Tanda dan Gejala Awal Kanker Prostat Pada Pria

Tanda dan gejala awal kanker prostat pada pria sebenarnya tidaklah sulit untuk dikenali namun terkadang ada juga yang masih belum mengetahui mengenai tanda maupun gejala dari penyakit ini. Kanker prostat adalah salah satu penyakit yang umum menyerang para pria dan penderita dari penyakit ini juga cukup banyak. Data dari WHO bahkan menunjukkan bahwa lebih dari 1,1 juta pria dari seluruh dunia mengidap jenis penyakit kanker yang satu ini. Di Indonesia sendiri angka penderita kanker prostat juga terbilang tinggi dan terus bertambah setiap tahunnya. Penyakit kanker prostat jika tidak segera mendapatkan penanganan medis yang tepat bisa berakibat fatal yaitu bisa sampai menyebabkan kematian. Oleh sebab itu sangat penting sekali untuk mengetahui tanda dan gejala awal kanker prostat pada pria supaya penderita bisa langsung mendapatkan penanganan sejak dini sehingga peluang si pasien untuk sembuh juga semakin meningkat.

ciri khusus serta tanda dan gejala awal kanker prostat pada pria yang perlu diketahui

ciri khusus serta tanda dan gejala awal kanker prostat pada pria yang perlu diketahui

Ciri-ciri, Tanda dan Gejala Kanker Prostat Pada Pria

Untuk tanda dan gejala awal kanker prostat pada pria ini memang cukup banyak salah satunya adalah sering buang air kecil terutama pada malam hari. Disamping itu pada saat buang air kecil juga disertai rasa nyeri bahkan ada juga yang sampai mengeluarkan darah ketika sedang berkemih. Meski begitu gejala ini memang jarang sekali terjadi walau begitu masalah ini jangan sampai anda abaikan begitu saja dan segera kunjungi dokter apabila keluar darah saat sedang berkemih guna mendapatkan hasil pemeriksaan yang lebih jelas.

rasa nyeri saat buang air kecil kencing bisa jadi tanda dan gejala kanker prostat pada pria

rasa nyeri saat buang air kecil kencing bisa jadi tanda dan gejala kanker prostat pada pria

keluar darah saat buang air kecil atau kencing berdarah bisa jadi tanda dan gejala awal kanker prostat pada pria

keluar darah saat buang air kecil atau kencing berdarah bisa jadi tanda dan gejala awal kanker prostat pada pria

Selain beberapa tanda dan gejala di atas masih ada beberapa tanda maupun gejala awal kanker prostat pada pria yang lainnya seperti urin yang keluar secara perlahan atau menetes. Tanda dan gejala berikutnya yaitu pada bagian punggung bawah, paha dalam, serta panggul terasa nyeri, dan gejala ini umumnya kerap kali diabaikan oleh penderita kanker prostat. Tidak sampai disitu, mereka yang mengidap kanker prostat juga mengalami kesulitan untuk menahan ereksi. Hal ini dikarenakan tumor pada prostat membuat aliran darah yang mengalir ke penis menjadi terhalang sehingga si penderita mengalami kesulitan untuk ereksi (disfungsi ereksi).

masalah disfungsi ereksi atau susah ereksi bisa jadi tanda dan gejala kanker prostat pada pria

masalah disfungsi ereksi atau susah ereksi bisa jadi tanda dan gejala kanker prostat pada pria

Pria Usia Lanjut Rentan Terserang Kanker Prostat

Sedikit tambahan juga bagi anda yang sudah berusia di atas 50 tahun hendaknya secara rutin memeriksakan diri anda ke dokter sebab penyakit kanker prostat ini umum menyerang para pria yang usianya di atas 50 tahun. Bagi anda yang hobi merokok atau mengalami obesitas juga mesti lebih waspada sebab peluang dan tingkat resiko untuk terserang kanker prostat juga cukup besar. Selain itu, jika di keluarga anda ada riwayat kanker prostat, maka anda juga wajin untuk waspada, karena salah satu faktor penyebab kanker prostat adalah faktor genetika atau keturunan. Untuk mendiagnosa penyakit ini setidaknya ada tiga tes yang mesti dijalani mulai dari pemeriksaan fisik, tes darah lalu biopsi. Kemudian untuk mengobati kanker prostat ini bisa melalui operasi pengangkatan prostat atau melalui radioterapi. Jadi waspadalah dengan penyakit ini dan jangan sampai lupa untuk memperhatikan betul apa saja tanda dan gejala awal kanker prostat pada pria.

 

Loading...