10 Manfaat Collagen Bagi Tubuh

Apakah Anda sudah sering mendengar collagen? Pastinya berbagai merek kecantikan menawarkan produknya yang mengandung bahan collagen, dengan tujuan untuk membuat wajah tampak awet muda. Namun sebelumnya, apakah Anda sudah mengetahui apa itu collagen?

Manfaat Collagen

Collagen sebenarnya adalah protein berserat yang ada di dalam tubuh, bersifat tidak larut, dan merupakan fondasi utama bagian dari tubuh manusia, seperti tulang, otot, kulit, urat, gigi, dan ligamen sehingga memberikan kekuatan dan struktur yang tetap. Sebenarnya tubuh manusia bisa menghasilkan collagen sebesar 30% sedangkan asupan dari luar bisa menghasilkan 70% collagen. Kebutuhan manusia akan collagen ialah sebesar 1.000 hingga 5.000 miligram.

Namun seiring bertambahnya usia, jumlah produksi collagen semakin berkurang terutama ketika usia sudah mencapai umur 30 tahun. Maka dari itu bagi Anda yang masih berusia 20an tahun dan belum mencapai kepala 3 tidak ada salahnya untuk memperhatikan asupan gizi yang kaya akan collagen agar tubuh tidak kekurangan collagen. Jika tubuh sampai minim dengan protein collagen tersebut, maka akan timbul hal yang merugikan, seperti yang paling tampak adalah munculnya keriput di wajah.

Lalu apa sajakah manfaat dengan adanya collagen di dalam tubuh? Yuk disimak…

10 Manfaat Collagen Bagi Tubuh

1. Menjaga kesehatan kulit

Keberadaan collagen sangatlah penting bagi kulit, karena perannya dapat membantu proses regenerasi sel-sel kulit, membuat kulit menjadi lebih kencang, lebih halus, kelembapan kulit lebih terjaga sehingga menghindari kulit dari kekeringan, dan meningkatkan keelastisan kulit, serta mencegah kulit dari tanda-tanda penuaan dini.

2. Menjaga kesehatan rambut

Tidak hanya kulit, rambut pun juga memerlukan collagen. Peran collagen sangatlah besar bagi kekuatan akar-akar rambut, sehingga membuat rambut tidak mudah rontok, patah, dan juga membuatnya tampak lebih sehat dan tidak mudah kering. Manfaat collagen juga baik untuk kesehatan kuku, kuku tidak mudah patah dan rapuh.

3. Memperlancar sirkulasi darah

Collagen mampu memperkuat pembuluh darah, tidak itu saja collagen juga meningkatakan keelastisan pembuluh darah, sehingga aliran atau sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hal ini sangatlah diperlukan karena dengan lancarnya sirkulasi darah, maka darah bisa disuplai ke jantung dan ke seluruh tubuh tanpa gangguan kesehatan apapun, akibatnya tubuh sehat tanpa terhindar dari gangguan kesehatan jantung maupun stroke.

4. Menguatkan sendi

Loading...

Jika tubuh kekurangan collagen, maka sendi juga akan mengalami masalah, seperti sendi terasa kaku dan sulit digerakkan. Padahal peran collagen itu sendiri bagi sendi ialah untuk melumasi sendi agar tidak mengalami kerusakan sendi seperti penyakit radang sendi.

5. Mendukung nutrisi otak

Jaringan collagen juga penting sekali sebagai pengatur asupan nutrisi ke otak, jika semakin menipis jaringan collagen pada otak, maka asupan nutrisinya pun bisa berkurang. Hal ini akan berdampak buruk bagi perkembangan dan fungsi otak itu sendiri, seperti mudahnya mengalami lupa akan sesuatu, kepala lebih mudah pusing dikarenakan asupan oksigen ke otak berkurang, bahkan lebih mudah mengalami stress sampai depresi.

6. Menjaga kesehatan mata

Mata adalah indera penting bagi manusia. Namun jika jumlah collagen berkurang hal ini akan berdampak buruk bagi mata, karena keberdaan collagen sangatlah penting untuk menjaga keelastisan otot-otot kornea. Dengan terpenuhinya kebutuhan collagen, berbagai permasalahan mata dapat dihindari seperti mata kering, mata lelah, bahkan yang paling parah adalah katarak.

7. Meningkatkan kesehatan hati 

Semakin terpenuhinya kebutuhan collagen pada tubuh, maka kinerja hati akan semakin maksimal dalam melakukan penyerapan toksik, racun, alkohol, maupun zat-zat berbahaya lainnya sehingga organ hati akan selalu sehat dan tidak mengalami kerusakan.

8. Menguatkan gigi

Dengan adanya collagen, maka kesehatan dan kekuatan gigi akan selalu terjaga serta menghindarinya dari kerusakan fungsi gigi, seperti gigi mudah keropos ataupun lepas karena kekurangan kalsium, gusi membengkak, dan sering sekali mengalami sakit gigi.

9. Menguatkan otot

Tubuh manusia tersusun atas otot, baik itu otot polos, otot lurik (rangka), bahkan sampai otot jantung. Keberadaan collagen sangatlah penting dalam menjaga kekuatan otot dan memaksimalkan dalam melakukan fungsinya. Tanpa collagen maka akan memicu berbagai gangguan otot, seperti mudahnya mengalami kram, kesemutan, nyeri punggung, bahkan tubuh lebih mudah lelak akibat kehilangan energi ke bagian otot rangka.

10. Menjaga sistem imun

Mungkin tidak hanya sumber makanan kaya vitamin C atau anti oksidan saja yang bisa berfungsi dalam menjaga kekuatan sistem imun tubuh sehingga tubuh tetap sehat dan menghindarinya dari berbagai penyakit. Keberadaan collagen juga bisa membantu tubuh untuk tetap sehat dengan cara menjaga kesehatan sistem imun tubuh.

Nah itulah 10 manfaat collagen bagi tubuh, tidak hanya untuk kulit namun bagi seluruh tubuh pun collagen sangatlah dibutuhkan. Untuk itu penuhilah asupan collagen ke dalam tubuh, seperti kaldu tulang sapi, berbagai olahan kacang kedelai, sayur bayam, sayur kubis, kacang-kacangan, vitamin C, ikan, daging tanpa lemak, dan juga bawang putih.

Loading...