10 Manfaat Bawang Hitam Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Hitam

Jenis-jenis bawang yang biasanya kita ketahui sebagai bahan bumbu dapur maupun obat-obatan herbal ialah bawang merah, bawang putih, dan juga bawang bombay. Lalu apakah Anda pernah mendengar bawang hitam? Apakah masih terasa asing? Apakah bawang hitam memiliki khasiat bagi kesehatan? Yuk disimak…

Bawang hitam sebenarnya adalah bawang putih yang telah dilakukan proses fermentasi dengan cara dilayukan dan mengatur suhu di sekitarnya menjadi 70 derajat celcius dengan kadar kelembaban di kisaran 85-90 persen. Kelebihan dari bawang hitam dibandingkan dengan bawang putih adalah bawang hitam jika dikonsumsi langsung tak menyebabkan bau dan juga berkhasiat untuk kesehatan.

Bagi Anda yang pernah memakan bawang putih secara langsung dan mentah akan terasa tajam dan sedikit pedas sehingga banyak orang yang tidak berani memakannya secara langsung, apalagi perut bisa terasa panas dibuatnya. Beda halnya dengan bawang hitam yang memiliki rasa lebih manis, sedikit masam, tak sebau bawang putih, dan tekstur daging yang lembut.

Bahkan penelitian yang telah dilakukan oleh Institute of Immunology China Medical University dan Department of Clinical Immunology Hirosaki University membuktikan bahwa bawang hitam mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga sangat baik sekali untuk menjaga tubuh agar terhindar dari berbagai serangan penyakit.

Keuntungan dari perlakuan proses fermentasi bawang putih menjadi bawang hitam ialah mampu meningkatkan senyawa flavonoid dan polivenol sebanyak 37 % dan 23 %. Bahkan bawang hitam juga kaya dengan kandungan senyawa minyak atsiri, allicin, belerang, lemak, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, dan zat besi.
Lalu dengan berbagai kandungan senyawa kimia, mineral, dan vitamin tersebut apa sajakah manfaat bawang hitam untuk kesehatan tubuh?

10 Manfaat Bawang Hitam Untuk Kesehatan :

1. Bersifat sebagai anti bakteri

Minyak atsiri rupanya tidak hanya terkandung pada daun sirih namun bawang hitam pun juga kaya akan senyawa tersebut. Jika Anda rutin mengonsumsinya maka bau mulut ataupun berbagai penyakit mulut yang disebabkan oleh bakteri dapat teratasi.

2. Mencegah kolesterol

Bagi Anda yang beresiko memilki darah tinggi ada baiknya untuk mengonsumsi bawang hitam. Kandungan allicin dan ailin pada bawang hitam mampu melancarkan aliran darah dari gumpalan lemak jahat penyebab kolesterol, sehingga jantung menjadi lebih sehat dan penyakit stroke pun dapat dihindari.

3. Menyehatkan ginjal

Bagi penderita penyakit ginjal sehingga menyebabkan kondisi retensi cairan di tubuh. Dengan mengonsumsi bawang hitam dalam perut keadaan kosong maka akan memperlancar proses diuretic dan akhirnya mengeluarkan kelebihan cairan dari dalam tubuh.

4. Menjaga kesehatan sistem imun

Loading...

Sistem imun tubuh adalah kunci utama dari kuatnya daya tahan tubuh terhadap berbagai serangan bakteri maupun virus penyebab penyakit. Bawang hitam bisa Anda konsumsi ketika tubuh mulai sakit, maka tubuh Anda akan sembuh dan berbagai pathogen penyebab penyakit dapat dicegah.

5. Mengurangi rasa lelah

Padatnya aktivitas baik itu bekerja, belajar, maupun olahraga sangat menguras energi sehingga tubuh akan merasa lelah. Untuk itu isi kembali energi tubuh Anda dengan mengonsumsi bawang hitam, maka lelah hilang tubuh kembali bugar.

6. Mengatasi insomnia

Berbagai faktor penyebab Anda mengalami insomnia (susah tidur) ialah: meminum kafein, lapar di tengah malam, terlalu lelah, banyak pikiran, bahkan diakibatkan stress berlebih. Padahal tidur malam sangatlah penting bagi tubuh agar sel-sel tubuh dapat meregenerasi secara baik.

Untuk itu konsumsilah bawang hitam, karena kandungan vitamin B1 nya dapat menenangkan saraf di otak sehingga mampu memperbaiki mood dan stress, insomnia pun dapat teratasi dan tidur malam menjadi nyenyak.

7. Mencegah kanker

Kandungan senyawa flavonoid dan polifenol pada bawang hitam ampuh sebagai anti oksidan yang dapat menangkal paparan radikal bebas penyebab kanker. Sehingga pertumbuhan sel-sel kanker di tubuh pun dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi bawang hitam.

8. Mencegah kepikunan

Gejala pikun memang kerap menyerang usia lanjut, namun usia muda pun masih bisa beresiko mengalaminya. Hal ini sungguh mengerikan, maka untuk mencegahnya konsumsilah bawang hitam secara rutin agar terhindar dari gejala kepikunan.

9. Mencegah dan mengatasi anemia

Anemia atau kekurangan darah terjadi akibat tubuh kekurangan zat besi. Umumnya anemia banyak menyerang wanita, sehingga dampaknya tubuh akan cepat lelah, rasa mengantuk yang tak kenal waktu, dan wajah menjadi pucat.

Untuk itu konsumsilah bawang hitam, kandungan zat besinya ampuh untuk memicu pembentukan hemoglobin sehingga sel darah merah meningkat jumlahnya dan aliran darah menjadi lancar.

10. Baik untuk penderita obesitas

Penderita obesitas atau kelebihan berat badan sangat dianjurkan untuk melakukan program diet sehat, karena obesitas sangat membahayakan tubuh terutama kesehatan. Untuk itu bawang hitam dapat dijadikan sebagai menu diet, karena kandungan nutrisinya mampu menahan rasa lapar dan anti inflamasinya mampu menurunkan lemak di tubuh.

Itulah beberapa manfaat bawang hitam untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Tidak hanya baik untuk tubuh, mengonsumsi bawang hitam juga baik untuk kecantikan kulit wajah seperti mengeluarkan racun merkuri di wajah, mengatasi komedo, mencegah munculnya kerutan, dan juga menghilangkan bekas luka secara cepat dan alami.

Loading...