Sering Sakit Kepala? Bisa Jadi Karena Mata Terlalu Lelah

Sering Sakit Kepala? Bisa Jadi Karena Mata Terlalu Lelah. Sakit kepala memang bukanlah suat hal yang mematikan, namun akan sangat mengganggu jika terus dibiarkan tanpa diatasi dengan solusi yang tepat. Banyak kerugian yang akan dirasakan jika anda merasa sakit kepala, dari mulai sulit berkonsentrasi hingga pekerjaan yang terbengkalai. Selain itu, rasa sakit kepala berlebih juga bisa menimbulkan masalah serius seperti stress dan mudah emosi karena penderitanya merasakan sensasi tidak nyaman di area kepala secara terus menerus. Banyak hal yang bisa menjadi pemicu munculnya sakit kepala, salah satunya karena mata terlalu lelah. Hal ini diungkapkan langsung oleh ahli kesehatan dr Syumati SpM(K), MSc, CEH. Perempuan yang bekerja sebagai Kabid Pelayanan Medis RS Mata Cicendo Bandung tersebut menyatakan bahwa Sakit Kepala Bisa Dipicu Karena Mata Terlalu Lelah. Penyebab awalnya tentu sangat beragam dan merupakan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Supaya anda mengetahui lebih dalam, silahkan simak beberapa penyebab mata lelah di bawah ini.

penyebab sakit kepala karena mata lelah

penyebab sakit kepala karena mata lelah

Faktor Pemicu dan Penyebab Mata Lelah dan Tegang

  • Terlalu Lama di Depan Komputer

Bekerja terlalu lama di depan komputer akan membuat syaraf-syaraf mata menjadi tegang sehingga bisa memicu munculnya sakit kepala. Hal ini biasanya terjadi pada pekerja kantoran yang sering memporsir waktunya di depan komputer hingga harus bekerja lembur.

terlalu lama di depan komputer dapat menyebabkan mata telah yang memicu sakit kepala

terlalu lama di depan komputer dapat menyebabkan mata telah yang memicu sakit kepala

  • Menonton Televisi

Menonton televisi memang tidak boleh terlalu dekat, namun tidak boleh pula dengan jarak yang terlalu jauh. Semakin jauh jarak televisi, maka mata akan bekerja lebih keras sehingga mata menjadi lelah. Dampak lebih lanjutnya tentu saja munculnya sakit kepala.

mata lelah karena terlalu lama menonton televisi dapat menyebabkan sakit kepala

mata lelah karena terlalu lama menonton televisi dapat menyebabkan sakit kepala

  • Penggunaan Gadget

Sama halnya dengan kedua aktivitas di atas, menggunakan gadget secara berlebihan bisa menyebabkan mata lelah yang berujung pada sakit kepala.

menggunakan gadget terlalu lama menyebabkan syaraf mata menjadi tegang dan memicu sakit kepala

menggunakan gadget terlalu lama menyebabkan syaraf mata menjadi tegang dan memicu sakit kepala

Cara Mengatasi Sakit Kepala Karena Mata Lelah

Lalu bagaimana cara mengatasi Sakit Kepala yang Diakibatkan Mata Lelah? Cara paling sederhana adalah dengan mengistirahatkan mata. Langkahnya sangat mudah, yaitu anda hanya harus memejamkan mata selama 10-15 menit. Lakukan langkah tersebut secara rutin di saat anda memiliki waktu luang. Pengontrolan waktu kerja juga tak kalah penting karena akan berpengaruh pada kinerja mata. Sebaiknya aturlah waktu kerja dengan baik dan jangan memaksakan diri untuk melakukan banyak pekerjaan secara sekaligus, khususnya yang berkaitan dengan komputer.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk Menghindari Mata Lelah adalah dengan melatih mata. Langkahnya pun sangat sederhana, yaitu anda hanya harus memandang sebuah benda atau objek yang berjarak 6 meter atau lebih. Lakukan langkah tersebut selama kurang lebih 10 menit. Latihan mata yang rutin akan mengembalikan mata anda sehingga bisa terhindar dari sakit kepala.

mengistirahatkan mata dan mengatur pola kerja yang baik untuk mejaga kesehatan mata dapat mencegah sakit kepala

mengistirahatkan mata dan mengatur pola kerja yang baik untuk mejaga kesehatan mata dapat mencegah sakit kepala

Untuk mengimbangi beberapa langkah dan cara di atas, anda harus mengkonsumsi  buah dan sayur serta makanan yang kaya akan Vitamin A, E, dan betakoroten. Semua kandungan tersebut akan berperan sebagai antioksidan yang bisa menjaga kesehatan mata. Jika mata anda berada dalam kondisi yang sehat, maka tentu saja anda bisa terhindar dari sakit kepala yang diakibatkan mata lelah. Cukupilah kebutuhan beberapa asupan di atas dengan baik, namun jangan terlalu berlebihan. Setelah menyimak ulasan di atas, kini anda tahu bahwa sakit kepala juga bisa diakibatkan oleh mata lelah. Maka dari itu anda harus menjaga kesehatan mata dengan baik supaya bisa tetap lancar dalam melakukan segala aktivitas tanpa dihantui sakit kepala. Sekian ulasan dari kami tentang Sakit Kepala dan Penyebabnya, semoga ulasan di atas bisa bermanfaat bagi anda.

Loading...