Loading...

11 Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan

Manfaat Kelengkeng

Kelengkeng atau lengkeng atau ada yang menyebutnya dengan “mata kucing” adalah buah-buahan khas tropis di Asia Tenggara walau asal muasalnya berasal dari daratan China. Banyak orang menyukai buah ini karena rasa daging buahnya yang manis dan juga mengandung banyak air sehingga bisa mengatasi rasa haus ketika sedang menyerang.

Buah kelengkeng memiliki bentuk bulat, ukurannya kecil, tumbuh bergerombol, warna kulit coklat, permukaan kulit sedikit kasar karena terdapat bintil-bintil kasar di kulitnya, daging buahnya tipis, berwarna bening, dan memiliki biji yang berwarna hitam. Namun bukan berarti karena ukurannya kecil buah kelengkeng dianggap remeh, rupanya buah kelengkeng berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh.

Beberapa kandungan nutrisi tersebut ialah sukrosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B kompleks, asam tartaric, fosfor, potassium, zat besi, karbohidrat, magnesium, thiamin, niacin, kalsium, lipid, sodium, zinc, dan riboflavin. Maka dengan berbagai kandungan nutrisi tersebut tak ada salahnya bagi Anda untuk mulai rutin mengonsumsi buah ini.

11 Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan

1. Memulihkan setelah sakit
Ketika seorang pasien telah menjalani perawatan intensif karena sakit yang dideritanya maka akan mengalami kondisi tubuh yang lemah. Untuk itu penting sekali memulihkan dengan cepat agar lekas cepat sembuh. Buah kelengkeng dengan berbagai kandungan nutrisinya dapat memulihkan kondisi fisik pasien tersebut dan menyegarkan kembali tubuhnya.

2. Mengatasi depresi
Ketika seharian lelah bekerja dan banyaknya tuntutan pekerjaan maka tak menampik Anda akan merasa tertekan dan stress. Hal ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan Anda sendiri karena tubuh akan mudah terserang berbagai penyakit, untuk itu makanlah buah kelengkeng.

Buah kelengkeng dengan kandungan vitamin B kompleksnya dapat memberikan efek menenangkan, kemudian meningkatkan fungsi syaraf, bahkan mampu mengurangi rasa lelah.

3. Mencegah masuknya radikal bebas
Buah kelengkeng mengandung polifenol yang dapat betindak sebagai anti oksidan sehingga mampu mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Radikal bebas sangatlah berbahaya bagi tubuh karena akan memicu berbagai penyakit berbahaya seperti anemia, kanker, jantung, dan masih banyak lagi.

4. Menjaga kesehatan jantung
Buah kelengkeng mengandung senyawa yang dapat melancarkan aliran darah dari penimbunan lemak-lemak jahat sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan kinerja jantung pun akan menjadi lebih optimal.

Loading...

5. Mencegah dan mengatasi anemia
Anemia terjadi Karenna kurangnya kadar hemoglobin dalam darah sehingga sering disebut dengan gejala kurang darah. Buah kelengkeng dapat mencegah dan mengatasi Anda dari anemia, karena kandungan zat besinya dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah Anda.

6. Meningkatkan sistem imun
Kandungan vitamin C pada buah kelengkeng ampuh untuk menjaga sistem imun Anda agar tetap sehat dan tidak lemah sehingga tubuh tidak akan mudah terserang oleh berbagai penyakit seperti flu, batuk, pilek, dan masih banyak lagi.

7. Mengatasi dehidrasi
Kandungan air pada buah kelengkeng sangatlah tinggi sehingga akan menciptakan sensasi segar ketika memakannya secara langsung. Hal ini juga berdampak baik bagi kesehatan karena mampu mengatasi dehidrasi apalagi cocok dikonsumsi untuk pasien muntaber yang habis menjalani perawatan agar tubuh tetap terjaga dari dehidrasi.

8. Sebagai sumber energi
Rasa khas dari buah kelengkeng adalah manisnya. Hal ini dikarenakan buah kelengkeng mengandung glukosa alami yang baik bagi tubuh sehingga bisa diserap dan diedarkan ke seluruh tubuh untuk menjadi sumber energi Anda.

9. Mencegah penuaan dini
Mengalami penuaan dini di wajah adalah momok yang sangat menakutkan, namun hal tersebut dapat ditepis dengan rutin memakan buah kelengkeng. Buah ini banyak mengandung vitamin C sehingga dapat menjaga keelastisan kulit wajah Anda dan bahkan bisa juga mencerahkan, sehingga wajah Anda akan tampak awet muda.

10. Menyehatkan tulang
Osteoporosis memang mengancam lansia apalagi wanita yang mengalami menopause akan lebih rentan terkena osteoporosis. Untuk itu mulai dari penting sekali menjaga kesehatan tulang dengan rutin mengonsumsi kalsium, termasuk buah kelengkeng. Selain dengan memakan buah kelengkeng, Anda juga dan harus diimbangi dengan pola hidup sehat.

11. Mengobati luka bakar
Tidak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat, bagian kulitnya pun dapat digunakan untuk mengobati luka bakar Anda. Caranya bakar bagian kulit kelengkeng sehingga menjadi arang, lalu tumbuk sampai halus dan tambahkan minyak zaitun. Terakhir oleskan racikan tersebut ke area luka bakar.

Nah itulah beberapa manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan tubuh Anda. Tidak hanya menyehatkan, buah kelengkeng juga dapat meningkatkan kecantikan kulit wajah Anda seperti mampu membuatnya tampak awet muda.

Loading...