Tips Cara Mengetahui Ciri-ciri Kanker Payudara Sendiri

Tips Cara Mengetahui Ciri-ciri Kanker Payudara Sendiri. Cara mengetahui ciri-ciri kanker payudara bisa dilakukan dalam beberapa hal sehingga anda bisa mengenalinya sebelum anda memeriksakan diri ke dokter. Seperti yang sering anda dengar bahwa penyakit kanker payudara adalah sejenis penyakit yang menyerang jaringan payudara anda sehingga akan berkembang menjadi sel kanker yang ganas. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang mematikan bagi kaum wanita. Bahkan penyakit ini telah menjadi penyakit yang memicu kematian pada kaum wanita yang terbesar. Terlebih lagi penyakit ini bisa menyerang siapa saja, karena kanker payudara pada pria juga bisa terjadi walaupun jumlah kasusnya hanya 1:1000. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui beberapa ciri–ciri kanker payudara. 

cara mengetahui ciri-ciri kanker payudara sejak dini

cara mengetahui ciri-ciri kanker payudara sejak dini

Hal Khusus Yang Menjadi Ciri-ciri Kanker Payudara adalah :

  • Perubahan fisik di sekitar payudara

Kanker payudara akan menyerang bagian payudara sehingga perubahan nyata yang bisa anda lihat pertama kali adalah pada bagian payudara ini. Cara mengetahui ciri-ciri kanker payudara adalah apabila di sekitar payudara anda terdapat benjolan maka hal tersebut bisa menjadi salah satu tanda anda mengidap kanker payudara. Hal ini juga disertai dengan rasa nyeri apabila anda menyetuhnya. Selain itu, beberapa perubahan juga akan anda alami di bagaian payudara anda, seperti puting susu yang menyusut kedalan dan mengeluarkan cairan serta bentuk payudara kan terlihat seperti kulit jeruk.

cara mendeteksi munculnya kanker payudara sejak dini dengan memeriksa tanda dan gejala serta ciri kanker payudara

cara mendeteksi munculnya kanker payudara sejak dini dengan memeriksa tanda dan gejala serta ciri kanker payudara

  • Mengetahui ciri–ciri benjolan disekitar payudara

Anda akan merasakan beberapa tanda benjolan yang bisa mengarahkan anda para diagnosa terkena kanker payudara. Benjolan yang muncul disekitar payudara akan terasa keras bila disentuh bahkan seperti segumpal daging yang tumbuh di payudara. Selain itu, anda juda tidak menemukan benjolan lain yang sejenis di sekitar payudara anda. Benjolan ini akan disertai dengan rasa nyeri. Hal tersebut adalah cara mengetahui ciri-ciri kanker payudara jika anda mempunyai benjolan disekitar payudara.

munculnya benjolan pada payudara dan bentuk payudara serta puting susu berubah merupakan tanda dan gejala serta ciri kanker payudara

munculnya benjolan pada payudara dan bentuk payudara serta puting susu berubah merupakan tanda dan gejala serta ciri kanker payudara

  • Perubahan fisik lainnya

Perubahan fisik lainnya yang bisa anda ketahui apakan anda terserang kanker payudara atau tidak adalah kondisi berat badan anda. Berat badan anda akan mengalami penuruan secara drastis bahkan jika anda tidak melakukan program diet sekalipun. Selain itu, anda juga akan merasakan nyeri di bagian vagina sebagai tanda dan gejala awal kanker payudara yang menyerang anda.

berat badan menurun drastis dan terus menerus bisa jadi adalah tanda dan gejala serta ciri kanker payudara

berat badan menurun drastis dan terus menerus bisa jadi adalah tanda dan gejala serta ciri kanker payudara

Hal tersebut merupakan ciri–ciri kanker payudara yang bisa anda ketahui melalui diri sendiri. Jika anda menemukan salah satu ciri–ciri yang disebutkan diatas, maka anda disarankan untuk segera mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Namun, perlu anda ketahui bahwa tidak semua benjolan yang muncul disekitar payudara anda adalah tanda–tanda kanker payudara. Akan tetapi, tak ada salahnya jika anda memastikan dengan memeriksakan diri anda ke dokter, karena melakukan pencegahan kanker payudara sejak dini merupakan langkah yang paling bijak untuk menghindari resiko yang lebih besar.

Itulah tadi beberapa cara mengetahui ciri-ciri kanker payudara yang bisa anda lakukan. Mengingat akan bahaya dari penyakit kanker payudara ini, disarankan untuk secara rutin memeriksa kondisi payudara anda untuk mengantisipasi munculnya tanda dan gejala awal kanker payudara. Semoga informasi tentang cara mengetahui ciri-ciri kanker payudara ini dapat bermanfaat untuk anda para pembaca, dan semoga kita semua terhindar dari penyakit mematikan ini.

Loading...