Pengertian Penyakit TBC

Pengertian Penyakit TBC. Sebelumnya saya sudah pernah menulis mengenai pengertian penyakit menular, dan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai pengertian penyakit TBC, yang merupakan salah satu jenis penyakit menular yang banyak ditemui di Indonesia. Sebagai salah satu jenis penyakit menular, tentu saja kita harus bisa mengetahui apa itu pengertian penyakit TBC, sehingga kita bisa mencegah penyakit TBC sejak dini. Lantas apa sebenarnya pengertian penyakit TBC? 

Definisi dan pengertian penyakit TBC.

Penyakit TBC ( Tuberkulosis ) adalah sebuah penyakit infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan manusia yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri penyebab penyakit TBC ini merupakan jenis bakteri basil yang sangat kuat sehingga memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengobati penyakit TBC ini. Secara umum, bakteri ini lebih sering menginfeksi organ pernapasan paru-paru (90%) dibandingkan dengan bagian lain pada tubuh manusia.

pengertian penyakit TBC

pengertian penyakit TBC

Penyakit TBC ( Tuberkulosis ) merupakan jenis penyakit menular yang sampai saat ini masih menjadi perhatian seluruh dunia. Sampai saat ini, bahkan belum ada satu negara pun yang bebas dari penyakit TBC. Angka kematian dan kesakitan akibat bakteri mycobacterium tuberculosis ini pun sangat tinggi. Kita harus mengetahui bahwa penyakit TBC dapat menyerang siapa saja (tua, muda, laki-laki, perempuan, miskin, atau kaya) dan juga dapat menyerang dimana saja. Berdasarkan data yang ada, setiap tahunnya di Indonesia bertambah dengan seperempat juta kasus baru TBC dan sekitar 140.000 kematian terjadi setiap tahunnya disebabkan oleh penyakit TBC. Dan yang lebih penting, saat ini Indonesia berada pada urutan ketiga terbesar sebagai negara dengan masalah penyakit TBC di dunia.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa penyakit TBC adalah jenis penyakit menular, oleh karena itu tentu saja kita harus lebih waspada supaya tidak tertular penyakit TBC. Menjaga pola hidup sehat, adalah langkah utama untuk mencegah penyakit TBC. Jika di lingkungan anda tinggal maupun berkerja ada orang yang sedang menderita penyakit TBC, ada baiknya untuk tidak melakukan kontak langsung dengan penderita TBC tersebut, supaya meminimalisir terjadinya penularan penyakit TBC. Namun tentu saja jangan kemudian anda menghindari orang penderita TBC, tapi hindari penyakitnya, karena penyakit TBC dapat ditularkan melalui udara, yang paling utama adalah ketika orang yang menderita penyakit TBC sedang batuk atau bersin, maka akan ada bakteri penyebab penyakit TBC yang keluar, dan bercampur dengan udara yang dihirup untuk bernapas. Oleh karena itu, jika ada penderita TBC yang sedang batuk atau bersin, lebih baik anda menghindar dahulu. Dan untuk penderita penyakit TBC, gunakanlah masker, sehingga ketika anda batuk atau bersin udara yang keluar (bercampur dengan bakteri) dapat terserap oleh masker tersebut, sehingga mengurangi resiko terjadinya proses penularan penyakit TBC.

pengertian penyakit TBC tuberkulosis

pengertian penyakit TBC tuberkulosis

Itulah tadi artikel mengenai pengertian penyakit TBC, yang merupakan jenis penyakit menular. Semoga dengan anda membaca artikel pengertian penyakit TBC ini, anda jadi lebih mengetahui apa itu definisi penyakit TBC, sehingga anda dapat mencegah penyakit TBC sejak dini.

Loading...