10 Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan Tubuh

Terong ungu merupakan sayur-sayuran yang sangat mudah sekali ditemukan. Harganya yang relatif murah dan rasanya yang nikmat dengan tekstur daging lembut, membuat terong ungu disukai oleh banyak orang. Terong ungu biasanya diolah dalam bentuk rebusan sebagai lalapan maupun dimasak sebagai tumisan.

Manfaat Terong Ungu

Terong ungu mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, triptophan, asam folat, tembaga, kalsium, magnesium, mangan, fosfor dan juga kalium. Dengan berbagai kandungan nutrisi tersebut, maka terong ungu memiliki beberapa khasiat bagi kesehatan tubuh, yaitu sebagai berikut.

10 Manfaat Terong Ungu

1. Mencegah penyakit jantung

Keberadaan kalium pada terong ungu dapat berperan dalam menjaga ritme detak jantung dan mencegahnya terjadi retensi cairan, sehingga organ vital jantung pun tetap terjaga kesehatannya dan terhindari dari gejala penyakit jantung koroner. Bahkan kalium pada terong pun juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Serat pada terong ungu bisa membantu Anda dalam mengatasi gangguan sistem pencernaan, seperti tidak lancarnya BAB. Dengan begitu, rutin mengonsumsi terong ungu akan menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda dan mencegahnya dari gangguan gejala sembelit maupun wasir.

3. Menutrisi otak

Kandungan nutrisi dan fitonutrien nasunin pada terong ungu dapat melindungi membran sel saraf dan otak, sehingga mampu mencegah kerusakan otak akibat paparan radikal bebas serta menutrisi otak dan sel-sel saraf sehingga fungsi otak tetap terjaga, dengan begitu tingkat kefokusan otak tetap terjaga dan mampu mencegah dari gejala kepikunan dini.

4. Mencegah anemia

Anemia dapat dicegah apabila asupan zat besi ke dalam tubuh tercukupi, untuk itu terong ungu juga bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan dalam memenuhi kebutuhan zat besi harian Anda. Sehingga resiko anemia pun dapat Anda hindari.

5. Mengontrol asam lambung

Loading...

Jika kadar asam lambung berlebih maka akan berdampak pada munculnya penyakit lambung seperti maag bahkan kembung. Untuk itu Anda perlu asupan yang dapat mengontrol kadar asam lambung agar tidak naik, salah satunya ialah dengan mengonsumsi terong ungu.

6. Mengontrol gula darah

Terong ungu kaya akan serat dan juga rendah karbohidrat, hal ini jika dikonsumsi pun tidak akan berbahaya bagi tubuh, dikarenakan terong ungu mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Dengan begitu gejala diabetes pun dapat dihindari. Tidak hanya untuk mencegah diabetes, terong ungu juga baik untuk membantu menjalankan program diet Anda.

7. Kaya akan protein

Keberadaan protein sangat diperlukan bagi tubuh, karena semua sel-sel penyusun organisme tersusun atas protein. Proteinlah berfungsi sebagai zat pembangun, termasuk dalam mengganti sel-sel maupun jaringan tubuh yang rusak. Dengan adanya protein maka tubuh tidak akan mengalami kekurangan nutrisi. Jadi jika ingin menambah asupan nutrisi yang baik bagi tubuh, terong ungu bisa dijadikan pilihan.

8. Sebagai sumber anti oksidan

Terong ungu diketahui mengandung sejumlah senyawa caffeic, asam klorogenat, nasunin dan flavonoid serta vitamin C, dimana semua peran dari sneyawa tersebut ialah sebagai sumber anti oksidan. Anti oksidan sangatlah penting bagi tubuh, mengingat perannya yang dapat mencegah masuknya radikal bebas penyebab berbagai jenis penyakit, baik itu jantung bahkan kanker.

9. Meredakan nyeri reumatik

Reumatik adalah radang sendi dan jika kambuh akan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Untuk gerak pun susah sehingga aktivitas sehari-hari dapat terganggu, Terong ungu bisa menjadi pilihan dalam meredakan nyeri akibat reumatik tersebut. Dengan kandungan senyawa anti reumatik pada terong ungu, maka nyeri sendi pun akan hilang.

10. Baik untuk kulit wajah

Jika Anda sudah cukup risau dengan hadirnya flek hitam dan noda-noda bekas jerawat di wajah Anda, maka untuk mengatasinya secara alami Anda bisa menggunakan terong ungu. Kandungan vitamin C pada terong ungu mampu mencerahkan wajah dan membersihkannya dari segala macam noda. Caranya haluskan terong ungu dan beri sedikit air, bisa juga ditambahkan dengan madu, lalu oleskan ke seluruh wajah sebagai masker sambil didiamkan selama 30 menit, terakhir bilas dengan air dingin.

Nah itulah 10 manfaat terong ungu yang tidak hanya untuk kesehatan tubuh namun juga kecantikan kulit wajah. Mulai dari sekarang tidak ada salahnya bagi Anda untuk rutin mengonsumsi terong ungu. Menjadi sehat tidak perlu mahal, asal ada kemauan tubuh yang sehatpun tak sulit untuk didapatkan.

Loading...