10 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Brokoli merupakan sejenis sayur-sayuran yang masih berkerabat dekat dengan kubis-kubisan (Brassicaceae). Brokoli umumnya berwarna hijau dan disebut dengan sayuran “super”, dikarenakan kandungan nutrisi maupun gizinya yang sangat tinggi dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Brokoli

Diketahui bahwa dalam 100 gr brokoli mengandung 34 kkal kalori, 6,6 gr karbohidrat, 89% air, 2,8 gr protein, 1,7 gr gula, 1,7 gr serat, 0,4 gr lemak, 31µg vitamin A, 83,9 mg vitamin C, 0,78 mg vitamin E, 101,6µg vitamin K, 1,58 mg vitamin B kompleks, 47 mg kalsium, 0,73 mg zat besi, 21 mg magnesium, 66 mg fosfor, 216 mg potassium, 33 mg sodium, dan 0,41 mg zat besi. Lalu apa sajakah manfaat brokoli untuk kesehatan? Yuk disimak…

10 Manfaat Brokoli

1. Mencegah resiko kanker

Rutin mengonsumsi brokoli juga sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya resiko kanker di tubuh Anda. Kandungan vitamin A dan vitamin C pada brokoli mampu berperan sebagai antioksidan, sehingga menghindari masuknya zat bersifat karsinogenik ke dalam tubuh yang dapat memicu terjadinya pertumbuhan sel-sel kanker. Dan juga brokoli dapat membersihkan kelebihan hormon estrogen di dalam tubuh, sehingga mencegahnya dari penyakit kanker payudara maupun kanker rahim pada wanita.

2. Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh

Banyaknya asupan lemak ke dalam tubuh akan berdampak pada meningkatnya kadar kolesterol, yang jika dibiarkan begitu saja akan berdampak buruk pada kelancaran aliran darah Anda. Dengan begitu resiko penyakit jantung, hipertensi, dan juga stroke dapat mengancam kesehatan Anda.

Brokoli mengandung kaya serat, sehingga dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh. Serat inilah yang mampu mengikat menumpuknya kolesterol di dalam tubuh dan mengeluarkannya dari tubuh. Sehingga keberadaan lemak jahat di dalam tubuh dapat tergantikan dengan keberadaan lemak yang baik, resiko penyakit kardiovaskular pun dapat dihindari.

3. Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang

Kandungan kalsium, fosfor, bahkan potassium pada brokoli sangatlah tinggi. Ketiga senyawa tersebut sangatlah berperan dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang Anda. Apalagi bagi anak-anak yang masih dalam usia pertumbuhan, dengan rutin mengonsumsi brokoli maka pertumbuhan tulangnya dapat terjadi secara maksimal dan tulang pun kuat, sehingga pertumbuhannya takkan terganggu.

Bagi orang dewasa dengan mengonsumsi brokoli sangatlah disarankan. Hal ini dikarenakan brokoli mampu menjaga kesehatan dan kekuatan fungsi tulang Anda, sehingga mampu mencegah terjadinya osteoporosis di hari tua kelak. Jadi tidak hanya susu yang baik untuk tulang Anda, namun brokoli pun tak kalah khasiatnya.

4. Mengatasi diabetes

Loading...

Diabetes terjadi akibat tubuh memproduksi kelebihan glukosa sehingga tidak dapat diikat dengan baik oleh insulin. Akibatnya jika darah memiliki kadar gula berlebih maka akan menciptakan kerusakan pada pembuluh darah kecil. Untuk mengatasinya bisa dengan rutin mengonsumsi brokoli. Kandungan sulforaphane pada brokoli dapat merangsang produksi enzim untuk melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat kelebihan kadar glukosa dan mampu menurunkan molekul yang menjadi penyebab kerusakan sel-sel di dalam tubuh.

5. Menjaga sistem imunitas tubuh

Kandungan vitamin C pada brokoli sangatlah baik untuk tubuh, terutama dalam meningkatkan kekebalan sistem imunitas tubuh Anda. Dengan mengonsumsi brokoli, maka resiko tubuh terserang oleh penyakit pun dapat dihindari dan tubuh tidak mudah sakit.

6. Menyehatkan mata

Tidak hanya wortel saja yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan mata Anda, namun brokoli juga mengandung vitamin A serta senyawa lutein, beta-karoten, vitamin B kompleks, vitamin C, dan vitamin E yang sangat berperan dalam melindungi mata dari degenerasi makula sehingga pemicu terjadinya katarak, dan juga memperbaiki kerusakan mata akibat terlalu lama terpapar cahaya laptop maupun gadget.

7. Mencegah dehidrasi

Kandungan air pada brokoli sangatlah tinggi, sehingga baik untuk dikonsumsi dan mampu mencegah terjadinya dehidrasi tubuh. Kekurangan cairan akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, terutama berdampak buruk pada terjadinya gangguan fungsi metabolisme tubuh.

8. Mengatasi anemia

Anemia terjadi akibat tubuh kekurangan sejumlah hemoglobin di dalam darahnya, yaitu bagian darah yang berperan dalam mengikat oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Anemia dapat diatasi dengan asupan zat besi ke dalam tubuh, dan brokoli adalah pilihan yang tepat untuk memenuhi asupan zat besi harian Anda.

9. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat pada brokoli sangatlah tinggi, sehingga dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh. Begitu juga serat brokoli mampu untuk mempercepat kinerja usus sehingga proses pembuangan zat sisa makanan pun menjadi lancar. Tak itu saja, serat yang tinggi juga baik untuk menjaga agar perut tidak mudah lapar sehingga baik untuk Anda yang sedang dalam menjalani proses diet.

10. Mencegah penuaan dini

Tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja, namun brokoli juga sangat bermanfaat dalam menjaga kecantikan kulit wajah Anda. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dan vitamin E yang sangat tinggi pada brokoli dapat berperan sebagai antioksidan, sehingga mampu mencegahnya dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan di kulit wajah bahkan tubuh Anda. Tubuh menjadi sehat dan awet muda karena brokoli.

Itulah 10 manfaat brokoli yang perlu Anda ketahui. Meski banyak yang kurang menyukai brokoli karena rasanya yang kurang nikmat dan tekstur yang sedikit keras. Untuk itu Anda bisa mengolahnya dengan merebus atau memanggangnya dengan menambahkan bumbu-bumbu rempah agar lebih becita rasa dan nikmat. Selamat mencoba…

Loading...