10 Manfaat Teh Bunga Mawar Merah

Berbicara mengenai bunga mawar merah, pasti yang terbayang adalah bunga indah dengan warna daun bunganya merah muda maupun merah tua, serta memiliki aroma yang wangi. Maka banyak bahan kosmetik menggunakan bunga mawar merah sebagai bahan dasarnya, seperti produk pembersih wajah dan juga parfum.
Namun siapa sangka, dibalik aromanya yang nikmat bunga mawar juga bisa diolah menjadi bahan minuman yaitu teh. Teh bunga mawar ini memiliki berbagai kandungan senyawa seperti: asam sitrat, anti oksidan, vitamin B 3, vitamin C, vitamin D, vitamin E, polifenol, dan kafein. Nah dengan berbagai kandungan senyawa tersebut maka teh bunga mawar merah dapat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Cara pembuatan teh bunga mawar tergolong mudah.
Loading...

Daftar Isi

Manfaat Teh Bunga Mawar Merah

Pertama pastikan gunakan bunga mawar merah yang masih segar, tak terkena embun, serta bebas dari pestisida. Lalu ambil bagian petalnya (mahkota bunga mawar), lalu uraikan menjadi berbagai lembaran. Jemur lembaran mahkota bunga mawar itu di bawah terik sinar matahari selama kurang lebih 10 jam. Setelah mengering, sangrai mahkota bunga mawar sampai kandungan airnya berkurang dan warna berubah menjadi kecoklatan. Penyangraian cukup dilakukan beberapa menit.
Nah teh bunga mawar siap diolah, bisa diseduh langsung dengan air panas atau dimasukkan ke dalam kantong berupa teh celup.
Lalu apa sajakah manfaat teh bunga mawar bagi kesehatan?

10 manfaat teh bunga mawar untuk kesehatan

1. Mencegah kanker

Teh bunga mawar mengandung senyawa anti oksidan dan polifenol yang dapat berperan dalam mencegah masuknya radikal bebas dan senyawa radio aktif yang dapat memicu berkembangnya sel-sel kanker sehingga penyakit kanker pun dapat dihindari.

2. Menenangkan pikiran

Ketika Anda sedang penat akan tuntutan pekerjaan , maka selain lelah stress pun dapat mengganggu pikiran Anda. Maka dari itu cobalah menghirup dan meminum teh bunga mawar merah tanpa ada tambahan gula. Teh bunga mawar merah memberikan senyawa aroma terapi yang jika dihirup dan diminum dapat memberikan efek tenang.

3. Menurunkan berat badan 

Adanya kandungan senyawa polifenol pada bunga mawar dapat membantu dalam menjalankan program diet Anda, karena mampu membakar lemak jenuh di tubuh. Sehingga lemak-lemak tubuh dibakar dan berat badan pun turun.

4. Mencegah dan mengurangi resiko penyakit jantung

Meninum teh bunga mawar merah mampu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, melebarkan pembuluh darah, sehingga kinerja jantung menjadi tidak terganggu dan jantung tetap sehat.

5. Mencegah diabetes

Kandungan kafein pada bunga mawar mampu menetralkan kadar gula dalam darah, sehingga resiko diabetes pun bisa dihindari.

6. Membuang racun

Dengan meminum teh bunga mawar, maka berbagai senyawa toksik maupun racun di tubuh dapat dikeluarkan sehingga tubuh bersih dari racun.

7. Meningkatkan metabolisme tubuh

Tubuh yang sehat adalah tubuh yang memiliki kinerja sistem metabolisme yang baik,  dengan tidak lancarnya sistem metabolisme tubuh dapat menggangu kinerja dan fungsi tubuh. Teh bunga mawar jika dikonsumsi setidaknya 2 kali sehari tanpa gula mampu melancarkan metabolisme tubuh Anda.

8. Mengatasi batuk kering

Batuk kering sangatlah menyiksa penderitanya, karena selain sesak di dada, batuk kering menyebabkan tenggorokan terasa sakit. Teh bunga mawar merah dapat meredakan sakit batik kering, lebih baik meminum teh ini tanpa menggunakan tambahan gula  atau bisa menggantinya dengan madu.

9. Menyehatkan mulut dan gigi

Kandungan senyawa polifenol pada bunga mawar merah dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut, menghilangkan plak yang menempel di mulut, serta mengobati gusi bengkak.

10. Mengatasi rasa kantuk

Ketika Anda memiliki jam tidur malam hari yang tidak cukup, maka di pagi harinya rasa kantuk mendera. Untuk itu Anda bisa mengatasi rasa kantuk dengan meminum teh bunga mawar merah. Senyawa kafeinnya ampuh dalam mengurangi rasa kantuk.
Nah itulah 10 manfaat teh bunga mawar merah untuk kesehatan. Mengolah teh bunga mawar merah tidaklah sulit, jadi mulai dari sekarang Anda bisa menambahkan teh bunga mawar merah sebagai obat herbal harian Anda. Mudah bukan? Selamat mencoba…
Loading...