10 Dafatar Manfaat Tape Singkong

Tapai atau tape singkong merupakan makanan favorit banyak orang, hal ini dikarenakan tape singkong memiliki cita rasa yang manis, gurih, dan segar. Tape singkong merupakan makanan hasil olahan fermentasi ubi singkong dengan ragi fermentasi yang mengandung jamur Saccharomyces cerevisiae. Rasa manis yang dihasilkan tape singkong berasal dari pemecahan karbohidrat menjadi glukosa, dan jika semakin lama proses pemefermnetasian maka kandungan alkoholnya semakin banyak.

Manfaat Tape Singkong

Di beberapa daerah sebutan tape singkong memiliki nama yang unik, contohnya di Jawa Barat memiliki nama “Peuyeum”, sedangkan untuk daerah lain menyebutnya dengan “Tapai atau Tape”. Diketahui bahwa dalam 100 gr tape singkong terkandung 173 kkal energi, 0,5 gr protein, 0,1 gr lemak, 42,5 gr karbohidrat yang diubah menjadi serat larut, 30 mg kalsium, 30  mg fosfor, 0,07 mg vitamin B1, B12, B9, asam organik, dan senyawa aflatoksin. Lalu apa sajakah manfaat tape singkong bagi kesehatan? Yuk disimak…

10 Manfaat Tape Singkong

1. Menjaga kesehatan tulang

Tape singkong mengandung senyawa mineral fosfor dan kalsium yang cukup tinggi, dan apabila dikonsumsi maka dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tulang Anda sehingga tulang pun sehat, kuat, serta mencegahnya dari gejala pengeroposan tulang atau osteoporosis.

2. Sebagai sumber karbohidrat

Kandungan karbohidrat pada tape singkong sangatlah tinggi, sehingga dengan memakan tape singkong maka manfaatnya sama dengan mengonsumsi nasi putih. Dengan begitu, ketika asupan karbohidrat terpenuhi maka kebutuhan sumber energi tubuh pun juga dapat terpenuhi, dan juga karbohidrat pada tape singkong mampu memecahkan molekul protein yang membuat tubuh tambah menjadi bugar.

3. Mengatasi jerawat

Tape singkong mengandung sejumlah senyawa yang dapat menetralkan racun di dalam tubuh termasuk pada racun yang menumpuk di permukaan pori-pori kulit wajah penyebab jerawat. Jerawat dapat juga timbul akibat iritasi bahan kimia secara langsung di kulit wajah. Jika mengonsumsi tape singkong goreng akan menambah efek buruk jerawat, sebaiknya mengonsumsi tape singkong secara langsung tanpa diolah dalam bentuk apapun.

4. Mencegah anemia

Tidak hanya senyawa zat besi saja yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin darah sehingga dapat mencegah terjadinya anemia, namun kandungan vitamin B pada tape singkong juga dapat melakukan fungsi yang sama layaknya zat besi. Sehingga hemoglobin darah pun terjaga kadarnya, resiko anemia dapat dihindari, tubuh pun akan selalu bugar dan sehat.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Loading...

Dengan mengonsumsi tape singkong maka enzim-enzim yang terkandungnya mampu merangsang percepatan kinerja usus sehingga akan memperlancar proses ekskresi tubuh. Selain itu, dengan keberadaan kandungan asam dan serat pada tape singkong maka akan meningkatkan efektifitas pembusukan makanan dan juga mampu memecah partikel sisa makanan menjadi lebih kecil dan lebih efektif dalam menyerap air, sehingga proses pembuangan zat sisa makanan pun menjadi lebih lancar.

6. Mampu menghangatkan badan

Kondisi cuaca yang tidak menentu ini dapat menyebabkan tubuh mudah tidak fit, apalagi sering kali tubuh merasakan dingin di pagi maupun malam harinya. Namun kondisi dingin pada tubuh tersebut dapat teratasi dengan mengonsumsi tape singkong, karena kandungan alkohol hasil dari proses fermentasinya mampu memberikan kehangatan tubuh.

7. Mencegah tekanan darah tinggi

Kandungan kalium pada tape singkong mampu mengatur tekanan darah, detak jantung, dan kesehatan pembuluh darah Anda sehingga resiko terjadinya tekanan darah tinggi dapat dihindari. Tekanan darah tinggi adalah penyakit yang berbahaya apabila tidak segera diatasi, karena dapat memperparah kondisi kesehatan tubuh dengan menimbulkan beberapa penyakit lain seperti stroke, jantung, dan komplikasi yang lain. Jadi jaga selalu kesehatan agar tekanan darah Anda selalu normal, hindari makanan yang memicu kolesterol ya..

8. Meningkatkan kinerja saraf dan otot

Hasil pelepasan enzim dari mikroorganisme tape singkong ialah adanya tiamin, yaitu sejenis asam amino yang dapat meningkatkan kinerja saraf dan juga otot tubuh. Dengan mengonsumsi tape singkong, maka kinerja saraf meningkat, ketegangan saraf dapat teratasi, dan tubuh pun tidak mudah lelah.

9. Membantu dalam menurunkan berat badan

Kandungan karbohidrat yang tinggi pada tape singkong dapat memberikan kebutuhan energi tersendiri bagi tubuh, ditambah lagi tape singkong sangatlah rendah lemak sehingga baik untuk menjaga berat badan Anda. Adanya kandungan serat dan air pada tape singkong juga dapat memberikan dampak perut terasa lebih cepat kenyang sehingga keinginan mengonsumsi makanan lain pun dapat dicegah, sistem pencernaan menjadi lancar, dan proses diet pun berhasil Anda lakukan.

10. Sebagai sumber probiotik baik

Air pada tape singkong mengandung sejumlah mikroba atau probiotik yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Jika dikonsumsi maka saluran pencernaan pun menjadi sehat dan mikroba jahat dapat disingkirkan, begitu juga dengan racun di dalam pencernaan dapat dinetralkan sehingga tubuh menjadi sehat.

Nah itulah 10 manfaat tape singkong bagi kesehatan tubuh, namun ada baiknya untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi tape singkong karena akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh, seperti resiko mengalami sakit perut karena banyaknya kandungan asam dan alkohol pada tape, resiko mengalami keracunan darah, keracunan tubuh apabila mengonsumsi air tape secara berlebihan, membuat maag atau asam lambung kambuh, dan tidak baik untuk anak-anak atau orang dewasa yang memiliki kekebalan tubuh rendah.

Loading...