Loading...

11 Manfaat Biji Kelor Untuk Kesehatan

11 Manfaat Biji Kelor Untuk Kesehatan

Manfaat Biji Kelor

Berbicara mengenai tanaman kelor pasti sudah tidak asing lagi karena tanaman ini dianggap sebagai tanaman sejuta manfaat untuk kesehatan. Maka sudah banyak sekali pembahasan mengenai manfaat tanaman kelor terutama bagian daunnya. Namun manfaat tanaman kelor tidak hanya terletak pada daunnya saja, tetapi juga ada pada bagian bijinya.

Biji tanaman kelor terdapat di dalam buahnya yang memanjang. Jika dibuka maka di dalamnya berisi biji yang berbentuk bulat dengan warna cokelat kehitaman, dalam 1 buah bisa terdapat 10-20 jumlah biji kelor. Biasanya untuk menanam kelor bagian buah dikeringkan, sehingga ketika buah dan bijinya mengering langsung dijadikan bibit tanaman kelor yang baru.

Biji kelor diketahui kaya akan kandungan asam amino, vitamin dan juga mineral. Beberapa vitamin yang terkandung di dalam biji kelor ialah vitamin A, vitamin c, vitamin E. Untuk mineralnya terkandung kalsium, protein, kalium, dan flavonoid. Merujuk pada beberapa kandungan biji kelor tersebut maka tak ada ruginya untuk mencoba menggunakan biji kelor sebagai bahan pengobatan tradisional Anda.

11 Manfaat Biji Kelor Untuk Kesehatan

1. Menurunkan kolesterol tinggi
Kolesterol jika terlalu tinggi dalam darah akan berdampak pada kesehatan. Efek dari tingginya kadar kolesterol ialah dapat memicu penyakit jantung koroner dan juga stroke. Biji kelor dengan kandungan senyawa zat  thiocarbamate glikosida, nitrile dan glikosidanya efektif dalam menurunkan kadar kolesterol darah.

2. Mengandung nutrisi yang lengkap
Biji kelor mengandung makro nutrient yang diperlukan oleh tubuh seperti protein, vitamin, asam amino, dan kalsium. Dengan mengonsumsi biji kelor maka kebutuhan nutrisi Anda akan tercukupi.

3. Mempercepat proses penyembuhan luka
Tidak hanya daun kelornya saja yang dapat menyembuhkan luka, bijinya pun juga berfungsi mengatasi luka baru di kulit Anda. Caranya remas biji kelor lalu oleskan ke luka, kandungan kalium pada biji kelor membantu proses pembekuan darah sehingga luka cepat sembuh dan kering.

4. Menangkal radikal bebas
Biji kelor dapat bertindak sebagai sumber anti oksidan sehingga berbagai serangan radikal bebas ke tubuh dapat dicegah. Kandungan flavonoid dan vitamin C yang tinggi dianggap berperan sebagai anti oksidan. Jika tubuh mudah terkena radikal bebas maka akan rentan terkena penyakit dari yang ringan sampai yang berat.

5. Mencegah kerusakan mata
Kandungan vitamin A pada biji kelor dapat menjaga kesehatan kornea dan menghindarinya dari penyakit mata seperti katarak, mata minus, dan peradangan kornea.

Loading...

6. Meningkatkan kinerja fungsi otak
Otak juga perlu asupan nutrisi agar dapat berfungsi secara maksimal. Kandungan asam folat, omega, dan vitamin E pada biji kelor baik untuk mempertahankan fungsi otak agar dapat bekerja secara maksimal. Hal ini sangat baik sekali untuk anak-anak yang sedang dalam usia pertumbuhan dan perkembangan.

7. Mencegah anemia
Anemia dapat terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. Zat besi sangatlah penting dalam meningkatkan kadar hemoglobin sehingga tubuh tidak akan mudah lemas. Biji kelor kaya akan kandungan zat besi tersebut.

8. Menurunkan kadar gula darah
Biji kelor juga dapat menurunkan kadar gula darah, hal ini sangat baik bagi tubuh karena jika kelebihan gula darah akan meningkatkan resiko serangan diabetes.

9. Menjaga kesehatan liver
Kandungan polifenol pada biji kelor sangat berperan pada melindungi fungsi liver dari racun-racun dan juga kerusakan oksidatif yang menumpuk di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi biji kelor maka senyawa racun yang bersifat toksik akan dikeluarkan melalui urine.

10. Menguatkan sistem imun tubuh
Memiliki tubuh yang fit itu perlu sehingga sistem imun perlu dijaga. Biji kelor kaya akan vitamin C yang dapat melindungi sistem imunitas tubuh sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit.

11. Mencegah penuaan dini
Biji kelor dengan kandungan vitamin C dan vitamin E nya baik dalam memaksimalkan kinerja kulit wajah termasuk menghindarinya dari kerusakan-kerusakan sel kulit yang dapat memicu terjadinya penuaan dini.

Pengonsumsian biji kelor sangatlah mudah, bisa Anda terapkan beberapa cara di bawah ini:
1. Merebus biji kelor, lalu dijadikannya sebagai santapan lauk makanan Anda;
2. Merebus 3-5 biji kelor dengan 1 ½ gelas air, lalu saring dan minum airnya seperti meminum teh, lakukan 1 kali sehari di pagi hari;
3. Menyangrai biji kelor dan memakannya seperti kacang.

Hal yang sangat perlu diperhatikan adalah pemanfaatan biji kelor sebagai obat herbal adalah sebagai obat pelengkap untuk menjaga tubuh tetap sehat dan menghindarinya dari penyakit, bukan sebagai obat utama. Jadi jangan berlebihan dalam pengonsumsiannya. Jika sakit tidak kunjung sembuh ada baiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter.

Loading...