Loading...

Penyebab Gatal Pada Selangkangan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gatal Pada Selangkangan dan Cara Mengatasinya. Semua orang pasti pernah merasakan rasa gatal yang mengganggu. Meskipun terdengar sepele, namun rasa gatal yang muncul sangatlah mengganggu dan membuat tidak nyaman. Salah satu bagian tubuh yang sering terserang rasa gatal adalah selangkangan. Apakah anda salah satu orang yang perlu mengalami rasa gatal pada selangkangan? Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai penyebab gatal pada selangkangan dan cara mengatasinya yang perlu untuk anda ketahui.

faktor pemicu dan penyebab gatal pada selangkangan serta cara mengatasinya

faktor pemicu dan penyebab gatal pada selangkangan serta cara mengatasinya

Rasa gatal yang sering muncul tiba-tiba, membuat perasaan kurang nyaman serta risih. Apalagi jika rasa gatal tiba-tiba muncul ketika kita sedang di ruang publik/umum, tentu saja akan terasa canggung jikak kita ingin menggaruk bagian yang gatal di depan umum. Untuk mengatasi rasa gatal yang muncul di selangkangan, tentu kita harus tahu terlebih dahulu apa yang menjadi faktor penyebab gatal pada selangkangan. Berikut ini penjelasannya.

Faktor pemicu dan penyebab gatal pada selangkangan

Menurut penelitian medis, penyebab utama gatal pada selangkangan adalah karena jamur. Bagian selangkangan yang terasa gatal biasanya akan terlihat memerah dan sebagian lapisan kulit terkelupas. Sering kali ketika rasa gatal pada selangkangan datang, orang akan serta merta menggaruk bagian tersebut untuk meredakan rasa gatal, namun seringkali tindakan ini justru membuat kulit selangkangan menjadi lecet dan memperparah kondisi.

Jamur yang menjadi pemicu dan penyebab gatal pada selangkangan akan tumbuh subur pada bagian tubuh yang lembap. Secara umum,  gatal pada selangkangan merupakan indikasi infeksi jamur di bagian terluar dari kulit. Infeksi yang dalam dunia medis juga dikenal sebagai tinea cruris ini bisa pula mengenai bagian terluar dari rambut atau kuku.

Kondisi selangkangan yang lembap dan hangat menjadi tempat yang ideal untuk tumbuhnya jamur penyebab infeksi. Pada kasus gatal selangkangan yang akut, sering kali rasa gatal disertai dengan rasa nyeri yang parah. Orang yang menderita diabetes dan obesitas, akan lebih mudah terserang gatal pada selangkangan.

Selain karena infeksi jamur, gatal pada selangkangan juga dapat disebabkan karenan terjadinya iritasi pada kulit yang terjadi karena menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat/sempit. Disamping itu, faktor kebersihan adalah hal yang utama yang dapat memicu terjadinya gatal pada selangkangan, baik pria maupun wanita.

Bagi orang yang sering berganti pasangan seksual, munculnya gatal pada selangkangan juga dapat disebabkan karena adanya penyakit menular seksual seperti herpes genital, sifilis, infeksi kutu dan kutil.

infeksi bakteri dan penyakit menular seksual penyebab gatal pada selangkangan

infeksi bakteri dan penyakit menular seksual penyebab gatal pada selangkangan

Cara mengatasi gatal pada selangkangan

Cara utama dan paling ampuh dalam mengatasi gatal pada selangkangan adalah dengan menjaga kebersihan tubuh, terutama pada bagian selangkangan yang lembap. Untuk mengatasi gatal pada selangkangan akibat jamur, anda bisa menggunakan krim atau bedak anti jamur. Sebelum menggunakan krim/bedak anti jamur, ada baiknya untuk mencuci bersih area/bagian yang terkena infeksi dengan air dan sabun. Gunakan krim/bedak anti jamur secara merata dan teratur.

Jika kondisi gatal pada selangkangan sudah cukup parah, khususnya jika anda menggaruk bagian selangkangan dengan kasar/keras yang mengakibatkan lecet yang berujung pada infeksi bakteri, maka anda memerlukan pengobatan dengan antibiotik untuk mengatasi infeksi tersebut. Namun perlu diingat, bahwa penggunaan antibiotik harus dengan pengawasan dokter.

Sedangkan jika gatal pada selangkangan terjadi karena adanya penyakit menular seksual, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

cara mudah mencegah dan mengatasi gatal pada selangkangan

cara mudah mencegah dan mengatasi gatal pada selangkangan

Cara mencegah gatal pada selangkangan

Kebersihan tubuh adalah hal yang utama yang perlu anda perhatikan supaya terhindar dari gatal pada selangkangan. Berikut ini adalah beberapa upaya pencegahan gatal pada selangkangan yang bisa anda lakukan dengan mudah.

  • Gunakan handuk dan baju sendiri, jangan berbagi dengan orang lain.
  • Jangan menggunakan pakaian atau celana basah dan lembap terlalu lama.
  • Gunakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun.
  • Hindari pakaian dalam yang terlalu sempit/ketat.

Itulah tadi informasi mengenai faktor penyebab gatal pada selangkangan dan cara mengatasinya yang perlu untuk diketahui. Meskipun terdengar sepele, namun gatal pada selangkangan bisa memicu terjadinya masalah kesehatan yang lebih serius jika tidak ditangani dengan tepat dan benar. Semoga informasi kesehatan ini dapat bermanfaat untuk anda, dan jangan lupa untuk membagikan tips kesehatan tentang penyebab gatal pada selangkangan dan cara mengatasinya ini kepada kerabat anda.

Loading...