Pengertian Penyakit Vertigo dan Penyebabnya

Pengertian Penyakit Vertigo dan Penyebabnya. Sampai hari ini masih banyak orang yang belum memahami definisi dan pengertian penyakit vertigo secara jelas. Masih banyak yang beranggapan bahwa penyakit vertigo hanyalah sebuah sakit kepala biasa. Menurut Wikipedia, pengertian vertigo adalah sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh atau lingkungan sekitarnya, dapat disertai gejala lain, terutama dari jaringan otonomik akibat gangguan alat keseimbangan tubuh. Vertigo (sering juga disebut pusing berputar, atau pusing tujuh keliling) adalah kondisi di mana seseorang merasa pusing disertai berputar atau lingkungan terasa berputar walaupun badan orang tersebut sedang tidak bergerak. Meskipun penyakit vertigo bukan termasuk dalam jenis penyakit menular, namun semua orang harus waspada terhadap penyakit vertigo ini, karena orang yang menderita penyakit vertigo akan sangat tersiksa karena rasa pusing yang benar-benar hebat. Untuk itu penting bagi anda untuk mengetahui berbagai macam informasi seputar kesehatan terkait dengan penyakit yang satu ini mulai dari definisi dan pengertian penyakit vertigo, penyebabnya hingga cara untuk mengatasi penyakit vertigo.

definisi dan pengertian penyakit vertigo serta faktor penyebabnya

definisi dan pengertian penyakit vertigo serta faktor penyebabnya

Sebagai informasi tambahan mengenai definisi dan pengertian penyakit vertigo bahwa kata Vertigo (dari bahasa Latin vertō “gerakan berputar”) adalah salah satu bentuk sakit kepala dimana penderita mengalami persepsi gerakan yang tidak semestinya (biasanya gerakan berputar atau melayang) yang disebabkan oleh gangguan pada sistem vestibular. Penyakit vertigo sering kali diawali dengan gejala mual dan muntah serta ketidakmampuan penderita menjaga keseimbangan badan, kondisi ini membuat penderita vertigo mengalami kesulitan berdiri atau berjalan.

Faktor Pemicu dan Penyebab Penyakit Vertigo

Setelah anda mengetahui definisi dan pengertian penyakit vertigo maka untuk informasi berikutnya akan kami bahas seputar apa saja yang menjadi faktor penyebab penyakit vertigo. Sekedar informasi penyakit vertigo bisa disebabkan oleh beberapa hal mulai dari migren (sakit kepala sebelah), infeksi bakteri di telinga, radang pada leher, asupan oksigen ke otak yang kurang, hingga mabuk kendaraan. Yang harus anda pahami di sini bahwa penyakit vertigo bukan disebabkan oleh faktor keturunan (genetika), jadi bisa saja seseorang terkena penyakit vertigo walaupun di keluarganya tidak ada yang memiliki riwayat pernah terserang penyakit ini. Kami yakin anda sudah mendapatkan gambaran tentang penyakit vertigo setelah mengetahui definisi dan pengertian penyakit vertigo serta penyebabnya.

faktor pemicu dan penyebab penyakit vertigo adalah migren, infeksi bakteri di telinga, radang pada leher, asupan oksigen ke otak yang kurang, hingga mabuk kendaraan

faktor pemicu dan penyebab penyakit vertigo adalah migren, infeksi bakteri di telinga, radang pada leher, asupan oksigen ke otak yang kurang, hingga mabuk kendaraan

Langkah Awal Penanganan Penyakit Vertigo

Selain membahas definisi dan pengertian penyakit vertigo serta faktor penyebabnya, untuk informasi berikutnya tidak lain adalah cara untuk mengurangi gejala vertigo. Ketika vertigo menyerang secara tiba-tiba, usahakan untuk menghindari melakukan gerakan secara tiba-tiba supaya anda tidak jatuh, lalu segeralah duduk jika merasa gejala vertigo muncul. Kemudian gerakkan kepala anda dengan perlahan dan hindari mendongakkan kepala atau duduk dalam posisi jongkok. Terakhir anda juga bisa menambahkan bantal agar posisi kepala anda menjadi lebih tinggi saat akan tidur. Untuk pengobatan penyakit vertigo sendiri bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan seperti antihistamin dan prochlorperazine. Disamping itu penderita vertigo juga dapat melakukan terapi rehabilitasi vestibular yang sangat direkomendasikan dalam pengobatan penyakit vertigo.

cara penanganan penyakit vertigo yang tepat untuk mengurangi resiko yang lebih buruk

cara penanganan penyakit vertigo yang tepat untuk mengurangi resiko yang lebih buruk

Pengobatan Penyakit Vertigo Secara Alami

Bagi anda yang menderita vertigo juga bisa mencoba pengobatan secara tradisional yang cukup ampuh dalam mengobati penyakit ini. Bahan yang digunakan untuk membuat obat herbal vertigo adalah kayu manis, dan cara meraciknya juga sangat mudah. Siapkan dulu kayu manis, jahe merah sebanyak 15 gram, 5 gram biji pala, kapulaga sebanyak lima butir dan empat lembar daun cocor bebek. Setelah bahan-bahan terkumpul rebus semuanya dengan 600 ml air dan tunggu hingga tersisa setengahnya lalu angkat dan saring. Minum air rebusan ramuan herbal ini setiap hari selagi masih hangat. Jika diminum secara rutin maka penyakit vertigo anda akan berangsur-angsur pulih.

cara mengobati penyakit vertigo secara alami dengan ramuan herbal kayu manis, jahe merah, biji pala, kapulaga, dan daun cocor bebek

cara mengobati penyakit vertigo secara alami dengan ramuan herbal kayu manis, jahe merah, biji pala, kapulaga, dan daun cocor bebek

Itulah tadi informasi seputar kesehatan tentang definisi dan pengertian penyakit vertigo serta faktor penyebabnya dan cara penanganan vertigo yang tepat. Untuk informasi lainnya terkait penyakit vertigo akan dibahas pada artikel selanjutnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua, dan jangan lupa untuk membagikan informasi tentang definisi dan pengertian penyakit vertigo serta penyebabnya ini kepada orang-orang disekitar anda.

Loading...