Loading...

11 Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Melon

Buah melon merupakan salah satu tanaman buah dari famili labu-labuan atau Cucurbitaceae yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, dan saat ini buah melon dijadikan komoditas ekspor Indonesia ke berbagai negara Asia Tenggara seperti Malaysia dan Singapura dan negara Asia Timur seperti Jepang, Korea, dan Hong Kong.

Buah melon memiliki bentuk bulat dengan warna kulit hijau dan permukaan yang sedikit kasar. Untuk memudahkan apakah rasa buah melon manis yaitu dengan mengandalkan penciuman aromanya jika aromanya sangat harum maka daging buah melon terasa manis.

Buah melon banyak dimanfaatkan dalam bentuk minuman seperti jus dan sop buah ataupun dimakan secara langsung sebagai pencuci mulut juga tetap terasa nikmat. Tidak hanya nikmat, buah melon juga dapat dikonsumsi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

Beberapa kandungan nutrisi buah melon yang dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh ialah serat, air, protein, lemak, karbohidrat, Vitamin A, vitamin C, dan kalori. Jadi tidak ada ruginya jika mulai dari sekarang Anda memanfaatkan buah melon sebagai alternatif pengobatan alami tubuh dari berbagai serangan penyakit.

11 Manfaat Buah Melon:

1. Mencegah kerusakan mata
Gangguan pada indera penglihatan seperti mata minus dan katarak dapat dicegah sedini mungkin dengan rutin memenuhi asupan vitamin A. Buah melon mengandung 357 IU vitamin A dan jumlah ini cukup untuk menjaga kesehatan mata.

2. Mencegah serangan jantung
Kandungan adenosine pada buah melon mampu memperlancar aliran darah dan mencegah terjadinya penggumpalan darah yang berdampak pada terganggunya fungsi jantung.

3. Mencegah stroke
Kandungan adenosine pada buah melon juga dapat menghindari terjadinya penggumpalan darah di otak yang berdampak pada penyebab penyakit stroke. Stroke sangatlah berbahaya karena dampaknya tidak hanya menyebabkan kelumpuhan bahkan dapat menyebabkan kematian.

4. Mennagkal radikal bebas
Kandungan senyawa flavonoid pada buah melon dapat berperan sebagai anti oksidan yaitu sebagai penangkal radikal bebas. Jika tubuh terpapar radikal bebas maka akan mudah sekali untuk terserang berbagai penyakit.

Loading...

5. Menurunkan berat badan
Kandungan serat dan berbagai vitamin serta mineral pada buah melon sangat baik bagi tubuh terutama mempermudah proses diet alami Anda. Semua kandungan nutrisinya akan mudah terserap sebagai sumber energi dan perut tidak cepat lapar jadi beran badan dapat turun secara alami dan sehat.

6. Mencegah dari serangan kanker
Senyawa karoten pada buah melon dapat berperan dalam menangkal tubuh dari pertumbuhan sel-sel kanker. Rutin memakan buah melon dapat membantu tubuh terlindung dari gejala kanker.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah melon dapat membantu tubuh dalam meningkatkan sistem imunitas sehingga tubuh tidak akan mudah terserang berbagai penyakit seperti flu, demam, radang, dan masih banyak lagi.

8. Sebagai sumber energi
Kandungan air, serart, kalori, karbohidrat, dan lemak pada buah melon sangat baik untuk tubuh dalam memenuhi kebutuhan nutrisinya sehingga akan mudah terserap dan digunakan sebagai sumber energi.

9. Menjaga kesehatan gigi dan tulang
Buah melon kaya akan kalsium maka sangat baik dalam mempertahankan fungsi gigi dan tulang. Tulang yang sehat dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

10. Mengatasi dehidrasi
Ketika tubuh mengalami dehidrasi maka kinerja tubuh tidak akan berjalan secara maksimal dan juga proses metabolisme tubuh pun terganggu. Maka cukupilah asupan air untuk mengatasi dehidrasi. Buah melon 90% mengandung air dan cukup untuk mengatasi dehidrasi.

11. Mencegah diabetes
Kelebihan kadar gula dalam darah akan berdampak pada munculnya gejala penyakit diabetes sehingga perlu sekali memperhatikan asupan sehari-hari. Buah melon kaya akan air, gula alami, dan serat yang dapat menormalkan kadar gula dalam darah dan diabetes bisa dihindari.

Tidak hanya untuk tubuh, buah melon juga dapat berperan dalam menjaga kesehatan kulit wajah seperti membuat kulit tetap lembap, lembut, dan awet muda. Menjaga asupan gizi memang penting akan tetapi perlu diimbangi dengan olahraga secara rutin agar tubuh tetap sehat.

Loading...