10 Manfaat Daun Kangkung Untuk Kesehatan

Sayuran kangkung sangatlah digemari oleh banyak orang, karena memiliki rasa yang lezat apabila diolah menjadi tumis bersamaan dengan bumbu dapur rempah. Mendapatkan sayuran kangkung sangatlah mudah, karena selain dapat ditemukan baik di pasar tradisional maupun swalayan, sayuran kangkung juga memiliki harga yang terjangkau.

Mitos yang beredar luas di masyarakat mengenai sayuran kangkung ini ialah “setelah memakan kangkung maka akan timbul rasa kantuk”. Padahal itu sama sekali tidak benar, kemungkinan mengapa sesaat setelah memakan kangkung ialah apabila dibarengi dengan asupan karbohidrat yang berlebihan, lalu penyebab kedua ialah mengonsumi kangkung di siang hari sampai benar-benar kenyang, maka wajar saja akan timbul rasa kantuk. Bukan karena kangkungnya, namun penuhnya karbohidrat yang dikonsumsi.

Manfaat Sayuran Kangkung

Diketahui bahwa dalam 100 gr sayuran kangkung memiliki sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti 3 mg zat besi, 29 kkal energi, 0,3 gr lemak, 73 mg kalsium, 5,4 gr karbohidrat, 3 gr protein, 50 mg fosfor, 6300 IU vitamin A, 0,07 mg vitamin B1, serta 32 mg vitamin C. Lalu dengan berbagai kandungan nutrisi tersebut, apa sajakah manfaat sayuran kangkung bagi kesehatan? Yuk disimak…

10 Manfaat Sayuran Kangkung

1. Mencegah anemia

Anemia adalah suatu kondisi dimana tubuh kekurangan kadar hemoglobin darah, sehingga menyebabkan pengikat oksigen dan pengedarannya ke seluruh tubuh pun terganggu. Dampak dari penyakit kurang darah ini ialah menimbulkan lemas tubuh dan sakit kepala atau pusing yang berkepanjangan.

Selain dengan meminum pil penambah darah, anemia juga dapat diatasi dengan mengonsumsi sayuran kangkung. Hal ini dikarenakan sayuran kangkung kaya akan kandungan zat besi yang sangat berperan dalam meningkatkan kadar hemoglobin darah, dengan begitu pengikatan dan pengedaran oksigen ke seluruh tubuh pun menjadi lancar. Anemia pun dapat dihindari.

2. Melancarkan pengeluaran air kencing

Sering kali masalah gangguan saluran kencing terjadi, seperti tidak lancarnya keluarnya air kencing sehingga membuat kandung kemih terasa nyeri dan sakit. Penyakit ini biasanya disebut dengan “anyang-anyang”. Bahaya lain dari tidak lancarnya pengeluaran air kencing ialah akan menimbulkan resiko batu ginjal.

Ada cara mudah agar kencing yang sulit dikeluarkan menjadi mudah untuk dikeluarkan, yaitu dengan merebus kangkung bersama dengan 2 gelas air. Rebus sampai benar-benar mendidih dan tersisa 1 gelas. Minum larutan tersebut dalam keadaan hangat dan minum 1-2 kali dalam sehari sampai permasalahan sulitnya pengeluaran kencing teratasi.

3. Mencegah diabetes

Dengan mengonsumsi sayuran kangkung sangatlah baik untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini dikarenakan kangkung mampu membatasi penyerapan gula di dalam tubuh, sehingga kadar gula darah pun tetap normal dan terkontrol, resiko diabetes dapat dihindari.

4. Mencegah penyakit sariawan dan gusi berdarah

Loading...

Kandungan vitamin C pada sayuran kangkung sangatlah tinggi, sehingga dapat berperan dalam menjaga kesehatan organ mulut Anda. Jadi berbagai penyakit pada mulut dapat dihindari, seperti sariawan dan juga peradagangan gusi (gusi berdarah).

5. Memperlancar sistem pencernaan

Kangkung adalah sejenis sayuran yang memiliki serat dan diperlukan oleh tubuh. Serat pada sayuran kangkung apabila dikonsumsi secara rutin, maka akan mempermudah proses pengeluaran feses sehingga kinerja usus pun menjadi lebih lancar. Dengan begitu resiko sembelit ataupun wasir dapat dihindari.

6. Menurunkan kolesterol

Dengan rutin mengonsumsi sayuran kangkung juga bermanfaat dalam menurunkan kadar lemak di dalam darah, sehingga jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh pun akan berkurang dan tergantikan dengan kolesterol baik yang diperlukan tubuh. Sehingga resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke pun dapat terhindari karena kadar kolesterol jahat dalam darah berkurang.

7. Berperan sebagai antioksidan

Kandungan vitamin C pada sayuran kangkung juga dapat berperan sebagai sumber antioksidan tubuh, sehingga segala macam serangan radikal bebas ke dalam tubuh pun mampu dicegah. Dengan begitu sistem kekebalan tubuh akan meningkat, tubuh pun tidak mudah sakit.

8. Menyehatkan mata

Kandungan vitamin A pada sayuran kangkung sangatlah berperan dalam meningkatkan kesehatan fungsi mata. Dengan begitu, segala macam resiko gangguan mata pun dapat dihindari seperti mata rabun, serta ketajaman mata dapat ditingkatkan.

9. Meredakan nyeri haid

Sering kali para wanita merasakan nyeri ketika haid. Ada yang hanya berkategori ringan namun ada juga yang berkategori berat saat merasakan nyeri haid bahkan sampai menyebabkan pingsan. Untuk itu cobalah untuk tidak mengonsumsi obat kimia terlebih dahulu, nyeri haid dapat diatasi dengan sayur kangkung.

Caranya sediakan 500 gr kangkung lalu cuci bersih, potong-potong dan blender dengan segelas air. Saring dan pisahkan ampas kangkung dengan airnya. Kemudian tambahkan air kangkung tersebut dengan 2 sendok makan madu agar rasa menjadi manis dan lebih berkhasiat. Minum 1 kali dalam sehari.

10. Menghilangkan ketombe

Permasalahan rambut yang sering dialami dan sangat mengganggu penampilan ialah adanya keberadaan “ketombe” di kulit kepala. Selain dapat diatasi dengan shampo, kangkung pun juga bisa diandalkan untuk merontokkan ketombe dan menghilangkannya. Caranya rendam kangkung dengan air panas, lalu biarkan semalaman. Gunakan air rendaman kangkung tersebut di keesokan pagi harinya dengan cara membasuhnya ke seluruh kulit kepala dan rambut.

Nah itulah 10 manfaat kangkung untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Tidak hanya nikmat, namun sayuran kangkung juga bisa menyehatkan tubuh. Sayuran kangkung juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit wajah, seperti dapat melindungi kulit dari sinar UV dan juga mencegah dari penuaan dini.

 

Loading...