Pengertian Penyakit Malaria Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Penyakit Malaria Dan Jenis-Jenisnya. Tahukah anda apa pengertian penyakit malaria? Banyak yang sudah pernah mendengar tentang penyakit ini namun baru beberapa saja yang sudah benar-benar mengerti tentang penyakit malaria ini. Ya, Penyakit ini adalah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk anopheles. Gigitan nyamuk tersebut akan menularkan parasit yang disebut parasit plasmodium. Sehingga akhirnya plasmodium tersebut akan berkembang biak di dalam tubuh manusia, tepatnya di dalam organ hati. Yang selanjutnya parasit tersebut akan menginfeksi sel darah merah kemudian pasien yang terkena gigitan nyamuk anopheles tersebut akan menunjukkan gejala awal malaria yaitu seperti influenza. Penyakit malaria terbagi menjadi 4 jenis, yaitu:

definisi dan pengertian penyakit malaria yang disebabkan gigitan nyamuk anopheles

definisi dan pengertian penyakit malaria yang disebabkan gigitan nyamuk anopheles

Macam dan jenis penyakit malaria

Malaria tropica

Jenis penyakit malaria yang pertama yaitu penyakit malaria tropica. Penyakit yang biasa disebut juga dengan sebutan demam rimba atau jungle fever ini juga memiliki nama lain yaitu malaria aestivo autumnal. Malaria jenis ini disebabkan oleh plasmodium falciparum yang juga merupakan sebagai penyumbang terbesar kematian akibat malaria. Organisme dalam bentuk plasmodium falciparum ini akan menghalangi aliran darah menuju ke otak sehingga menyebabkan koma, mengigau serta yang paling fatal yaitu akan menyebabkan kematian.

jenis penyakit malaria tropica yang disebabkan oleh plasmodium falciparum

jenis penyakit malaria tropica yang disebabkan oleh plasmodium falciparum

Malaria kuartana

Dan untuk jenis penyakit malaria yang kedua yaitu malaria kuartanaPengertian penyakit malaria jenis kuartana ini adalah penyakit malaria yang disebabkan oleh plasmodium malariae. Jenis malaria yang satu ini memiliki masa inkubasi yang lebih lama jika dibandingkan dengan jenis malaria tertian atau tropika. Gejala yang dialami dalam jenis penyakit ini pada pertama kali tidak akan terjadi hingga 18 sampai 40 hari setelah terjadinya infeksi. Dan selanjutnya gejala akan terus terulang kembali di setiap 3 hari sekali.

jenis penyakit malaria kuartana yang disebabkan oleh plasmodium malariae

jenis penyakit malaria kuartana yang disebabkan oleh plasmodium malariae

Malaria tertiana

Jenis malaria yang ketiga ini merupakan jenis malaria yang paling ringan yaitu penyakit malaria tertiana. Arti dari penyakit malaria yang satu ini yaitu penyakit yang disebabkan oleh infeksi plasmodium vivax. Dalam penyakit malaria jenis ini terdapat gejala demam yang akan terjadi setiap dua hari sekali yang mana gejala ini akan terjadi setelah gejala yang pertama kali.Dan gejala ini akan dirasakan oleh penderita selama kurang lebih 2 minggu setelah terjadinya infeksi.

jenis penyakit malaria tertiana yang disebabkan oleh plasmodium vivax

jenis penyakit malaria tertiana yang disebabkan oleh plasmodium vivax

Malaria plasmodium ovale

Sesuai dengan namanya, jenis penyakit malaria yang satu ini disebabkan oleh infeksi dari plasmodium ovale. Jenis penyakit ini hampir sama dengan jenis malaria atertiana. Dimana pada masa inkubasi penyakit ini, protozoa akan tumbuh di dalam sel hati beberapa hari sebelum gejala yang pertama terjadi. Dan akhirnya organisme tersebut akan terus berkembang dan semakin menyerang dan juga menghancurkan sel darah merah, dan hal tersebut akan mengakibatkan demam tinggi.

jenis penyakit malaria ovale yang disebabkan oleh plasmodium ovale

jenis penyakit malaria ovale yang disebabkan oleh plasmodium ovale

Demikian artikel tentang malaria ini, semoga anda tidak hanya mengerti tentang pengertian penyakit malaria serta macam dan jenis malaria saja namun anda juga dapat semakin mewaspadai penyakit ini.

Loading...