10 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

10 Manfaat Buah Duku

Buah duku adalah buah asli Asia Tenggara terutama di Indonesia. Duku yang terkenal ialah duku dari Komering Ilir, Sumatera Selatan karena rasanya yang lebih manis dibandingkan dengan jenis duku yang lain. Buah duku panen musiman satu tahun sekali sehingga untuk menemukan buah duku hanya ada di musim tertentu.

Buah yang memiliki nama ilmiah Lansium domesticum Corr ini memiliki bentuk bulat memanjang, kecil, warna kulit kuning ketika masak, tekstur daging buahnya lembut, biji hijau kecil, memiliki banyak kandungan air, rasa daging buah yang manis, masam dan juga segar sehingga hal inilah yang menyebabkan banyak orang menyukai buah duku.

Manfaat Buah Duku

Namun siapa sangka buah duku rupanya memiliki khasiat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Kandungan air, serat, vitamin C, protein, lemak tak jenuh, karbohidrat, fosfor, zat besi, vitamin B1, dan vitamin B2 sangat baik bagi tubuh dan nutrisinya mudah sekali diserap tubuh.

10 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan:

1. Sebagai anti oksidan

Kandungan vitamin C pada buah duku berperan sebagai sumber anti oksidan. Anti oksidan berfungsi dalam menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh sehingga tubuh akan tidak mudah terserang berbagai penyakit dan mencegah sel-sel tubuh rusak akibat paparan polutan ataupun zat racun.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah duku memiliki kandungan yang tinggi akan serat. Serat ini sangat baik untuk memperlancar kinerja proses sistem pencernaan, bahkan jika asupan serat dalam tubuh cukup dapat mencegah terjadinya resiko sembelit.

3. Mencegah anemia

Anemia terjadi karena kurangnya asupan zat besi dalam tubuh, dan buah duku memiliki kandungan zat besi. Rutinlah memakan buah duku karena zat besinya dapat menaikkan kadar hemoglobin dalam darah sehingga pengikatan oksigen meningkat dan terhindar dari gejala anemia.

4. Mengatasi dehidrasi

Loading...

Tubuh tidak boleh mengalami dehidrasi berlebih karena dampaknya pada terganggunya proses metabolisme sel dalam tubuh. Maka kandungan air pada buah duku mampu mengatasi dehidrasi tubuh, terlebih lengkap dengan kandungan berbagai nutrisinya yang baik untuk tubuh.

5. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini terjadi akibat kulit wajah terpapar oleh radikal bebas seperti berbagai polutan dan juga sinar UV sehingga kulit wajah mengalami pengerutan. Kandungan vitamin C pada buah duku ampuh sebagai pennagkal radikal bebas sehingga wajah akan tetap awet muda.

6. Mengatasi gusi bengkak

Gusi yang membengkak terjadi akibat tubuh kekurangan vitamin C sehingga mudah sekali terserang oleh mikroba. Makanlah buah duku karena kaya akan kandungan vitamin C nya sehingga gusi yang membengkak perlahan mengempis.

7. Menormalkan kadar kolesterol

Lemak jenuh yang berlebihan dalam darah akan menaikkan kadar kolesterol dan berdampak pada gejala penyakit jantung dan juga stroke. Rutinlah memakan buah duku karena kandungan lemak tak jenuhnya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

8. Baik untuk diet

Jika Anda sedang dalam proses penurunan berat badan maka konsumsilah buah duku. Kandungan serat pada buah duku mudah diserap oleh tubuh sehingga dapat digunakan sebagai sumber energi, tanpa membuat perut terasa capat lapar.

9. Menjaga kesehatan kulit

Untuk membuat kulit semakin sehat maka diperlukan asupan nutrisi yang baik bagi kulit seperti vitamin C, protein, dan vitamin E. Buah duku memiliki ketiga kandungan tersebut, maka dengan rutin mengonsumsi buah duku kesehatan kulit akan tetap terjaga, kulit selalu lembut, lembap, dan tidak mudah meradang akibat paparan sinar UV.

10. Menguatkan tulang

Kandungan kalsium dan fosfor pada buah duku baik dalam menjaga kesehatan tulang Anda. Tidak hanya tulang, fosfor juga baik untuk menjaga kekuatan gigi.

Buah duku memang kaya akan khasiatnya bagi kesehatan tubuh, Tidak hanya itu saja buah ini juga dapat menjaga kecantikan kulit wajah dan mengatasi berbagai permasalahan wajah seperti jerawat, flek hitam, dan menghaluskan kulit yaitu dengan menggosokkan kulit buah duku ke wajah.

Loading...