Tanda dan Gejala Penyakit TBC

Tanda dan Gejala Penyakit TBC. Perlu kita ketahui bersama, bahwa sampai saat ini, penyakit TBC merupakan salah satu jenis penyakit menular yang paling berbahaya. Banyak negara yang berusaha untuk menekan perkembangan penyakit TBC, bahkan beberapa negara termasuk Indonesia memberikan perhatian khusus terhadap penyakit infeksi paru atau penyakit TBC ini. Pemerintah menjalankan program kesehatan terkait penyakit TBC dengan memberikan paket obat TBC secara gratis kepada siapa saja yang menderita penyakit TBC. Jika pada jaman dulu jenis penyakit TBC bisa berkembang dengan cepat dan tingkat kematiannya sangat tinggi, hal itu terkait dengan sulitnya mendapatkan pengobatan yang tepat untuk penyakit TBC, dan juga biaya untuk membeli obat TBC yang mahal. Saat ini jika anda menemukan ada tanda dan gejala penyakit TBC pada diri anda maupun keluarga dan sahabat, anda bisa memeriksakan diri anda ke dokter terdekat maupun ke puskesmas dan rumah sakit untuk memastikan apakah anda benar menderita penyakit TBC atau tidak. Jika ternyata tanda dan gejala penyakit TBC yang anda temukan memang benar mununjukkan bahwa anda menderita penyakit TBC, maka anda bisa mendapatkan paket obat TBC secara gratis baik dari dokter, maupun dari instansi kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit.

ciri khusus penyakit TBC

ciri khusus penyakit TBC

Untuk mengetahui adanya penyakit dalam tubuh kita, tentu saja kita harus mengetahui tanda dan gejala seuatu penyakit, begitu juga dengan tanda dan gejala penyakit TBC. Berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala penyakit TBC yang perlu anda ketahui.

Tanda dan Gejala Penyakit TBC

Orang yang terserang bakteri basil penyebab penyakit TBC tersebut biasanya akan mengalami demam namun tidak terlalu tinggi yang berlangsung cukup lama, biasanya demam dirasakan malam hari dan disertai keluarnya keringat malam. Terkadang terjadinya demam seperti influenza dan bersifat hilang timbul. Gejala TBC yang lain, terjadinya penurunan nafsu makan dan berat badan, batuk-batuk selama lebih dari 3 minggu (dapat disertai dengan darah), perasaan tidak enak (malaise), dan lemah.

Untuk dapat mencegah penyakit TBC sejak dini, berikut gejala-gejala penyakit tuberculosis yang perlu Anda ketahui.

tanda dan gejala penyakit TBC

tanda dan gejala penyakit TBC

Gejala utama penyakit TBC

Batuk terus-menerus dan berdahak selama tiga pekan atau lebih.

Gejala tambahan penyakit TBC

  1. Dahak bercampur darah/batuk darah
  2. Sesak nafas dan rasa nyeri pada dada
  3. Demam/meriang lebih dari sebulan
  4. Berkeringat pada malam hari tanpa penyebab yang jelas
  5. Badan lemah dan lesu
  6. Nafsu makan menurun dan terjadi penurunan berat badan

Itulah tadi beberapa tanda dan gejala penyakit TBC yang sangat perlu untuk anda ketahui. Untuk dapat mencegah penyakit TBC, maka kita harus sedini mungkin mengetahui adanya tanda dan gejala penyakit TBC pada tubuh kita maupun pada keluarga dan sahabat. Jika anda menemukan adanya tanda dan gejala penyakit TBC, segeralah memeriksakan diri anda ke dokter terdekat, supaya anda segera mendapatkan pengobatan TBC. Penyakit TBC bisa menjadi sangat berbahaya jika terlambat diobati. Semoga artikel mengenai tanda dan gejala penyakit TBC ini bisa bermanfaat untuk anda para pembaca blog MencegahPenyakit.Com ini.

Loading...