10 Ciri-Ciri Sedang Mengalami Stress Berat

Ciri-Ciri Sedang Mengalami Stress Berat

Setiap orang pasti pernah merasakan stress, baik dari yang ringan hingga berat. Sebetulnya stress itu sendiri merupakan bentuk ketegangan fisik, psikis, mental, dan emosi pada seseorang yang disebabkan oleh beberapa hal, seperti rasa sakit di tubuh, kecewa, perasaan duka, kegagalan, kesedihan, tekanan pekerjaan, dan masih banyak lagi. Umumnya setiap hari terutama yang berkutat dengan pekerjaan, stress akan melanda namun tergantung dari sikap masing-masing tiap orang bagaimana cara meredakan stress itu sendiri sehingga bisa dilewati.

Memang jika stress terlalu menumpuk dan menjadi beban maka akan berdampak pada kesehatan psikologis dan fisik Anda. Bisa jadi selama ini Anda tidak menyadari jika Anda sedang mengalami stress berat, sehingga untuk itu tubuh pun melakukan respon sendiri, dan respon tubuh ini berupa beberapa gangguan kesehatan dan perlu Anda ketahui. Berikut ciri-ciri jika Anda sedang dilanda stress berat.

10 Ciri Sedang Mengalami Stress Berat

1. Sulit fokus

Ciri-ciri utama jika Anda sedang mengalami stress berat namun Anda tidak menyadarinya adalah tingkat kefokusan Anda yang berkurang. Kinerja Anda cenderung lambat, bahkan tak terselesaikan. Hal ini sungguh mengganggu produktivitas kinerja Anda.

2. Merasa lebih sensitif 

Secara tidak disadari apabila Anda mudah sekali tersinggung atau lebih sensitif dengan perkataan maupun perlakuan orang lain kepada Anda padahal tidak ada niat sedikit pun dari orang tersebut untuk menyakiti Anda, maka ini adalah ciri Anda sedang dilanda stress berat. Banyak respon yang diberikan akibat rasa sensitif berlebihan ini kepada orang lain, seperti mencaci, marah, atau bahkan menangis.

3. Sulit tidur

Ciri ketiga tandanya Anda sedang dilanda stress berat adalah sulitnya melakukan tidur di malam hari. Hal ini dikarenakan perasaan gelisah dan khawatir berlebihan selalu terpikirkan oleh Anda. Hal ini bisa memicu Anda menjadi sulit tidur nyenyak, dan terjadinya insomnia.

4. Merasa tidak segar setelah bangun tidur

Normalnya setelah bangun tidur di pagi hari tubuh akan merasa segar dan kantuk pun hilang. Namun jika Anda sedang mengalami stress berat, jam tidur malam Anda menjadi terganggu, dan dampak lainnya adalah waktu tidur menjadi kurang, lalu tidur pun tak nyenyak. Alhasil keesokan paginya tubuh Anda tidak terasa segar padahal baru bangun tidur.

5. Sering sakit kepala

Loading...

Stress juga bisa menyebabkan munculnya sakit kepala yang sering hilang timbul atau bahkan malah berkepanjangan. Hal ini dikarenakan stress menyebabkan saraf-saraf di kepala menjadi tegang, aliran darah dari jantung ke kepala pun menjadi tidak lancar, sehingga otak Anda mengalami kekurangan oksigen dan akhirnya timbullah sakit kepala tersebut.

6. Sering flu, batuk, dan pilek

Stress juga bisa berdampak buruk pada kesehatan fisik Anda. Stress dapat mengganggu kinerja kelenjar tonsil, yaitu yang bertanggung jawab pada sistem imun tubuh Anda, sehingga tubuh dapat dengan mudah terserang oleh berbagai penyakit minor penyerang sistem imun tubuh yaitu seperti batuk, flu, dan juga pilek.

7. Sering bermimpi buruk

Coba Anda ingat-ingat sudah berapa kali dalam seminggu atau sebulan ini Anda mengalami mimpi buruk. Jika mimpi buruk yang Anda alami semakin intens dan sering, maka bisa jadi Anda sedang dialami stress berat. Hal ini dikarenakan stress berasal dari pikiran-pikiran negatif, ketakutan dan kekhawatiran berlebihan serta ketakutan akan hal yang belum terjadi. Hal ini akan membuat Anda gelisah tanpa sebab dan mengganggu pola tidur Anda. Kegelisahan inilah yang akhirnya terekam oleh memori jangka pendek otak, dan sewaktu-waktu bisa muncul sebagai mimpi buruk.

8. Timbulnya jerawat

Jerawat memang bisa dikaitkan dengan adanya perubahan hormonal di tubuh, apalagi bagi wanita jerawat dapat tumbuh dan meradang di wajah ketika menjelang dan sesudah menstruasi. Namun tumbuhnya jerawat bahkan menjadi lebih banyak dan tak terkendali bisa jadi mengindikasikan Anda sedang dilanda stress berat. Hal ini dikarenakan stress mampu meningkatkan kadar minyak dan sebum pada kulit wajah, yang lama-kelamaan akan menumpuk dan jika bereaksi dengan bakteri akan meradang dan timbullah jerawat di kulit wajah Anda.

9. Mengalami kerontokan rambut

Rambut normalnya mengalami kerontokan sebanyak 40-100 helai sehari, namun jika Anda merasa jumlah kerontokan semakin banyak dan parah bisa jadi Anda sedang mengalami stress berat. Hal ini bisa Anda lihat di sekeliling Anda adakah rambut Anda rontok bertebaran di manapun. Rontok rambut terjadi karena stress yang menumpuk membuat aliran darah ke kulit kepala terganggu, sehingga asupan oksigen ke kulit kepala terutama akar-akar rambut kurang, dan rambut pun menjadi lebih rapuh dan mudah rontok.

10. Mengalami sakit lambung

Perhatikan apakah akhir-akhir ini Anda sering lupa makan, atau justru lebih jarang makan? Rupanya stress bisa membuat Anda merasa tidak mudah lapar, apalagi ditambah dengan padatnya pekerjaan sehari-hari. Nah jika kebiasaan ini diteruskan maka akan berdampak pada kesehatan lambung Anda sendiri, asam lambung akan menaik dan bisa memicu penyakit maag. Bahkan pencernaan pun menjadi tidak lancar.

Itulah 10 ciri-ciri nyata jika Anda sedang mengalami stress berat. Kondisi ini janganlah dibiarkan terlalu lama, maka dikhawatirkan akan memicu munculnya depresi. Meski stress ini merupakan tekanan batin, emosi, dan pikiran Anda, namun kesehatan fisik juga bisa terganggu dibuatnya. Stress Andalah yang bisa mengontrolnya. Istirahatlah, melakukan piknik, berbagi cerita dengan orang terdekat adalah cara yang tepat untuk mengurangi beban pikiran penyebab stress Anda.

Loading...