11 Kandungan Nutrisi Buah Naga

Nutrisi Buah Naga

Buah unik ini merupakan satu kerabat dengan tanaman kaktus, berasal dari Amerika Tengah dan tersebar ke berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia. Sudah banyak para petani membudidayakan buah naga karena memiliki nilai komersil yang tinggi. Minat masyarakat untuk mengonsumsi buah naga sangatlah tinggi, selain karena rasanya yang lezat namun juga terdapat khasiat bagi tubuh.

Berbicara mengenai buah naga pasti yang terpikirkan adalah khasiatnya yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Buah yang unik dan cantik ini memang dapat mengatasi berbagai permasalahan kesehatan tubuh seperti jantung, stroke, anemia, diabetes, obesitas, hipertensi, kanker, dan masih banyak lagi.

Beberapa manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh seperti yang telah disebutkan di atas tidak terlepas dari beberapa kandungan nutrisi pada buah naga. Jadi jika Anda termasuk pecinta buah naga maka tidak ada ruginya telah mengonsumsi buah ini. Apa sajakah kandungan nutrisi pada buah naga? Yuk disimak…

11 Kandungan Nutrisi pada Buah Naga

1. Kadar air 96%
Pada 100 gram buah naga mengandung 96% air, sehingga buah naga memang dominan dengan airnya sehingga terasa segar jika dikonsumsi secara langsung. Banyaknya air pada buah naga juga baik untuk mengatasi dehidrasi tubuh.

2. Protein (0,159 – 0,229 gram)
Dalam 100 gram buah naga mengandung banyak protein, dan hal ini sangatlah diperlukan bagi tubuh karena senyawa protein berperan sebagai pembangun sel-sel tubuh sehingga protein sangatlah berperan pada proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Kekurangan protein juga dapat menyebabkan gizi buruk (mal nutrisi).

3. Lemak (0,21 – 0,61 gram)
Untuk 100 gram buah naga kandungan lemak tak jenuhnya juga lumayan banyak. Lemak tak jenuh ini sangatlah baik bagi tubuh karena akan menekan kadar lemak jahat di darah sehingga penyakit kolesterol ataupun jantung koroner pun dapat dicegah.

4. Serat kasar (0,7 – 0,9 gram)
Selain air buah naga juga banyak mengandung serat. Serat ini baik sekali untuk memperlancar proses pencernaan Anda dan juga membantu Anda untuk menurunkan berat badan secara alami. Maka rutinlah memakan buah naga agar kebutuhan serat harian Anda terpenuhi.

Loading...

5. Karoten (0,005 -0,0012 mg)
Buah naga yang memiliki warna ungu kaya akan karotennya. Dalam 100 gram buah naga mengandung 0,005 -0,0012 mg karoten, yang jika dikonsumsi akan dapat diubah menjadi vitamin A sehingga baik untuk menjaga kesehatan mata Anda.

6. Kalsium (6,3 – 8,8 mg)
Dalam 100 gram buah naga juga terkandung 6,3 – 8,8 mg kalsium. Kalsium baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda agar terhindar dari segala gangguan fungsi tulang seperti osteoporosis, nyeri sendi, dan masih banyak lagi. Hal ini juga baik untuk anak yang masih dalam usia pertumbuhan agar dapat membantu proses tingginya.

7. Fosfor (30,2-36,1 mg)
Selain kalsium, fosfor juga baik untuk menjaga kesehatan tulang Anda. konsumsilah buah naga agar lebih terasa khasiatnya bagi tubuh.

8. Zat besi (0,55-0,65 mg)
Keberadaan zat besi sangatlah penting karena akan membantu proses peningkatan kadar hemoglobin dalam darah sehingga tubuh tidak akan kekurangan darah dan anemia dapat teratasi.

9. Vitamin B (1,007 mg)
Untuk 100 gram buah naga mengandung 1,007 mg sejumlah vitamin B seperti B1, B2, dan B3. Vitamin B ini sangatlah penting dalam memaksimalkan kinerja saraf dan tubuh.

10. Vitamin C (8-9 mg)
Buah naga memang kaya akan kandungan vitamin C nya buktinya saja dalam 100 gram buah naga saja terkandung 8-9 mg vitamin C. Vitamin ini sangatlah baik bagi tubuh karena dapat bertindak sebagai anti oksidan.

11. Kandungan lain
Beberapa kandungan lain pada buah naga ialah mineral, karbohidrat, thiamine dan riboflavin.

Penting sekali menjaga kesehatan tubuh, tidak hanya dengan menjaga asupan nutrisi namun juga menerapkan perilaku sehat seperti rajin berolahraga, istirahat yang cukup, dan hindari merokok. Maka tubuh akan tetap sehat dan bugar.

Loading...