Loading...

11 Manfaat Anggur Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Anggur Merah

Buah anggur adalah buah-buahan yang dihasilkan dari tanaman merambat yang dapat tumbuh subur di dataran rendah. Beda halnya dengan tanaman lain yang membutuhkan banyak air agar dapat tumbuh subur, tanaman anggur semakin manis dan subur apabila tumbuh di musim kemarau dengan kadar air yang sedikit yaitu 800 mm pertahun.

Ada beberapa jenis buah anggur seperti anggur hijau, anggur ungu, bahkan anggur merah dengan dua jenis biji yaitu tanpa ataupun dengan biji. Rasa buah anggur bermacam-macam baik manis bahkan sedikit masam. Lalu apakah Anda cukup mengfavoritkan buah anggur merah?

Dalam 100 gram buah anggur merah mengandung sejumlah energi 288 kJ, karbohidrat 18,1 gr, gula 15,48 gr, serat pangan 0,9 gr, lemak tak jenuh 0,16 gr, protein 0,72 gr, vitamin B kompleks 0,200 mg, vitamin C 10,8 mg, vitamin K 22 mikrogram, kalsium 10 mg, zat besi 0,36 mg, magnesium 7 mg, mangan 0,071 mg, fosfor, kalium 20 mg, natrium 3,02 mg, dan juga seng 0,07 mg.

Dengan berbagai kandungan gizi tersebut sudah pasti buah anggur merah memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Lalu apa sajakah itu? Yuk disimak…

11 Manfaat Anggur Merah Untuk Kesehatan:

1. Mencegah penyakit jantung
Buah anggur merah tidak hanya bergizi lengkap namun juga mengandung senyawa kimia yaitu fenol dan  restevarol yang dapat melancarkan aliran darah dan mencegahnya dari penyumbatan pembuluh darah. Sehingga tubuh akan terhindar dari penyakit jantung.

2. Mencegah kanker
Kandungan senyawa fenol dan  restevarol pada buah anggur merah dapat bertindak sebagai anti oksidan sehingga mampu menangkal berbagai radikal bebas dari sinar matahari, sinar UVA, dan sinar UVB sehingga tubuh akan terhindar dari penyakit kanker.

3. Mengatasi hipertensi
Kandungan kalium yang tinggi pada buah anggur dapat menurunkan kadar tekanan darah tinggi, begitu juga mampu mengontrol lemak dan kolesterol dalam tubuh Anda.

4. Mengatasi insomnia
Kurang tidur atau insomnia kerap kali menyerang siapapun. Parahnya jika insomnia tidak segera diatasi maka akan berdampak negatif bagi kesehatan fisik dan psikologis Anda. Untuk itu cobalah rutin memakan anggur merah karena kandungan melatoninnya dapat menenangkan saraf dan mengatasi insomnia Anda.

Loading...

5. Menormalkan kadar gula darah
Gula darah jika berlebihan akan berdampak pada memicu munculnya penyakit diabetes. Untuk itu cobalah rutin memakan buah anggur merah karena meski memiliki rasa manis namun dapat menjaga kadar gula darah Anda untuk tetap normal.

6. Mengatasi sembelit
Sembelit atau susah BAB terjadi karena kurangnya asupan serat yang menyebabkan kinerja usus kurang maksimal dan sisa-sisa kotoran pun tidak dapat dikeluarkan dari tubuh. Untuk itu cukupilah asupan serat dengan memakan buah anggur merah.

7. Menjaga sistem imun tubuh
Kesehatan tubuh perlulah dijaga agar tubuh mampu terhindar dari berbagai jenis penyakit. Untuk itu perlu sekali asupan vitamin C yang tinggi dan nutrisi lengkap agar agar sistem imun tubuh tetap terjaga, memakan buah anggur merah bisa menjadi alternatif pilihannya.

8. Membuat wajah tampak awet muda
Kandungan anti oksidan dan vitamin C pada buah anggur merah sangatlah tinggi, untuk itu rutinlah mengonsumsinya karena akan menjaga keelastisan kulit wajah Anda, menghindarinya dari kerutan-kerutan di wajah, dan akan membuat wajah Anda tampak awet muda.

9. Menguatkan tulang dan gigi
Ingin tulang dan gigi tetap sehat dan kuat? Kebutuhan kalsium tidak hanya terdapat pada susu saja, buah anggur merah pun juga kaya akan kandungan tersebut. Konsumsilah anggur merah secara rutin demi menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda.

10. Mengatasi darah kotor
Jika Anda cukup risau dengan tumbuhnya jerawat dan bisul yang membandel, itu disebabkan oleh adanya darah kotor berlebih pada tuubh Anda. Kandungan nutrisi yang lengkap pada buah anggur merah mampu membersihkan darah kotor Anda dari tubuh dan mencegahnya dari gangguan berbagai penyakit.

11. Baik untuk diet
Bagi Anda yang sedang melakukan program diet tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi buah anggur karena kandungan gizinya yang lengkap baik untuk asupan nutrisi tubuh tanpa menyebabkan rasa lapar berlebih sehingga selain dapat menurunkan berat badan Anda juga tetap dapat beraktivitas dengan lancar.

Itulah beberapa manfaat buah anggur merah bagi kesehatan tubuh. Tidak ada salahnya menambah buah anggur merah sebagai menu buah-buahan favorit Anda. Jika Anda ingin menambahkan cita rasa pada anggur merah, Anda bisa mengolahnya ke berbagai jenis jus maupun salad yang segar dan juga lezat.

Loading...