Penyebab dan Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami

Penyebab dan Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami. Salah satu masalah kulit wajah yang banyak dialami oleh masyarakat adalah wajah berminyak. Selain masalah jerawat, kulit berminyak juga membuat penampilan menjadi tidak enak dipandang, dan jika dibiarkan saja tentu dapat menjadi penyebab jerawat yang mengganggu. Secara alami memang kulit akan memproduksi minyak yang berfungsi dan bermanfaat sebagai alat pelindung kulit dari berbagai bahaya dari luar, misalkan polusi udara dan debu yang dapat masuk kedalam pori-pori kulit kita. Tidak hanya itu saja, ternyata kandungan minyak pada kulit wajah dapat membantu proses peremajaan kulit dan juga membuat kulit wajah menjadi lebih kenyal dan lembut. Namun apa jadinya jika kulit memproduksi minyak secara berlebihan? Berlebihnya jumlah minyak pada kulit wajah justru akan merugikan kondisi wajah kita yang akan membuat kulit wajah berminyak dan kusam. Wajah berminyak akan terlihat kusam dan mengkilap yang tentu saja dapat mengurangi rasa percaya diri serta dapat menjadi pemicu jerawat batu. Hal ini dikarenakan kondisi kulit berminyak dapat mengendapkan debu dan kotoran pada kulit wajah kita yang menyebabkan pori-pori kulit wajah akan tertutup. Lantas, apa sebenarnya penyebab wajah berminyak dan bagaimana cara mengatasi wajah berminyak secara alami yang efektif? Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang penyebab dan perawatan wajah berminyak secara alami.

apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi kulit wajah berminyak secara alami yang ampuh dan efektif

apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi kulit wajah berminyak secara alami yang ampuh dan efektif

Pemicu dan Penyebab Wajah Berminyak

Terjadinya kondisi wajah berminyak dapat disebabkan oleh banyak faktor, baik dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab wajah berminyak yang paling sering terjadi.

  • Mengkonsumsi Makanan Berlemak

Mengkonsumsi makanan berlemak tinggi dapat menyebabkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan tubuh seperti menyebabkan penyakit jantung, dan beberapa jenis penyakit lainnya. Selain itu, kondungan lemak yang tinggi juga dapat memicu terjadinya produksi minyak berlebih pada kulit yang akhirya membuat kulit wajah berminyak dan kusam. Jika dibandingkan dengan penyakit, tentu saja wajah berminyak adalah sebuah masalah yang tidak terlalu membahayakan, namun tentu saja dapat mengganggu penampilan kita dan mengurangi rasa percaya diri.

mengkonsumsi makanan berlemak tinggi dapat menyebabkan kulit wajah berminyak dan kusam serta berjerawat

mengkonsumsi makanan berlemak tinggi dapat menyebabkan kulit wajah berminyak dan kusam serta berjerawat

  • Kondisi Hormon tidak Seimbang

Salah satu faktor penyebab wajah berminyak yang datang dari dalam tubuh adalah karena kondisi hormon yang tidak seimbang. Masalah kulit wajah berminyak paling banyak dialami pada usia remaja yang sedang dalam masa akil balik (pubertas) dimana kondisi hormon dalam tubuh tidak seimbang. Selain pada masa pubertas, kondisi hormon yang tidak seimbang juga terjadi pada wanita saat datang bulan, dan ketika dalam masa kehamilan. Oleh karena itu banyak ibu hamil dan wanita yang sedang datang bulan mengalami masalah kulit wajah berminyak ini. Bagi seseorang yang mengalami wajah berminyak karena faktor hormon dalam tubuh ini, disarankan untuk mengatur pola makan dengan baik, dan juga menambah asupan nutrisi dengan memiliih menu makan sehat. Selain itu juga bisa dibarengi dengan melakukan aktifitas yang tidak terlalu berat.

hormon yang tidak seimbang pada remaja pubertas, wanita datang bulan, ibu hamil, dapat menyebabkan minyak berlebih pada kulit wajah

hormon yang tidak seimbang pada remaja pubertas, wanita datang bulan, ibu hamil, dapat menyebabkan minyak berlebih pada kulit wajah

