Perbedaan Penyakit Diabetes Melitus Tipe 1 dan 2

Perbedaan Penyakit Diabetes Melitus Tipe 1 dan 2Diabetes melitus adalah nama penyakit yang mungkin sudah tidak asing lagi didengar. Banyak orang yang telah mengalami penyakit diabetes melitus yang mematikan ini. Atau bahkan anda ataupun keluarga mengalami penyakit diabetes yang juga disebut dengan penyakit kencing manis ini. Penyakit diabetes adalah jenis penyakit metabolik yang bisa menyebabkan seseorang mempunyai kadar glukosa darah yang tinggi, dibandingkan orang normal. Di seluruh dunia, lebih dari 390 juta jiwa yang menderita penyakit diabetes melitus ini. Tentu saja jumlah ini terus saja mengalami peningkatan setiap tahunnya.

perbedaan jenis diabetes melitus tipe 1 dan tipe 2 secara medis

perbedaan jenis diabetes melitus tipe 1 dan tipe 2 secara medis

Secara umum diabetes terbagi ke dalam jenis diabetes melitus tipe 1 dan 2. Kedua jenis diabetes ini sama-sama mematikan, yang membedakan hanyalah penyebabnya secara medis.

Perbedaan Diabetes Melitus Tipe 1 dan 2

  1. Diabetes Melitus Tipe 1

Pada diabetes melitus tipe 1 ini, penderita mengalami kesulitan dalam memproduksi hormon insulin. Di mana hormon insulin inilah yang berfungsi untuk membuat sel-sel di dalam jaringan otot rangka dan lemak, untuk bisa menyerap gula dari dalam darah. Mempunyai kadar gula dalam darah yang tinggi menjadi penyebab terjadinya berbagai masalah kesehatan tubuh. Termasuklah meningkatnya rasa haus dan lapar, di mana penderita akan lebih sering makan dan mengalami kegemukan.

jenis diabetes melitus tipe 1 penyebab tanda dan gejala serta pengobatannya

jenis diabetes melitus tipe 1 penyebab tanda dan gejala serta pengobatannya

Penderita diabetes melitus juga akan lebih sering buang air kecil. Selain itu juga menyebabkan berbagai masalah penyakit berat lainnya, seperti gangguan jantung, penyakit ginjal, kerusakan pada penglihatan serta menyebabkan kematian. Secara medis penyebab diabetes melitus tipe 1 ini adalah kerusakan autoimun sel beta yang ada di dalam pankreas. Di mana sel beta tersebut berfungsi untuk memproduksi insulin dalam tubuh. Dari seluruh kasus penyakit diabetes melitus di dunia, 10% diantaranya adalah diabetes melitus tipe1.

  1. Diabetes Melitus Tipe 2

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang mendasar antara diabetes melitus tipe 1 dan 2. Kedua jenis diabetes melitus ini sama-sama menjadi penyakit yang mematikan. Secara umum diabetes melitus tipe 2 disebabkan gaya hidup yang tidak sehat, juga disebabkan oleh penyakit autoimun metabolik karena sudah keturunan. Pada diabetes melitus tipe 2 ini, tubuh pasien tidak dapat menggunakan insulin yang sudah dihasilkan oleh organ pankreas dengan baik. Maka terjadilah berbagai gejala yang sama dengan diabetes melitus tipe 1 seperti yang sudah saya jelaskan tadi.

penyakit diabetes melitus tipe 2 penyebab tanda dan gejala serta cara mengobatinya

penyakit diabetes melitus tipe 2 penyebab tanda dan gejala serta cara mengobatinya

Tubuh yang tidak bisa memanfaatkan hormon insulin ini kemudian menyebabkan gula darah menjadi terlalu rendah atau terlalu tinggi. Keduanya sama-sama membahayakan, oleh sebab itulah pengobatan hanya bisa dilakukan untuk mengupayakan gula darah yang normal ataupun mendekati batas normalnya.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis penyakit diabetes melitus tipe 1 dan 2. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa gejala diabetes melitus bisa berupa aktivitas makan dan minum yang belebihan. Oleh sebab itu, jika anda merasakan gejala selalu ingin makan dan tidak wajar segeralah periksakan diri kepada dokter sebagai ahlinya. Untuk meminimalisir resiko penyakit diabetes melitus, anda juga bisa mencoba mengkonsumsi makanan sehat untuk diabetes melitus. Semoga informasi tentang perbedaan penyakit diabetes tipe 1 dan 2 ini bermanfaat untuk anda, dan semoga anda semua bisa terhindar dari penyakit mematikan ini dengan menjaga kondisi tubuh anda tetap sehat.

Loading...