10 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok dengan Mudah

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Rambut adalah mahkota, tidak hanya untuk wanita namun juga berlaku bagi pria karena rambut dapat menunjang penampilan seseorang. Memiliki rambut yang sehat adalah dambaan setiap orang, namun sering sekali rambut mengalami masalah, seperti yang paling umum terjadi yaitu “rambut rontok”.

Mengalami kerontokan rambut sebenarnya adalah hal yang normal karena dalam sehari rambut dapat rontok sebanyak 40-120 helai, namun jika semakin hari jumlah rambut rontok semakin banyak bahkan kerontokan semakin parah dan tidak ditangani dengan cepat maka bisa menimbulkan kebotakan.

Beberapa penyebab rambut mengalami kerontokan ialah dikarenakan adanya 2 faktor, yaitu faktor eksternal seperti penggunaan bahan kimia pada pewarnaan rambut, rebonding, maupun smoothing, lalu bisa juga disebabkan oleh perubahan gaya rambut dan tidak cocoknya penggunaan shampoo maupun vitamin rambut. Sedangkan faktor internalnya bisa dipicu oleh perubahan hormon, stress, maupun adanya penyakit berbahaya yang menghinggapi tubuh.

Lalu bagaimanakah solusi aman dan mudah untuk mengatasi rambut rontok? Pastinya penerapan yang aman adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang alami. Berikut akan dijelaskan beberapa cara alami untuk mengatasi rambut rontok.

10 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

1. Menggunakan teh hijau

Teh hijau tidak hanya berkhasiat untuk menurunkan berat badan saja, namun juga dapat mengatasi kerontokan rambut Anda yang parah. Caranya seduh 2 celup teh hijau ke dalam segelas air hangat, lalu usapkan ke seluruh kulit kepala dan rambut yang rontok. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Teh hijau memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi sehingga dapat menumbuhkan rambut secara alami.

2. Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa mampu menjaga kelembapan kulit kepala dan rambut sehingga dapat mengatasi kerontokan rambut. Caranya olesi seluruh kulit kepala dan rambut dengan minyak kelapa lalu pijat-pijat lembut kepala Anda dan biarkan selama 1 jam. Terakhir bilas dengan shampoo dan sampai bersih. Lakukan percobaan ini 3 kali dalam seminggu.

3. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan anti oksidan sehingga manfaatnya baik sekali untuk kesehatan rambut, terutama dalam mengatasi rambut rontok Caranya oleskan seluruh kulit kepala dan seluruh rambut dengan minyak zaitun, kemudian pijat lembut kepala selama 5-10 menit, lalu diamkan selama 1 jam. Terakhir bilas dengan cara menyampo rambut sampai bersih.

4. Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut selain untuk menebalkan rambut secara alami. Caranya kupas kulit lidah buaya lalu ambil bagian gel atau dagingnya, gosokkan ke seluruh kulit kepala dan rambut, diamkan selama 30 menit, terakhir bilas dengan air bersih. Lakukan percobaan ini sebanyak 2-3 kali seminggu.

Loading...

5. Menggunakan lemon dan mentimun

Caranya cukup mudah, yaitu iris tipis 1 buah mentimun dan belah menjadi 2 bagian jeruk lemon, sediakan air hangat di dalam baskom, lalu tuang seluruh irisan mentimun dan perasan jeruk lemon. Sediakan handuk kecil, lalu rendam handuk tersebut ke dalam baskom, angkat dan peras handuk kemudian tutupi kepala dengan handuk tersebut dan diamkan selama 10 menit.

6. Menggunakan minyak kemiri

Sejak dahulu minyak kemiri memang sudah dipercaya dapat mengatasi berbagai permasalahan rambut termasuk rambut rontok. Caranya teteskan minyak kemiri ke telapak tangan lalu usapkan ke seluruh bagian kulit kepala dan rambut, pijat lembut kepala Anda agar tercipta suasan rileks. Terakhir diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

7. Menggunakan yoghurt

Selain lezat dan menyehatkan, yoghurt juga bermanfaat untuk menjaga kelembapan rambut loh termasuk dalam mengatasi rambut rontok. Caranya cukup mudah, olesi seluruh bagian kulit kepala dan rambut dengan yoghurt plain (tanpa rasa), lalu biarkan selama 15-30 menit. Terakhir bilas dengan air bersih. Lakukan percobaan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

8. Menggunakan alpukat dan madu

Alpukat mengandung protein yang dapat menguatkan akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut, sedangkan madu selain dapat menutrisi rambut namun juga bisa melembutkannya. Perpaduan 2 bahan ini sangatlah cocok untuk mengatasi kerontokan rambut. Caranya haluskan 1 buah alpukat dengan dibersi sedikit air, lalu tambahkan 2-3 sendok makan madu, kemudian oleskan seluruh kulit kepala dan rambut dengan adonan bahan tersebut. Gunakan sebagai masker rambut selama 45 menit, dan terakhir bilas dengan shampoo.

9. Menggunakan jeruk nipis

Jeruk nipis tidak hanya dapat mengatasi radang tenggorokan dan juga jerawat, namun buah yang rasanya masam ini juga dapat mengatasi kerontokan rambut. Caranya belah menjadi 2 bagian jeruk nipis lalu gosokkan ke kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 15-20 menit dan terakhir bilas dengan air bersih.

10. Menggunakan kentang

Kentang memang dapat menyuburkan rambut secara cepat, caranya bersihkan 2 buah kentang beri air dan haluskan dengan cara diblender, lalu oleskan jus kentang tersebut ke seluruh rambut dan diamkan seperti menggunakan masker rambut selama 1 jam. Terakhir bilas dengan cara menyampo rambut.

Nah itulah 10 cara alami dalam mengatasi kerontokan rambut. Namun tetap saja yang paling diutamakan adalah terapkan pola hidup yang sehat agar kerontokan rambut dapat diatasi, seperti cukupi asupan protein, hindari merokok dan minuman keras, olahraga dan tidur yang cukup serta kurangi stress dan beban pikiran Anda, karena meski serajin apapun perawatan yang Anda lakukan dari luar, jika tidak diimbangi dengan pola hidup sehat pun tetap saja percuma.

 

Loading...