  • Salah Pilih Kosmetik

Kosmetik tidak dapat dipisahkan dengan gaya hidup wanita, karena penggunaan kosmetik dapat membantu menjadikan penampilan wanita lebih enak dipandang. Penggunaan kosmetik untuk menunjang penampilan adalah hal yang wajar, namun yang perlu diingat adalah bahwa tidak semua jenis kosmetik baik untuk kulit wajah. Kesalahan dalam memilih jenis kosmetik justru dapat membuat kondisi wajah menjadi tidak sehat, salah satunya menyebabkan wajah berminyak dan kusam. Jika anda memang suka menggunakan kosmetik, disarankan untuk memilih kosmetik yang terbuat dari bahan alami, dan hindari kosmetika yang dibuat dari bahan-bahan kimia. Selain itu, sesuaikan kosmetik yang anda pakai dengan kondisi kulit wajah anda. Penggunaan kosmetika berbahan dasar kimia dapat mengakibatkan kerusakan pada sel kulit wajah yang membuat wajah menjadi tidak sehat, atau bahkan dapat menyebabkan kanker kulit. Selain itu, jangan menggunakan kosmetik secara berlebihan. Jika anda sudah cocok dengan merk kosmetik tertentu, jangan ganti dengan merk lainnya yang belum tentu juga akan cocok dengan kondisi kulit wajah anda.

penggunaan kosmetik berlebih dan tidak sesuai dengan kondisi kulit dapat membuat kulit wajah berminyak

penggunaan kosmetik berlebih dan tidak sesuai dengan kondisi kulit dapat membuat kulit wajah berminyak

  • Faktor Keturunan (genetika)

Masalah kulit wajah berminyak juga dapat disebabkan karena faktor keturunan (genetika). Tidak hanyak terjadi pada beberapa jenis penyakit yang juga disebabkan karena faktor keturunan, masalah kulit wajah berminyak juga dapat diturunkan melalui kesamaan genetika. Jika dalah keluarga anda terdapat anggota keluarga yang memiliki masalah kulit wajah berminyak, maka anda juga akan memiliki resiko yang sama untuk mengalami masalah kulit wajah berminyak tersebut.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Setelah anda mengetahui mengenai apa saja faktor pemicu dan penyebab kulit wajah berminyak, maka anda juga perlu untuk mengetahui tentang bagaimana cara mengatasi kulit wajah berminyak secara alami dan tidak menimbulkan efek samping negatif. Cara merawat dan mengatasi wajah berminyak sebenarnya tidak sulit dan tidak memerlukan biaya yang mahal, anda cukup melakukan perawatan wajah secara alami dan selalu menjaga kebersihan wajah anda. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai tips cara mengatasi kulit wajah berminyak secara alami.

  • Rajin Mencuci Muka/Wajah

Kebersihan kulit wajah anda perlu anda perhatikan untuk dapat mengatasi kulit wajah berminyak. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan wajah anda adalah dengan rajin mencuci muka. Untuk dapat menghindari kulit wajah berminyak, anda bisa mencuci muka dua kali sehari dengan menggunakan sabun khusus muka. Jangan mencuci muka terlalu sering karena dapat membuat kulit wajah menjadi kurang lembab dan dapat mengikis lapisan kulit wajah.

mencuci muka dengan sabun pembersih secara rutin dapat mengatasi kulit wajah berminyak

mencuci muka dengan sabun pembersih secara rutin dapat mengatasi kulit wajah berminyak

  • Minum Air Putih

Mengkonsumsi air putih dapat membantu mengatasi masalah kulit wajah berminyak. Seperti diketahui bersama, bahwa air putih memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh kita, salah satunya adalah untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh. Mengkonsumsi minimal 8 gelas air putih setiap hari dapat membuat kulit wajah anda lebih segar dan tentu saja membantu mengatasi kulit wajah berminyak yang mengganggu.

