buah naga dianggap sebagai buah pembawa keberkahan. Tak hanya itu saja, selain rasanya yang lezat buah naga juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama bagi ibu hamil.

Buah naga memiliki beberapa kandungan nutrisi seperti air, protein, serat, karoten, kalsium, kalium, fosfor, flavonoid, vitamin B1, B2, B3, vitamin C, besi, dan niasin. Kandungan tersebut sangatlah bermanfaat dalam memenuhi nutrisi ibu hamil sehingga kesehatan tubuh ibu tetap terjaga. Ibu sehat janinpun juga sehat.

11 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil :

1. Sumber serat alami
Serat sangat diperlukan pada masa-masa kehamilan karena ibu hamil rentan sekali mengalami sembelit. Kandungan serat pada buah naga memudahkan sistem pencernaan yang tidak lancar, sehingga sembelit dapat teratasi.

2. Mengatasi dehidrasi
Air sangat diperlukan tubuh demi menjaga sistem metabolisme. Kekurangan asupan air memungkinkan terjadinya dehidrasi, dan dehidrasi bisa saja terjadi pada ibu. Buah naga memiliki kandungan air yang sangat tinggi sehingga kebutuhan air ibu dan janin dapat terpenuhi.

3. Sebagai sumber karbohidrat
Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat sehat dan aman bagi tubuh sebagai penghasil sumber energi, maka buah naga adalah pilihannya. Setiap 100 gram buah naga mengandung 14 gram karbohidrat, jadi konsumsilah karbohidrat sebesar 135 gram setiap harinya.

4. Meningkatkan imunitas
Sistem imun yang baik sangat berperan dalam menjaga kondisi tubuh ibu hamil untuk tetap sehat, dan janin pun juga sehat. Kandungan vitamin C pada buah naga dapat berperan sebagai antioksidan yang memiliki peran sebagai penangkal radikal bebas terhadap berbagai penyakit seperti flu, pilek, batuk, dan lain-lain.

5. Memperkuat tulang dan gigi
Ketika hamil maka kebutuhan kalsium harus dua kali lebih banyak, hal ini disebabkan janin menyerap kalsium demi pertumbuhannya, maka tak jarang mendapati ibu hamil mengalami copot gigi karena kurangnya kalsium dan habis tersedot bayi. Buah naga kaya akan kandungan kalsium dan baik dikonsumsi selama proses kehamilan.

Loading...

6. Memenuhi kebutuhan nutrisi janin
Janin sangat memerlukan nutrisi demi proses tumbuh kembangnya, maka buah naga cocok untuk dikonsumsi ibu hamil karena banyaknya kandungan nutrisi yang sangat
baik untuk janin. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari kecacatan pada bayi.

7. Membantu pembentukan sel darah merah
Jika ibu hamil terserang anemia, maka kadar hemoglobin dalam darah kurang dan sel darah merahpun juga sedikit, sehingga nutrisi pada ibu hamil tak dapat disalurkan ke janin. Konsumsilah buah naga karena kandungan zat besinya dapat mengatasi anemia sehingga dapat menaikkan kadar hemoglobin dalam sel darah merah.

8. Menghindari cacat otak dan saraf
Kandungan asam folat yang tinggi pada buah naga berperan besar dalam memantu proses perkembangan sistem saraf dan otak janin. Kecukupan atas kebutuhan asam folat pada janin dapat menghindarkannya dari cacat otak dan sistem saraf ketika dilahirkan.

9. Menambah nafsu makan
Mengalami gejala morning sickness sudah pasti dialami ibu hamil ketika di awal kehamilan. Ibu akan sering mengalami mual dan muntah sehingga menjadi tidak nafsu makan. Buah naga memiliki kandungan vitamin B1 yang dapat mengatasi gejala morning sickness dan merangsang nafsu makan ibu.

10. Mencegah keguguran
Awal kehamilan atau trimester pertama adalah masa yang rantan bagi ibu hamil akan terjadinya keguguran. Untuk mencegahnya makanlah buah naga, karena kandungan asam folatnya yang dapat berperan dalam memperkuat janin.

11. Menstabilkan tekanan darah dan gula darah
Ibu hamil rentan mengalami hipertensi dan naiknya kadar gula darah, yan justru akan berdampak pada terjadinya kondisi preeklamsia yang umumnya dapat terjadi di usia kandungan 20-24 minggu. Maka konsumsilah buah naga sejak awal kehamilan karena kandungan kaliumnya dapat menormalkan tekanan dan gula darah.

Itulah beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil. Kesehatan sangat penting di masa kehamilan, maka berilah asupan gizi yang mengandung nutrisi baik bagi tubuh, seperti halnya buah naga. Rajin mengonsumsi buah naga bagi ibu hamil bahakan dari sebelum proses kehamilan berlangsung.

Loading...