Pengertian Penyakit Jantung

Definisi dan Pengertian Penyakit Jantung. Apakah yang dimaksud dengan penyakit jantung? Penyakit jantung adalah sebuah kondisi/keadaan dimana jantung sebagai organ vital yang menunjang kehidupan manusia tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Beberapa contoh kondisi dimana jantung tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik antara lain, otot jantung yang lemah (kelainan bawaan sejak lahir), dan atau adanya celah antara serambi kanan dan serambi kiri pada jantung, oleh karena tidak sempurnanya pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi jantung saat penderita masih di dalam kandungan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan darah bersih dan darah kotor tercampur di dalam jantung.

pengertian penyakit jantung

pengertian penyakit jantung


Secara umum, penyakit jantung dapat menyerang siapa saja, entah itu orang tua, anak kecil, pria maupun wanita. Dari semua golongan manusia, orang kaya, orang miskin, semua dapat terserang penyakit jantung. Secara umum penyakit jantung timbul karena perilaku dan pola hidup masyarakat yang kurang sehat sehingga dapat memicu timbulnya penyakit jantung ini, selain itu ada juga beberapa jenis penyakit yang dapat berdampak pada kesehatan jantung baik langsung maupun tidak langsung.

Apa perbedaan penyakit jantung dengan serangan jantung?

Penting untuk anda ketahui, bahwa Pengertian penyakit jantung dan pengertian serangan jantung tidaklah sama, atau berbeda. Pengertian serangan jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan jantung sama sekali tidak berfungsi. Kondisi serangan jantung ini biasanya terjadi secara mendadak, dan sering juga disebut sebagai gagal jantung. Penyebab gagal jantung bervariasi, namun penyebab utama gagal jantung yang biasa terjadi adalah terhambatnya suplai darah ke otot-otot jantung, oleh karena pembuluh-pembuluh darah yang biasanya mengalirkan darah ke otot-otot jantung tersebut tersumbat atau mengeras, entah oleh karena lemak dan kolesterol, ataupun oleh karena zat-zat kimia seperti penggunaan obat yang berlebihan yang mengandung Phenol Propano Alanin (ppa) yang banyak ditemui dalam obat-obat seperti Decolgen, dan nikotin. Hal seperti inilah yang membedakan antara pengertian penyakit jantung dengan pengertian serangan jantung/gagal jantung.

pengertian serangan jantung

pengertian serangan jantung

Namun perlu diketahui bersama bahwa penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling berbahaya dan sudah banyak menimbulkan kematian kepada penderitanya. Tingginya angka kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung biasanya disebabkan karena kurangnya informasi yang diketahui oleh penderita, sehingga upaya pencegahan penyakit jantung terlambat untuk dilakukan. Tak jarang, si penderita terlambat mengetahui bahwa dia menderita penyakit jantung sehingga terlambat untuk diatasai. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui gejala penyakit jantung agar bisa segera dilakukan upaya pencegahan dan pengobatan penyakit jantung secepatnya.

Setelah membaca artikel ini tentu saja anda sudah mengetahui apa itu pengertian penyakit jantung, dan juga perbedaannya dengan pengertian serangan jantung. Semoga dengan mengetahui informasi mengenai pengertian penyakit jantung ini, anda dan keluarga bisa lebih waspada terhadap setiap kemungkinan terjadinya penyakit jantung.

Loading...