10 Cara Mengatasi Gigi Kuning

Mengatasi gigi kuning

Memiliki gigi yang bersih dan putih alami akan menambah keindahan pancaran senyuman Anda, namun bagaimana jika gigi Anda mulai menguning padahal setiap hari sudah rajin menyikat gigi? Mau senyum apalagi menyapa dan tertawa pasti akan merasa malu karena gigi kuning membuat rasa percaya diri turun.

Maka dari itu banyak orang menempuh langkah perawatan ke dokter gigi berupa pembersihan karang gigi  meski harus membayar dengan biaya yang tidak sedikit. Cara ini juga dibolehkan agar mendapatkan hasil yang cepat, namun jika ada cara mudah dan alami bisa Anda lakukan sendiri di rumah, kenapa tidak untuk mencobanya saja?

10 Cara mudah mengatasi gigi kuning

1. Menggunakan daun sirih

Daun sirih memang dapat mengatasi bau mulut bahkan gigi kuning dengan kandungan minyak atsirinya. Maka tak heran beberapa produk pasta gigi menggunakan daun sirih sebagai bahan pastanya. Untuk itu Anda dapat menggunakan daun sirih dengan cara merebus 3-5 lembar daun sirih ke dalam 2 gelas air, panaskan hingga tersisa 1 gelas air. Gunakan rebusan air daun sirih sebagai obat kumur di tiap pagi hari.

2. Menggunakan jeruk nipis

Tidak hanya daun sirih saja yang bisa digunakan sebagai obat kumur untuk memutihkan gigi, jeruk nipis pun juga tak kalah khasiatnya. Caranya belah menjadi 2 bagian jeruk nipis lalu peras airnya, tambahkan setengah gelas air hangat, lalu jadikan sebagai bahan kumur setelah menyikat gigi.

3. Menggunakan strawberry dan baking soda

Anda menyukai buah strawberry karena rasanya yang masam dan segar? Buah ini juga bisa loh mengikis lapisan kuning pada gigi Anda. Caranya sediakan 1 sendok makan jeruk nipis yang telah dihaluskan lalu tambahkan dengan 1 sendok makan baking soda, aduk sampai rata lalu cara gunakannya ialah dengan menggunakan alat penggosok gigi. Lumuri permukaan sikat gigi dengan racikan tersebut dan gosokkan ke seluruh permukaan gigi dengan lembut, selanjutnya kumur dengan air bersih.

4. Menggunakan baking soda

Jika Anda tidak terlalu suka dengan cita rasa masam dari strawberry, cukup gunakan saja baking sodanya. Campurkan 1 sendok makan baking soda dan 1 sendok makan air hangat, lalu aduk dan gunakan seperti menggosok gigi seperti biasa yaitu dengan alat sikat gigi.

5. Menggunakan garam dan jeruk lemon

Loading...

Lemon juga bisa memutihkan gigi Anda secara alami loh. Caranya mudah, belah menjadi 2 bagian jeruk lemon kemudian peras dan ambil 2 sendok teh saja, kemudian tambahkan dengan 1 sendok teh garam, aduk rata lalu olesi ke seluruh permukaan gigi dan biarkan selama 1-2 menit lalu kumur dengan air bersih.

6. Menggunakan kulit pisang

Kulit pisang dapat mengatasi gigi kuning dan membuatnya menjadi putih secara alami. Caranya potong-potong kulit pisang menjadi bagian-bagian kecil atau sesuai selera Anda, kemudian gosokkan bagian dalam kulit pisang ke seluruh area gigi baik dari sisi dalam maupun luar. Semakin rutin penggunaan maka akan semakin cepat hasilnya.

7. Mengurangi merokok

Merokok tidak hanya berdampak buruk bagi tubuh namun juga kesehatan gigi Anda pun dapat terganggu. Kandungan senyawa nikotin dan tanin pada rokok mampu membuat gigi cepat menguning bahkan berkarang sehingga sulit sekali dihilangkan. Dengan mengurangi bahkan berhenti merokok bukan tubuh saja yang sehat namun permasalahan gigi kuning pun dapat teratasi.

8. Rutin menyikat gigi

Jarang menyikat gigi juga dapat memperparah kondisi kesehatan gigi, apalagi jika menjelang tidur di malam hari karena sudah mengantuk dapat dijadikan sebagai alasan untuk bermalasan menyikat gigi. Padahal jika berbagai makanan menumpuk di sela-sela gigi dan tidak dibersihkan, maka akan memicu perkembangan bakteri di mulut sehingga plak-plak di gigi semakin banyak dan berujung pada gigi menguning. Untuk itu mulailah rutin menyikat gigi terutama menjelang malam perlu dilakukan sedari dini.

9. Mengurangi minuman berkafein

Minuman seperti kopi, teh, bahkan soda pun sangatlah nikmat. Namun kandungan kafeinnya dapat memperburuk warna pada gigi. Mulailah mengurangi asupan berbagai minuman tersebut dan perbanyak minum air putih sebagai gantinya, agar tidak hanya gigi kuning dapat teratasi namun tubuh pun juga ikut sehat.

10. Memakan dark chocolate

Anda menyukai coklat? Nah jika ingin mencegah gigi berubah warna menjadi kuning tak ada salahnya untuk mencoba rutin memakan coklat yang berjenis dark chocolate, ya. Menurut pendapat Dr Harold Katz menyatakan bahwa di dalam dark chocolate terdapat senyawa theobromine yang berperan untuk mengeraskan permukaan enamel gigi dan mencegahnya dari gigi menguning. Ingat dark chocolate adalah coklat pure tanpa ada tambahan rasa manis dari gula dan susu ya.

Itulah beberapa langkah mudah untuk mengatasi permasalahan gigi kuning. Penting sekali bagi Anda untuk memperhatikan dalam penggunaan bahan yang bersifat masam seperti jeruk nipis, lemon, strawberry, dan bahan baking soda. Untuk beberapa bahan tersebut jika diterapkan pada gigi Anda cukup gunakan 1-2 kali dalam seminggu dan jangan terlalu sering karena akan berdampak pada hilangnya lapisan enamel pada gigi Anda.

Loading...