Loading...

10 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan

10 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan

Manfaat Buah Ciplukan

Bagi generasi 90’an sudah pasti mengenal tanaman satu ini, “ciplukan”. Tumbuhan yang masih sekerabatan dengan tanaman terong dan tomat ini memiliki beberapa sebutan lain seperti cecendet, cecenet, dan nyunyuran. Tanaman ciplukan dapat tumbuh liar di alam seperti pekarangan rumah, sawah, ataupun kebun sehingga dulu banyak orang yang mengabaikan keberadaanya.

Ciplukan dulu sering sekali digunakan sebagai bahan mainan anak-anak. Namun siapa sangka buah ini memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Dulu tanaman ciplukan mudah sekali ditemukan, namun sekarang sulit didapatkan karena masih sedikitnya pembudidayaan tanaman ini. Wajar jika baru-baru ini buah ciplukan dijual dengan harga selangit di salah satu mall Indonesia.

Harganya yang mahal sesuai dengan kandungan nutrisi yang dikandung oleh ciplukan tersebut. Sejak jaman perang dunia, ketika prajurit terluka maka untuk mengobati lukanya ialah dengan menempelkan daun ciplukan dan buah cipluknya pun dimakan secara langsung, dan luka cepat sembuh secara alami.

Tumbuhan ciplukan berasal dari benua Amerika dan tersebar sejak Indonesia sejak beberapa abad lalu. Buahnya berwarna orange ketika masak, bulat, dan ditutupi oleh kelopak bunga yang tipis. Rasa buahnya manis, sedikit masam dan segar. Karena baru diketahui khasiatnya maka pembudidayan tanaman ciplukan mulai digiatkan.

Kandungan nutrisi dan senyawa pada buah ciplukan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh ialah vitamin A, vitamin C, polifenol, tannin, kritoxantin, alkaloid, asam malat, gula, saponin, filain, asam palmitat, serat, dan masih banyak lagi. Maka tak heran jika saat ini buah ciplukan sedang naik daun dan dibanderol dengan harga mahal karena khasiatnya tak bisa dipandang sebelah mata.

10 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan:

1. Mengatasi nyeri sendi
Nyeri sendi dapat terjadi karena oleh berbagai hal seperti kumatnya reumatik atau keseleo. Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan daun ciplukan. Yaitu tumbuk halus beberapa lembar daun ciplukan dan tambahkan sedikit jahe lalu tempelkan ke sendi yang nyeri, biarkan sampai nyeri terasa hilang.

2. Mengobati sariawan
Sariawan sangatlah mengganggu karena tidak hanya perih namun Anda akan kesulitan untuk mengunyah makanan. Kurangnya asupan vitamin C dapat memicu munculnya sariawan di mulut. Makanlah bagian buah ciplukan karena kaya akan vitamin C dan ampuh mengobati sariawan.

3. Mencegah penyakit jantung
Penyakit jantung adalah penyakit mematikan nomor 1 di dunia, maka mulai dari sekarang Anda dapat menjaga kesehatan jantung dengan daun ciplukan. Caranya blender 40-50 lembar daun ciplukan lalu beri air hangat 1 gelas. Minum seperti minum jus tanpa tambahan gula. Minum 1 kali sehari di pagi hari.

Loading...

4. Menurunkan demam
Demam akan semakin parah jika tubuh kekurangan cairan dan akhirnya tubuh mengalami dehidrasi. Untuk itu makanlah buah ciplukan ketika tubuh mengalami demam, karena kandungan air dan berbagai vitamin serta senyawa kimianya dapat menurunkan suhu tubuh yang tinggi.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi sangatlah berbahaya bagi tubuh apalagi jika dibiarkan akan memicu penyakit jantung koroner dan stroke. Rebuslah 5 buah ciplukan dalam segela air, lalu ketika hangat minum 1-2 kali dalam sehari. Maka tekanan darah akan menjadi normal kembali.

6. Mengatasi bisul
Bisul sangatlah mengganggu penampilan apalagi jika muncul di area tubuh terbuka dan mudah terlihat. Buah ciplukan bersifat anti mikroba sehingga dapat mengatasi bisul. Caranya tumbuk halus 3-5 buah ciplukan lalu oleskan ke bisul. Rutin gunakan sampai bisul mengempis.

7. Sumber anti oksidan
Buah ciplukan kaya akan kandungan vitamin C dan juga senyawa flavonoid yang dapat berperan sebagai sumber anti oksidan sehingga tubuh dapat terhindar dari berbagai serangan radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit seperti flu, batuk, pilek, bahkan kanker.

8. Mengatasi nyeri payudara
Payudara kerap mengalami nyeri ketika haid ataupun masa menyusui. Untuk mengatasinya bisa gunakan ciplukan, caranya blender 5 pucuk ciplukan dengan 5 butir beras dan sedikit kunyit, kemudian borehkan ramuan tersebut ke payudara sambil dipijat lembut. Maka rasa nyeri di payudara akan berkurang.

9. Mengatasi radang tenggorokan dan batuk
Ketika tenggorokan mengalami radang maka jika dibiarkan saja akan dapat memicu batuk, batuk secara alami akan sembuh dalma waktu kurang lebih 7 hari namun bisa lebih. Rebus 5-7 butir buah ciplukan dengan 2 gelas air, biarkan sampai tersisa 1 gelas lalu minum maka tenggorokan akan lega dan sembuh dari radang maupun batuk.

10. Mengatasi anyang-anyang
Anyang-anyang adalah susahnya tubuh untuk mengeluarkan urine secara lancar yang dapat mengakibatkan penyakit batu ginjal. Untuk itu rebus 10 butir buah ciplukan dengan 2 gelas air, sisakan 1 gelas dan minum 2 kali sehari maka urine pun akan dapat dikeluarkan secara lancar.

Khasiat tanaman ciplukan memang terletak pada semua bagian yaitu akar, batang, daun, dan juga buahnya. Maka jika Anda tak sengaja menemukan tanaman ciplukan di sekitar Anda, taka da ruginya mencoba untuk membudidayakannya sendiri di rumah dan bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat tradisional harian Anda.

Loading...