  • Bilas Wajah dengan Air Hangat

Menggunakan air hangat untuk membersihkan kulit wajah anda disarankan bagi yang suka menggunakan kosmetika setiap harinya. Setelah anda selesai mandi, anda bisa membilas kulit wajah anda dengan air hangat yang sudah dicampur dengan sedikit garam. Usapkan handuk kecil yang sudah anda celupkan kedalam air hangat tersebut pada kulit wajah anda secara perlahan dan merata. Membersihkan kulit wajah dengan air hangat dapat membantu membuka pori-pori wajah yang tersumbat debu dan kotoran, sedangkan kandungan garam akan menganggkat dan membuang kotoran tersebut. Anda bisa mengatasi kulit wajah berminyak dengan cepat jika anda secara rutin melakukan cara alami ini. Namun perlu diingat, jangan menggunakan air yang terlalu panas, dan jangan terlalu keras ketika mengusap kulit wajah anda dengan handuk karena dapat menyebabkan iritasi kulit.

  • Masker Putih Telur

Masker putih telur dikenal baik untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah. Selain digunakan untuk menghilangkan komedo, masker putih telur juga dapat mengatasi kulit wajah berminyak secara alami. Anda bisa membuat masker putih telur ini dengan mudah, caranya cukup pisahkan putih telur dengan kuning telur, kemudian kocok putih telur hingga berbusa. Cara pakai masker putih telur juga sangat mudah, anda cukup mengoleskan masker putih telur ke kulit wajah anda secara merata, kemudian tunggu sampai mengering. Setelah kering, bilas wajah anda dengan air hangat sampai bersih.

cara mengatasi kulit wajah berminyak dengan masker putih telur terbukti ampuh menghilangkan minyak di wajah dengan cepat

cara mengatasi kulit wajah berminyak dengan masker putih telur terbukti ampuh menghilangkan minyak di wajah dengan cepat

  • Sari Alami Tomat/Timun/Kentang

Cara mengatasi kulit wajah berminyak selanjutnya adalah dengan menggunakan salah satu dari jenis buah dan sayur tersebut. Sari alami yang terkandung dalam bahan alami tersebut dapat membantu menghilangkan minyak berlebih pada kulit wajah. Cara menghindari kulit wajah berminyak dengan buah dan sayur ini sangat mudah, anda tinggal mengusapkan irisan buah dan sayur tersebut ke wajah anda yang sudah dicuci sebelumnya dan biarkan mengering. Ketika anda bangun keesokan harinya, bilas wajah anda dengan air hangat, dan kemudian gunakan air dingin agar pori-pori wajah anda menutup kembali. Cara mengatasi kulit wajah berminyak ini efektif dilakukan pada malam hari sebelum tidur.

  • Daun Seledri

Cara mengatasi kulit wajah berminyak secara alami yang terakhir adalah dengan menggunakan daun seledri. Daun seledri terbukti mampu mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit wajah. Penggunaan daun seledri untuk menghilangkan minyak berlebih cukup mudah, anda hanya perlu memotong daun seledri dengan ukuran yang kecil-kecil, kemudian rebus potongan daun seledri tersebut pada air mendidih. Untuk takaran airnya, anda cukup menggunakan 2 gelas air saja, dan waktu merebusnya tidak perlu lama, cupu direbus selama 15-20 menit. Setelah air rebusan dingin, anda bisa mulai mengoleskan ke kulit wajah anda secara merata. Tunggu hingga mengering, kemudian bilas sampai bersih.

daun seledri bermanfaat untuk menghilangkan dan mengatasi kulit wajah berminyak secara alami dengan cepat

daun seledri bermanfaat untuk menghilangkan dan mengatasi kulit wajah berminyak secara alami dengan cepat

Itulah tadi tips kecantikan tentang penyebab dan cara mengatasi wajah berminyak secara alami yang terbukti ampuh dan efektif membuat kulit wajah bersih dan segar. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda harus disiplin dalam menerapkan cara alami menghilangkan minyak berlebih pada wajah tersebut secara rutin. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua, dan jangan lupa untuk membagikan tips kecantikan terkait penyebab dan cara mengatasi wajah berminyak secara alami ini kepada orang-orang disekitar anda.

Loading...