10 Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan Kita

Manfaat Tertawa

Tertawa adalah pengungkapan perasaan senang, lucu, maupun gembira pada seseorang, meskipun tertawa identik dengan adanya suatu reaksi lucu maupun menghibur kemudian direspon dengan tertawa. Tertawa rupanya sangat baik untuk kesehatan fisik dan juga psikis lho. Lalu apa saja ya manfaat tertawa itu? Yuk disimak…

10 Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan

1. Membuat jantung menjadi lebih sehat

Dengan tertawa lepas, maka tubuh akan melepaskan hormon endofrin yaitu hormon memicu munculnya rasa bahagia. Nah hal inilah yang menyebabkan aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar, termasuk ke jantung Anda. Manfaat tertawa sama halnya dengan melakukan aerobik, sama-sama bermanfaat bago kesehatan jantung itu sendiri.

2. Tertawa bisa mengubah perasaan seseorang

Tahukah Anda jika tertawa lepas mampu mengubah perasaan Anda menjadi lebih baik. Contoh halnya saja jika Anda sedang merasakan suntuk atau stress dan penat akibat kelelahan karena pekerjaan seharian, maka ketika ada orang lain seperti teman di sekitar Anda yang mampu menghibur dan membuat Anda tertawa, maka perasaan Anda akan berubah menjadi lebih baik, stress pun hilang.

3. Menguatkan sistem imun tubuh

Keberadaan sistem imun sangatlah penting bagi tubuh, karena perannya ialah untuk menjaga agar tubuh tidak mudah sakit. Nah dengan tertawa juga bisa membantu menjaga kekebalan tubuh Anda, sehingga tubuh tidak akan mudah terserang berbagai patogen penyakit seperti flu, batuk, dan pilek.

4. Mengurangi rasa sakit

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Swiss, mengungkapkan bahwa dengan tertawa selama 20 menit maka bisa meringankan rasa sakit di tubuh dengan cara memberikan toleransi sakit di tubuh itu sendiri. Tertawa mampu melepaskan hormon endofrin, yaitu hormon pemicu perasaan bahagia, dimana hormon inilah yang berperan dalam mengendurkan dan merilekskan otot-otot tubuh secara alami. Wah tidak terduga sekali ya rupanya manfaat tertawa ini.

5. Menghilangkan rasa sedih

Banyak pemicu permasalahan yang akhirnya membuat seseorang menjadi sedih, yaitu rasa kecewa, perasaan duka, ataupun kegagalan. Nah seseorang yang sedang dalam masa kesedihan ini janganlah terlalu lama dibiarkan terpuruk dalam kesedihannya, karena lama-lama akan membuatnya tambah menderita dan menjadi stress.

Loading...

Untuk itu perlu sekali peran orang lain di sekitarnya dengan cara menghiburnya. Menghibur seseorang yang sedang dalam perasaan sedih dan membuatnya tertawa maka akan mampu melupakan rasa sedih itu dan menghilangkannya.

6. Membakar 10-40 kalori

Siapa sangka, dengan tertawa setidaknya 10-15 menit maka bisa membantu pembakaran 10-40 kalori tubuh Anda apalagi jika memiliki jumlah lemak yang berlebih. Selain dengan melakukan program menurunkan berat badan, tertawa juga sangat ampuh lho membantu program diet Anda.

7. Menyehatkan paru-paru

Rupanya dengan tertawa dapat membantu dalam menyehatkan paru-paru Anda lho. Ketika Anda tertawa, maka secara tidak langsung diafragma akan terbuka dan hal inilah yang menyebabkan banyaak oksigen dapat masuk ke dalam diafragma. Hal inilah yang dapat membantu proses pembersihan paru-paru Anda.

8. Meningkatkan kemampuan memori otak

Ketika tertawa, tidak hanya diafragma saja yang dipenuhi dengan masuknya oksigen. Namun oksigen juga dapat mempengaruhi sel-sel otak sehingga kemampuan fungsi otak akan semakin meningkat, seperti kefokusan, daya ingat, motorik, dan juga psikomotorik.

9. Mengubah perasaan takut menjadi sebuah tantangan

Siapa sangka dengan tertawa maka perasaaan takut yang menderai Anda akan hilang, bahkan perasaan takut yang timbul akibat adanya pikiran negatif bisa diubah menjadi lebih positif yaitu menjadi sebuah tantangan. So, dengan tertawa, perasaan takut bukanlah halangan besar dan harus dihindari namun sebuah tantangan yang harus dilalui.

10. Membuat awet muda

Dengan tertawa bisa membuat wajah Anda akan tampak awet muda lho. Kok bisa? Tentu saja, karena tertawa akan menggerakkan bibir dan juga wajah, secara tidak langsung hal inilah yang menyebabkan wajah melakukan senam wajah. Senam wajah penting sekali dilakukan karena dapat membuat banyak otot-otot wajah dan rahang wajah meregang, nah gerakan ini bisa membuat wajah Anda tampak awet muda.

Bagaimana, banyak bukan manfaat tertawa bagi kesehatan? Dengan tersenyum maka kondisi fisik dan psikis Anda akan menjadi normal, perasaan lebih bahagia, dan juga wajah menjadi lebih awet muda dibuatnya. Jadi mulai saat ini apapun permasalahan dan beban pikiran Anda tepis dengan pikiran negatif dan tertawa. Tertawa tidak sulit, tertawa dapat ditularkan, tertawa bisa menciptakan pribadi yang positif dan juga menyenangkan.

Loading...