Pengertian Penyakit Menular

Setelah pada artikel sebelumnya, saya membahas mengenai pengertian penyakit secara umum, maka kali ini saya akan membagikan informasi mengenai pengertian penyakit menular. Penyakit menular sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak dialami oleh kebanyakan orang.

Definisi dan Pengertian Penyakit Menular.

Menurut para ahli, penyakit menular dapat didefinisikan sebagai sebuah penyakit yang dapat ditularkan (berpindah dari orang satu ke orang yang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung atau melalui perantara/penghubung). Penyakit menular ini ditandai dengan adanya agent atau penyebab penyakit yang hidup dan dapat berpindah serta menyerang host atau inang (penderita).

pengertian penyakit menular

pengertian penyakit menular

Dalam dunia medis, pengertian penyakit menular atau penyakit infeksi adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh sebuah agen biologi (seperti virus, bakteria atau parasit), dan bukan disebabkan oleh faktor fisik (seperti luka bakar) atau kimia (seperti keracunan).

Dari definisi dan pengertian penyakit menular diatas, kita bisa mengetahui bahwa penyakit menular dapat berpindah dari satu orang ke orang lainnya. Proses penularan penyakit tentu saja haris kita cegah. Untuk bisa mencegah penyakit menular, tentu kita harus tahu apa saja hal, atau media apa saja yang bisa mengakibatkan terjadinya penularan suatu penyakit dari seorang penderita kepada orang lain.

Berikut ini adalah beberapa jenis penularan penyakit menular yang perlu kita ketahui dalam rangka mencegah terjadinya penularan penyakit.

Cara dan Metode Penyebaran atau Penularan Penyakit Menular Secara Umum

  1. Media Langsung dari Orang ke Orang (Permukaan Kulit)
  2. Melalui Media Udara Penyakit yang dapat ditularkan dan menyebar secara langsung maupun tidak langsung melalui udara pernapasan disebut sebagai air borne disease.
  3. Melalui Media Air Penyakit dapat menular dan menyebar secara langsung maupun tidak langsung melalui air.

Dengan mengetahui media penularan penyakit tersebut, kita diharapkan bisa untuk lebih waspada dan juga mampu untuk mendeteksi lebih dini jika terdapat kemungkinan terjadinya proses penularan penyakit menular. Penyakit menular memang sangat meresahkan, karena bisa berpindah dari satu orang ke orang lainnya, namun bukan berarti kemudian kita harus menghindari/menjauhi orang yang sedang menderita penyakit menular, melainkan kita harus waspada terhadap hal/media yang dapat menyebabkan terjadinya proses berpindahnya penyakit menular tersebut.

Itulah tadi informasi mengenai pengertian penyakit menular. Semoga dengan adanya informasi mengenai definisi penyakit menular ini, kita semakin sadar akan pentingnya kesehatan, dan juga perlunya menjaga kebersihan di linkungan tempat kita tinggal. Jika anda merasa artikel mengenai pengertian penyakit menular ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan ke teman-teman anda.

Loading...