Loading...

Tanda dan Gejala Kanker Vulva Stadium Awal

Tanda dan Gejala Kanker Vulva Stadium Awal. Pada sebagian besar kasus penyakit kanker, penderita baru menyadari adanya sel kanker yang berkembang dalam tubuhnya setelah masuk pada stadium lanjut. Hal ini tentu saja sangat membahayakan, dimana jika perkembangan dan penyebaran sel kanker sudah masuk stadium lanjut maka proses penyembuhan dan pengobatannya akan lebih sulit. Oleh karena itu, jika anda menemukan beberapa tanda dan gejala yang mencurigakan, ada baiknya untuk segera menemui dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan anda. Pada kanker vulva, tanda dan gejala awal yang muncul tidaklah susah untuk dideteksi, karena memang tanda dan gejala serta ciri khusus dari kanker vulva akan mudah ditemukan pada bagian vulva organ intim wanita.

ciri khusus kanker vulva pada wanita

ciri khusus kanker vulva pada wanita

Ciri khusus kanker vulva pada wanita.

Berikut ini adalah beberapa ciri khusus yang sering terjadi dan menjadi tanda dan gejala awal kanker vulva pada wanita.

  • Terjadi perdarahan pada organ intim yang bukan berasal dari menstruasi.
  • Terjadinya perubahan pada kondisi kulit, seperti warna dan ketebalan kulit. Kulit dapat berwarna merah, putih, atau menggelap.
  • Terdapat tahi lalat di area vulva yang berubah bentuk atau warna.
  • Munculnya benjolan yang menyerupai jerawat, bisul, atau luka terbuka.
  • Nyeri atau sensitif terhadap rasa sakit di area panggul, terutama ketika berhubungan seksual.
  • Organ intim sering terasa perih, khususnya ketika sedang buang air kecil.

Itulah beberapa tanda dan gejala awal kanker vulva pada wanita yang sering terjadi. Jika anda mengalami salah satu dari beberapa ciri khusus kanker vulva tersebut, segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Sebagai informasi tambahan, bahwa secara umum, kanker vulva biasa menyerang bagian labia mayor (“bibir” bagian luar dari alat kemaluan perempuan), diikuti dengan labia minor (“bibir” bagian dalam).

deteksi dini dan diagnosis kanker vulva secara medis

deteksi dini dan diagnosis kanker vulva secara medis

Diagnosis kanker vulva secara medis.

Untuk mengetahui mengenai adanya kanker vulva, selain dengan mengamati tanda dan gejala awal seperti diatas, bisa juga dilakukan dengan beberapa metode medis yang bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat mengenai keberadaan sel kanker. Berikut ini adalah beberapa cara diagnosis kanker vulva secara medis yang perlu anda ketahui.

  • Pemeriksaan lebih mendetail pada vulva menggunakan alat kaca pembesar untuk mencari tanda-tanda kanker vulva pada area ini. Pemeriksaan ini disebut kolposkopi.
  • Pemeriksaan sistoskopi yang dilakukan menggunakan sebuah tabung kecil disertai kamera dan lampu yang dimasukkan ke kandung kemih.
  • Melakukan biopsi kemudian memeriksa sampel yang telah diambil dari vulva, atau kelenjar getah bening, untuk mencari tanda-tanda kanker. Penderita biasanya diberikan bius lokal di daerah yang akan dibiopsi. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan atau tanpa jahitan, tergantung dari ukuran sampel yang diambil.
  • Pemeriksaan pada area panggul, untuk mengetahui apakah kanker telah menyebar ke area ini.
  • Pemeriksaan dengan menggunakan X-ray, CT scan, MRI scan, dan PET scan, pada area dada, paru-paru, kelenjar getah bening, perut atau organ lain, untuk mengetahui penyebaran kanker di area ini.

Beberapa metode diagnosis kanker vulva secara medis tersebut diatas dilakukan untuk mendapatkan hasil yang akurat mengenai ada atau tidaknya kanker vulva. Data dari diagnosis medis kanker vulva ini akan digunakan oleh tim dokter untuk mengambil langkah medis selanjutnya, termasuk dalam metode pengobatan kanker vulva yang perlu untuk segera dilakukan berdasarkan pada kondisi yang ada.

Itulah tadi informasi seputar kesehatan tentang tanda dan gejala kanker vulva stadium awal serta diagnosis kanker vulva secara medis yang perlu untuk kita ketahui bersama. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua yang membacanya, jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi kesehatan anda. Jika menemukan salah satu tanda dan gejala awal kanker vulva diatas, segeralah menemui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Loading...