10 Cara Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat

Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat terjadi karena adanya sumbatan kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah dan mengakibatkan terjadinya peradangan di lapisan bawah dermal kulit. Dampaknya adalah kulit wajah akan mengalami berbagai jenis jerawat dari yang berkategori ringan sampai berat, yaitu komedo, jerawat biasa (jerawat pasir), dan jerawat batu.

Keberadaan jerawat selain menimbulkan rasa nyeri namun juga setelahnya memberikan bekas jerawat yang berwujud seperti noda merah maupun flek hitam. Bekas jerawat ini jika tidak ditangani secara cepat maka akan semakin sulit dihilangkan, bahkan bisa membuat wajah tampak lebih kusam dan tidak segar. Banyak wanita yang tidka percaya diri dengan adanya bekas jerawat ini dan mencoba menutupinya dengan menggunakan alas bedak, namun tetap saja percuma karena sifatnya yang hanya sementara.

Berbagai tehnik pengobatan modern dan instan pun rela dilakukan walaupun harus merogoh kocek yang dalam, seperti melakukan laser, chemical peeling, dermabrasi, dan masih banyak lagi. Padahal ada langkah mudah dengan menggunakan bahan alami loh yang bisa dijadikan referensi Anda untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Apa saja bahan dan langkahnya? Yuk disimak….

Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

1. Menggunakan perasan jeruk lemon

Kandungan  asam alfa-hidroksi alami pada jeruk lemon dapat membantu memudarkan bekas luka termasuk noda bekas jerawat. Caranya peras jeruk lemon kemudian tambahkan dengan sedikit air, basahi kapas dengan larutan tersebut lalu oleskan ke wajah, diamkan selama 15 menit, dan terakhir bilas dengan air dingin.

2. Menggunakan lidah buaya

Khasiat lidah buaya untuk kecantikan kulit tidak perlu diragukan lagi. Kandungan zat aloesin pada lidha buaya ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab noda hitam bekas jerawat. Caranya oleskan wajah terutama area yang memiliki bekas jerawat dengan gel lidah buaya, biarkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air dingin.

3. Menggunakan madu

Madu kaya akan antioksidan dan anti bakteri sehingga tidak hanya bisa mengatasi jerawat, madu juga bisa memudarkan noda bekas jerawat secara alami. Tidak hanya itu saja, memakai masker madu juga memberikan kekenyalan dan kelembapan pada kulit wajah. Untuk mengatasi noda bekas jerawat, caranya oleskan bekas jerawat dengan madu lalu diamkan selama 30-60 menit. Terakhir bilas dengan air dingin. Terapkan langkah ini 3-4 kali dalam seminggu.

4. Menggunakan teh hijau

Teh hijau memang nikmat dan juga menyehatkan bagi tubuh, begitu juga bisa mengatasi noda bekas jerawat apalagi noda yang masih memerah dan meradang. Caranya seduh 1 gelas teh hijau, lalu dinginkan sehingga menjadi es batu. Nah letakkan es batu teh hijau yang telah membeku ke dalam handuk kecil lalu tempel dan usapkan ke wajah. Gunakan selama 15-20 menit.

5. Menggunakan mentimun

Loading...

Tidak hanya segar, mentimun dengan kandungan vitamin A, C, E dan magnesiumnya ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya iris-iris tipis mentimun lalu letakkan ke seluruh bagian wajah, usahakan tubuh Anda dalam posisi telentang agar mentimun tidak jatuh. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan langkah ini 4 kali dalam seminggu setiap malam menjelang tidur.

6. Menggunakan gula

Gula tidak hanya dapat memutihkan kulit ketiak yang hitam namun juga dapat mengangkat sel kulit mati pada noda bekas jerawat. Caranya campurkan 1 sendok makan gula pasir dengan 1 sendok minyak zaitun atau minyak kelapa, aduk sampai gula larut, lalu oleskan ke bekas jerawat sambil dipijat lembut selama 5-7 menit. Terakhir bilas dengan air bersih. Lakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

7. Menggunakan putih telur

Putih telur kaya akan omega yang bermanfaat bagi kulit, seperti mengecilkan pori-pori, mengangkat komedo, dan memudarkan bekas jerawat. Caranya sediakan 1 putih telur ayam kampung, lalu oleskan ke bekas jerawat dan diamkan hingga mengering. Terakhir bilas dengan sabun pencuci wajah dan air hangat agar bau amis dari telur hilang.

8. Menggunakan yoghurt dan mentimun

Campuran kedua bahan ini juga bisa membantu mengatasi noda bekas jerawat. Caranya sediakan 3-5 sendok makan yoghurt plain dengan halusan mentimun, lalu oleskan ke seluruh wajah dan biarkan mengering. Bilas wajah dengan air dingin.

9. Menggunakan air kelapa

Air kelapa juga bisa digunakan untuk mengangkat sel kulit mati di wajah, caranya oleskan air kelapa muda ke seluruh wajah sambil didiamkan sampai air kelapa meresap ke kulit. Terakhir bilas dengan air dingin. Untuk penghematan, air kelapa muda yang sisa bisa disimpan di dalam lemari pendingin untuk bisa digunakan dalam perawatan selanjutnya.

10. Menggunakan tomat

Tomat memang memiliki khasiat baik bagi kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit. Untuk mengatasi noda bekas jerawat, caranya iris tipis-tipis tomat lalu tempelkan ke seluruh wajah di diamkan selama 30 menit. Terakhir bilas dengan air bersih dan sabun pencuci wajah agar warna merah tomat tidak tersisa di kulit wajah. Kandungan vitamin A, C, dan E pada tomat terbukti mampu mencerahkan kulit wajah secara alami.

Nah itulah 10 langkah mudah mengatasi noda bekas jerawat secara alami sehingga jauh dari resiko iritasi kulit wajah Anda. Mudah bukan? Dan satu lagi hal yang perlu diingat adalah agar noda bekas jerawat cepat hilang, perbanyak minum air putih dan tak lupa minum vitamin khusus untuk kesehatan kulit yaitu vitamin E.

 

 

Loading...