Tips Ampuh Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Tips Ampuh Cara Mengatasi Anak Susah Makan. Salah satu masalah yang dihadapi para orang tua adalah nafsu makan anak yang rendah. Permasalahan anak susah makan ini tentu saja membuat orang tua khususnya ibu merasa khawatir atas kondisi kesehatan sang anak. Sebenarnya masalah rendahnya nafsu makan pada anak bukanlah hal yang langka, hal ini dialami oleh hampir sebagian besar anak-anak. Banyak cara yang dapat diambil untuk mengatasi masalah ini, baik cara medis maupun dengan cara alami. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara mengatasi anak susah makan secara mudah dan dapat dilakukan dirumah.

cara mudah mengatasi anak susah makan dan meningkatkan nafsu makan

cara mudah mengatasi anak susah makan dan meningkatkan nafsu makan

Faktor penyebab anak susah makan.

Sebelum kita bahas mengenai cara mengatasi anak susah makan, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja faktor penyebab nafsu makan anak menurun, atau bahkan susah makan. Ada dua hal utama yang bisa menjadi penyebab anak susah makan, yaitu faktor fisik, dan faktor psikis. Contoh dari faktor fisik adalah terjadinya gangguan pada organ pencernaan anak, atau dikarenakan adanya infeksi. Untuk faktor psikis, hal yang paling banyak terjadi adalah karena adanya masalah dalam rumah tangga yang membuat anak menjadi trauma, seperti orang tua yang sering bertengkar di depan anak. Selain itu juga bisa disebabkan karena suasana makan yang kurang nyaman dan menyenangkan bagi si anak. Adapula alasan lain seperti menu makanan yang tidak sesuai dengan selera anak, dan tidak adanya kebiasaan makan bersama dalam keluarga. Hal-hal ini memang terlihat sangat sepele, namun ternyata dapat berdampak buruk bagi kondisi psikis anak, yang kemudian membuat anak susah makan.

Mengatasi anak susah makan dengan mudah.

Banyak metode dan cara yang dapat orang tua lakukan untuk mengatasi masalah anak susah makan, dan mengembalikan nafsu makan anak. Berikut ini adalah beberapa cara mudah dan sederhana mengatasi anak susah makan yang bisa orang tua coba dirumah.

tips sederhana membuat anak doyan makan

tips sederhana membuat anak doyan makan

  • Porsi makanan anak jangan terlalu banyak.

Usahakan untuk memberikan makanan kepada anak dengan porsi yang tidak terlalu besar. Selain untuk membuat anak dapat menikmati makanan tersebut, namun juga untuk menjaga kondisi lambung anak yang belum mampu menampung makanan terlalu banyak.

  • Membuat variasi menu makanan yang mengundang selera.

Masalah anak susah makan bisa saja terjadi karena anak merasa bosan dengan makanan yang ada, dan juga tampilannya yang kurang menarik. Oleh karena itu, cobalah membuat variasi menu makanan anak dengan tampilan yang disukai anak-anak. Hal ini dapat membuat anak merasa tertarik dan mau untuk makan.

  • Ciptakan suasana makan yang menyenangkan.

Jadikanlah saat makan anak menjadi momen yang menyenangkan. Jangan sampai anak merasa takut bila saat makan tiba karena anda sering menghukum, memarahi, dan menakut-nakuti anak ketika tidak mau makan. Suasana makan yang nymana dan menyenangkan membuat anak dapat menikmati setiap makanan yang dia makan, dan tentu saja menghindarkan anak dari trauma psikis.

  • Buat jadwal makan yang teratur.

Jadwal makan yang teratur dapat membuat anak menjadi disiplin, dan juga tahu kapan saatnya harus makan. Seperti disebutkan diatas, porsi makan anak tidak usah terlalu banyak, asalkan teratur dan bergizi tinggi.

  • Cemilan sehat untuk anak.

Pada saat anak memasuki usia 2 tahun, aktifitas yang dilakukan si anak makin banyak dan bervariasi, hal ini kadang membuat anak susah untuk duduk tenang dan makan. Hal ini bisa diatasi dengan memberikan cemilan sehat dengan berbagai jenis. Misalnya dengan memberikan anak cemilan seperti donat tabor keju, bola-bola kentang isi wortel, dan sebagainya.

  • Jauhkan gangguan pada anak saat makan.

Salah satu hal yang membuat anak susah makan adalah karena adanya gangguan yang membuat perhatian si anak teralihkan. Salah satunya adalah televisi dan mainan. Oleh karena itu, ketika waktu makan tiba, usahakan untuk mematikan televisi dan menjauhkan mainanan dari anak.

  • Jangan banyak memberi minum saat makan.

Pada saat makan, usahakan untuk tidak terlalu banyak memberikan minuman pada anak. Seperti yang kita tahu, bahwa jika terlalu banyak minum, maka anak akan merasa kenyang, dan malas untuk menghabiskan makanannya.

membuat menu makanan sehat dan menarik untuk menambah nafsu makan anak

membuat menu makanan sehat dan menarik untuk menambah nafsu makan anak

Itulah tadi beberapa tips jitu cara mengatasi anak susah makan yang bisa orang tua lakukan dirumah. Hal-hal sederhana diatas dapat berdampak positif dalam mengembalikan nafsu makan anak yang menurun jika dilakukan dengan benar dan teratur. Jangan lupa untuk membagikan tips kesehatan anak ini kepada kerabat anda, sehingga masalah anak susah makan yang mereka alami dapat teratasi dengan segera.

Loading...