Loading...

10 Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil

Manfaat Pisang

Ketika hamil, seorang ibu sangat disarankan wajib memenuhi kebutuhan nutrisi bagi janin dan dirinya sehingga asupan yang diberikan harus lebih. Lebih bukan berarti ibu dapat mengonsumsi makanan dalam takaran dua kali lipat atau bahkan selebihnya, lebih disini dimaksudkan adalah ibu harus mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan baik bagi tubuh.

Banyak sekali lauk pauk, buah, bahkan sayur yang memiliki banyak kandungan gizi dan dapat digunakan oleh tubuh. Ibu hamil wajib sekali memenuhi kebutuhan asupan berbagai vitamin, mineral, omega, dan protein demi tumbuh kembangnya si janin. Maka buah pisang sangat disarankan bagi ibu hamil untuk rutin dikonsumsi sebagai menu utama yang harus tersedia di rumah.

Pisang atau dikenal memiliki nama ilmiah Musa paradissiaca ini diketahui memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin B6, vitamin c, asam folat, omega, dna berbagai kandungan gizi lainnya. Sangat baik apabila ibu hamil mengonsumsi buah pisang sebanyak 3-4 buah dalam sehari karena takarannya pas dalam memenuhi kebutuhan gizi ibu dan janin.

10 Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil:

1. Membantu tumbuh kembang otak janin
Kandungan asam folat pada buah pisang sangat berperan dalam membantu tumbuh kembang janin, yaitu otak. Tidak hanya itu, sistem saraf dan sumsum tulang belakang janin juga dapat berkembang secara maksimal jika ibu rutin memakan buah pisang.

2. Menormalkan tekanan darah
Ketika mengandung tak jarang ibu-ibu hamil mengalami gejala tekanan darah yang tidak normal, seperti hipertensi. Maka dari itu konsumsilah buah pisang, karena kandungan potassium dan kaliumnya dapat menetralkan tekanan darah.

3. Mengatasi sembelit
Ibu hamil pasti sering mengalami gangguan sistem pencernaan, seperti susah BAB atau sembelit, hal ini justru sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Penuhilah kebutuhan serat harian dengan mengonsumsi pisang secara rutin, maka seratnya dapat menambah massa feses dan pencernaan menjadi lancar.

4. Mengatasi anemia
Tidak hanya hipertensi, ibu hamil juga kerap mengalami anemia. Jika hal ini dibiarkan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin. Buah pisang diketahui memiliki kandungan zat besi yang dapat menaikkan kadar hemoglobin darah sehingga anemia dapat teratasi.

Loading...

5. Sumber kalsium
Kebutuhan kalsium janin ketika di dalam kandungan sangatlah besar, maka dari itu selain dari asupan sehari-hari janin juga mengambil kalsium tubuh ibu seperti tulang dan gigi, tak jarang ibu hamil kerap kali mengalami sakit gigi bahkan gigi tanggal karena kadar kalsium ibu kurang dan akhirnya terserap oleh bayi. Pisang memiliki banyak kalsium yang baik bagi ibu dan janin.

6. Menjaga sistem imun
Ketika hamil, penting sekali tubuh ibu tetap bugar dan sehat. Buah pisang memiliki kandungan vitamin C yang dapat bertindak sebagai antioksidan, sehingga ibu dapat terhindar dari berbagai penyakit, dan janin pun juga sehat tanpa terganggu pertumbuhan dan perkembangnnya.

7. Mengatasi pembengkakan
Ketika hamil semakin membesar tak jarang ibu-ibu hamil mulai mengalami pembengkakan kaki, hal ini bisa terindikasi karena kurangnya kalium. Rutinlah memakan buah pisang sejak awal kehamilan demi menghindari pembengkakan yang tidak diinginkan.

8. Mengatasi morning sickness
Sebagian ibu-ibu hamil di masa awal-awal kehamilan pasti mengalami gejala mual dan muntah terutama di pagi hari. Jika tidak diatasi maka ibu dan bayi akan kekurangan nutrisi untuk tubuh. Rutinlah memakan buah pisang di pagi hari, maka morning sickness dapat berkurang gejalanya dan nafsu makan bertambah.

9. Menormalkan kadar gula darah
Jika ibu hamil memiliki kadar gula darah yang tinggi maka akan sangat berbahaya terutama bagi si janin. Janin dapat mengalami obesitas karena kelebihan gula. Makanlah buah pisang karena kandungan gula alaminya baik bagi tubuh bahkan dapat menetralkan gula dalam darah.

10. Sumber energi
Energi tidak hanya melalui makanan berat saja seperti nasi ataupun jagung, pisang juga memiliki kandungan karbohidrat yang dapat digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi. Dengan memakan buah pisang maka tubuh tidak akan mudah lemas.

Itulah beberapa manfaat buah pisang bagi ibu hamil. Dalam masa kehamilan perlu sekali ibu hamil menjaga pola makannya dan memaksimalkan nutrisi yang baik bagi tubuh, maka dari itu buah pisang bisa menjadi pilihan utama ibu hamil untuk dikonsumsi sehari-hari.

Loading...