Penyakit Diabetes Melitus Tipe 1 dan 2 – Penyebab, dan Pengobatan

Penyakit Diabetes Melitus Tipe 1 dan 2 – Penyebab, PengobatanDiabetes melitus adalah jenis penyakit yang bisa menyababkan banyak penyakit komplikasi, di mana diabetes bisa berujung pada kematian. Penyakit kencing manis atau diabetes melitus ini dapat menyerang siapa saja, tidak memandang jenis kelamin dan usia. Secara mutlak, cara mengobati diabetes melitus sampai benar-benar sembuh total belum tersedia. Pasien yang mengidap penyakit kencing manis atau diabetes melitus ini harus menjalani serangkaian pengobatan yang tekait dengan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh serta aktivitas yang teratur.

Secara umum penyakit kencing manis atau diabetes ini bisa terbagi ke dalam 2 jenis, yakni diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

Secara garis besarnya, diabetes bisa dibagi ke dalam dua jenis yakni diabetes melitus tipe 1 dengan diabetes melitus tipe 2. Kedua jenis penyakit diabetes melitus ini sama-sama bisa memicu penyakit komplikasi seperti jantung, stroke, dan juga kerusakan pada ginjal.

diabetes melitus menyebabkan komplikasi penyakit jantung, ginjal, pembuluh darah, otak, syaraf, dan mata

diabetes melitus menyebabkan komplikasi penyakit jantung, ginjal, pembuluh darah, otak, syaraf, dan mata

  1. Diabetes Melitus Tipe 1

Penyakit kencing manis atau penyakit diabetes melitus tipe 1 lebih kompleks jika dibandingkan dengan diabetes tipe 2. Pada penyakit diabetes melitus tipe 1, sistem pertahanan pada tubuh justru merusak dan menyerang sel yang bertugas menghasilkan insulin pada organ pankreas. Pada tubuh penderita akan kekurangan hormon insulin, sehingga terjadilah kadar gula darah yang tinggi. Kondisi diabetes melitus tipe 1 ini terjadi karena faktor keturunan atau gen dan juga infeksi virus.

kekurangan hormon insulin menyebabkan kadar gula darah tinggi yang memicu penyakit diabetes melitus tipe 1

kekurangan hormon insulin menyebabkan kadar gula darah tinggi yang memicu penyakit diabetes melitus tipe 1

  1. Diabetes Melitus Tipe 2

Penyakit kencing manis atau penyakit diabetes melitus tipe 2 ini diakibatkan karena faktor gen serta faktor lingkungan. Di mana diabetes jenis ini kebanyakan menyerang orang Afrika dan orang Asia. Berbagai penyebab diabetes melitus tipe 2 yang paling umum seperti pola makan tidak sehat, kurang bergerak atau berolahraga, serta msalah obesitas.

pola makan tidak sehat dan obesitas menjadi faktor utama penyebab penyakit diabetes melitus tipe 2

pola makan tidak sehat dan obesitas menjadi faktor utama penyebab penyakit diabetes melitus tipe 2

Jadi, diabetes tipe 1 dan tipe 2 sama-sama bisa diakibatkan karena faktor keturunan. Namun pada diabetes melitus tipe 2 lebih banyak diakibatkan karena faktor gaya hidup yang kurang sehat. Berbeda dengan penyebab diabetes melitus tipe 1 yang juga bisa disebabkan oleh adanya infeksi virus.

Pengobatan Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

Secara medis, belum ada metode pengobatan penyakit diabetes melitus yang bisa memberikan kesembuhan total kepada penderitanya, namun penderita masih bisa dibantu dengan beberapa upaya pengobatan. Pada tubuh seorang penderita diabetes melitus, kadar gula yang ada harus diturunkan sampai pada level normal, atau mendekati level normal. Ada beberapa metode penyembuhan diabetes melitus, baik secara medis ataupun herbal yang bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan terjadinya komplikasi. Cara mengobati diabetes melitus secara garis besarnya, yaitu:

  1. Mengatur gaya hidup yang sehat
  2. Pemberian OHO ataupun obat hipoglikemik oral
  3. Pemberian insulin

    cara mengobati diabetes melitus tipe 1 dan 2 dengan mengatur pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan sehat untuk diabetes

    cara mengobati diabetes melitus tipe 1 dan 2 dengan mengatur pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan sehat untuk diabetes

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai faktor penyebab dan pengobatan diabetes tipe 1 dan tipe 2. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa kedua jenis diabetes ini bisa terjadi karena faktor gen. Oleh sebab itu upaya pencegahan diabetes juga bisa dilakukan dengan pengecekan kadar gula lebih dini untuk anda yang memiliki riwayat keluarga dengan diabetes. Mengatur pola makan dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk diabetes juga dapat menurunkan resiko penyakit diabetes melitus ini. Semoga artikel tentang Penyakit Diabetes Melitus Tipe 1 dan 2 – Penyebab dan Pengobatan ini dapat memberikan manfaat untuk anda, dan semoga kita semua dapat terhindar dari penyakit mematikan ini.

Loading...