10 Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan

Daun afrika, merupakan tanaman yang berasal dari anggota family Asteraceae. Daun afrika ini memiliki nama ilmiah Vernonia amygdalina dan rupanya sudah sejak lama banyak orang memanfaatkan daun afrika sebagai bahan pengobatan tradisional, karena faktanya daun afrika mampu mengatasi berbagai permasalahan penyakit.

Manfaat Daun Afrika

Daun afrika masih berkerabat dekat dengan tanaman beluntas, sehingga wajar saja rasa daunnya sangatlah pahit.  Diketahui bahwa daun afrika memiliki kandungan sejumlah senyawa aktif seperti saponin, alkaloids, terpen, steroid, kumarin, flavonoids, asam fenolat, lignans, xanthon dan antrakuinon. Bahkan beberapa kandungan gizi pada 100 gr daun afrika terkandung 33,3 gr protein, 29,2 serat, 10,1 gr lemak, 11,7 gr mineral lengkap, 0,6 gr tanin, vitamin A, vitamin B, serta vitamin C.

Nah dengan berbagai kandungan pada daun afrika tersebut, lalu apa sajakah manfaat daun afrika bagi kesehatan tubuh? Yuk disimak….

10 Manfaat Daun Afrika

1. Menurunkan kadar kolesterol darah

Kita semua tahu bahwa kolesterol berlebihan tidaklah baik karena dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, aliran darah pun menjadi tidak lancar, sehingga dapat menyebabkan beberapa gangguan kardiovaskular seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke. Untuk menurunkan kadar kolesterol, rutinlah dengan meminum rebusan air daun afrika, tambahkanlah dengan madu ataupun jeruk nipis agar rasanya tidak terlalu pahit.

2. Mencegah kanker payudara

Dengan rutin meminum rebusan air daun afrika, maka dapat menurunkan kadar estrogen berlebih di dalam tubuh. Sehingga resiko terkena kanker payudara pada wanita pun dapat dicegah sejak dini. Tak hanya mampu mencegah kanker payudara, keberadaan kanker hidung dan tenggorokan pun juga dapat dihindari.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi jika tidak segera diatasi akan dapat menyebabkan berbagai permasalahan penyakit yang serius, seperti jantung dan juga stroke. Faktor kenapa seseorang dapat memiliki tekanan darah tinggi ialah pola asupan makanan yang mengandung kolesterol berlebih, stress berlebih, kurang tidur, faktor usia dan masih banyak lagi. Untuk itu Anda dapat meminum ramuan rebusan air daun afrika, maka tekanan darah tinggi dapat turun dan menjadi normal kembali.

4. Mencegah penyakit jantung

Kandungan asam lemak berupa omega 3 dan omega 6 pada daun afrika sangat baik dalam melindungi kesehatan organ jantung Anda. Sehingga fungsi jantung dapat terus terjaga, dan menghindarinya dari resiko berbagai gangguan jantung seperti gagal jantung, jantung koroner, gangguan pembekuan darah, dan mengurangi risiko aterosklerosis. Caranya ialah dengan rutin meminum rebusan air daun afrika setidaknya 1 kali dalam sehari.

5. Mengatasi insomnia

Loading...

Insomnia atau gangguan tidur sangatlah tidak baik untuk kesehatan tubuh, jika insomnia tak segera diatasi maka akan dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan tubuh seperti hipertensi, resiko kegemukan, sakit kepala, dan masih banyak lagi. Solusi untuk mengatasi insomnia akut Anda adalah dengan meminum air daun afrika, karena kandungan senyawa pada daun afrika mampu memberikan kerileksan sistem saraf Anda sehingga membuat kantuk dan tidur pun nyenyak.

6. Mengatasi perut kembung

Perut kembung atau begah dapat terjadi karena salahnya mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu banyak mengandung gas. Untuk itu Anda bisa mengatasi kembung dengan rebusan daun afrika, maka kembung pun hilang dan perut nyaman terasa nyaman kembali.

7. Menurunkan resiko diabetes

Dengan rutin meminum racikan rebusan daun afrika maka kadar gula di dalam darah pun dapat dikontrol, sehingga kinerja hormon insulin menjadi tidak berat dan resiko diabetes dapat dihindari. Tidak hanya mencegah, bagi penderita diabetes juga baik untuk meminum air daun afrika ini.

8. Mengatasi radang sendi

Radang sendi atau reumatik terjadi akibat berlebihnya kandungan purin di dalam darah sehingga menyebabkan terjadinya pengkristalan asam urat dan menyerang sendi pergerakan Anda. Cara mudah untuk mengatasi radang sendi tersebut ialah dengan rutin meminum rebusan air daun afrika di setiap harinya.

9. Menyehatkan organ hati

Dengan rutin meminum duan afrika maka akan mempermudah proses detoksifikasi racun-racun yang terkumpul di organ hati, dengan begitu kinerja organ hati pun menjadi ringan, hati selalu sehat, bahkan mampu mengurangi resiko terjadinya kanker hati.

10. Menurunkan demam

Demam menyebabkan terjadinya peningkatan suhu tubuh, sehingga akan berdampak pada terjadinya dehidrasi tubuh. Untuk itu agar demam pun cepat turun lakukanlah dengan meminum racikan herbal daun afrika, maka suhu kembali normal dan resiko dehidrasi dapat dihindari.

Itulah 10 manfaat daun afrika untuk kesehatan tubuh. Beragam cara mengonsumsi daun afrika cukuplah mudah, di antaranya:

  1. Mengunyah langsung daun afrika yang telah diambil dan dicuci bersih;
  2. Merebus daun afrika;
  3. Menumbuk daun afrika sampai halus dan menambahnya dengan air panas; serta
  4. Dikonsumsi sebagai lalapan.

 

 

Loading...