Pengertian dan Gejala Penyakit Lupus

Pengertian dan Gejala Penyakit Lupus. Mungkin sampai saat ini, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui mengenai pengertian penyakit lupus, karena memang penyakit lupus masih sedikit asing bagi masyarakat pada umumnya, jika dibandingkan dengan beberapa jenis penyakit yang biasa diketahui seperti penyakit jantung. Namun faktanya, bahwa penyakit lupus adalah salah satu jenis penyakit yang sangat mematikan, bahkan ada yang menyampaikan bahwa penyakit lupus sama berbahayanya dengan penyakit kanker. Hal ini tentu saja bukan merupakan isapan jempol belaka, karena sedikit pengindap penyakit ini tidak tertolong lagi, di dunia terdeteksi penyandang penyakit Lupus mencapai 5 juta orang, lebih dari 100 ribu kasus baru terjadi setiap tahunnya.

pengertian dan definisi penyakit lupus

pengertian dan definisi penyakit lupus

Definisi dan Pengertian Penyakit Lupus Secara Umum

Apa sebenarnya definisi penyakit lupus? Secara etimologi, kata lupus sendiri yang merupakan bahasa latin memiliki arti “anjing hutan”. Penggunaan istilah lupus sudah dikenal sejak satu abad silam. Pada mulanya penderita penyakit lupus dianggap memiliki kelainan pada kulit, dimana terjadi kemerahan di bagian sekitar hidung dan pipi. Bercak-bercak merah di bagian wajah dan lengan, suhu tubuh yang cukup panas dan munculnya rasa lelah yang berkepanjangan, terjadinya kerontokan rambut, terjadinya pembengkakan pada persendian dan timbul sariawan. Penyakit lupus tidak hanya menyerang kulit, tetapi juga dapat menyerang hampir seluruh organ yang ada di dalam tubuh.

Tanda dan Gejala Penyakit Lupus yang sering terjadi

Tanda dan gejala penyakit lupus. Untuk dapat mengetahui adanya penyakit lupus tentu saja kita perlu untuk mendeteksi tanda dan gejala penyakit lupus sejak dini. Berikut ini adalah tanda dan gejala penyakit lupus yang secara umum sering terjadi dan sangat perlu untuk anda ketahui.

ciri khusus penyakit lupus

ciri khusus penyakit lupus

  1. Gejala penyakit lupus yang sering muncul yaitu penderita akan memiliki gangguan dalam sistem pencernaan, dan kulit tubuh akan menjadi sensifit dan mudah terbakar akibat terkena sinar matahari.
  2. Seseorang bisa dikatakan menderita penyakit lupus jika memiliki gejala umum penyakit lupus yaitu mudah merasa lemah, rasa lelah yang berlebihan walaupun tidak melakukan aktifitas fisik yang berat, mengalamai demam dan badan terasa pegal-pegal.
  3. Tanda awal munculnya penyakit lupus biasanya diawali dengan munculnya ruam merah pada kulit yang biasanya muncul di pipi. Namun pada beberapa kasus, ruam merah yang berbentuk seperti cakram bisa juga muncul di kulit pada seluruh bagian tubuh, menonjol dan kadang-kadang bersisik.

    tanda dan gejala penyakit lupus

    tanda dan gejala penyakit lupus

  4. Terjadinya kondisi anemia yang bisa juga disebabkan oleh sel-sel darah merah yang menjadi hancur karena terkena penyakit lupus ini.
  5. Terjadinya kerontokan rambut secara bertahap dan sering.

Pengertian penyakit lupus menurut para ahli

Dr. Rahmat Gunadi dari Fak. Kedokteran Unpad/RSHS menjelaskan, bahwa pengertian penyakit lupus adalah jenis penyakit yang menyerang sistem imunitas tubuh di mana jaringan dalam tubuh dianggap benda asing. Reaksi sistem imunitas bisa mengenai berbagai sistem organ tubuh seperti jaringan kulit, otot, tulang, ginjal, sistem saraf, sistem kardiovaskuler, paru-paru, lapisan pada paru-paru, hati, sistem pencernaan, mata, otak, maupun pembuluh darah dan sel-sel darah.

Penyakit lupus yang terjadi pada seorang wanita yang sedang dalam masa kehamilan dapat menjadi sangat berbahaya. Penyakit lupus pada wanita hamil dapat menyebabkan terjadinya abortus, dan gangguan pada perkembangan janin dalam kandungan. Bahkan, resiko terburuk adalah terjadinya kematian bayi saat dilahirkan.

Seperti kita ketahui, bahwa tubuh manusia memiliki sistem kekebalan yang berfungsi utnuk menjaga tubuh tetap sehat. Namun dalam kasus penyakit lupus, terjadinya kebalikannya, yaitu kekebalan tubuh justru menyerang organ tubuh yang sehat. Menurut para ahli, penyakit lupus diduga berkaitan erat dengan sistem imunologi yang berlebih. Dalam penyakit lupus, tubuh manusia memproduksi antibodi yang berlebihan sehingga antibodi ini justru menjadi bersifat jahat dan menyerang sel-sel jaringan organ tubuh yang sehat. Kondisi kelebihan antibodi ini dalam dunia kedokteran biasa disebut autoimunitas . Antibodi yang berlebihan ini, bisa masuk ke seluruh jaringan dengan dua cara yaitu :

kondisi autoimunitas penyebab penyakit lupus

kondisi autoimunitas penyebab penyakit lupus

Pertama, antibodi aneh ini bisa langsung menyerang jaringan sel tubuh, seperti pada sel-sel darah merah yang menyebabkan selnya akan hancur. Inilah yang mengakibatkan penderitanya kekurangan sel darah merah atau anemia.

Kedua, antibodi bisa bergabung dengan antigen (zat perangsang pembentukan antibodi) yang kemudian akan membentuk ikatan yang disebut kompleks imun. Gabungan antara antibodi dan antigen ini akan mengalir bersama darah, sampai tersangkut di pembuluh darah kapiler dan akan menyebabkan peradangan. Dalam keadaan normal, kompleks ini akan dibatasi oleh sel-sel radang (fagosit),  namun dalam keadaan yang tidak normal, kompleks ini tidak dapat dibatasi dengan baik. Malah sel-sel radang tadi bertambah banyak sambil mengeluarkan enzim, yang menimbulkan peradangan di sekitar kompleks. Hasilnya, proses peradangan akan berkepanjangan dan akan merusak organ tubuh dan mengganggu fungsinya.

Itulah tadi informasi mengenai pengertian serta tanda dan gejala penyakit lupus yang perlu anda ketahui. Sebagai informasi tambahan, bahwa sampai saat ini, penyakit lupus termasuk jenis penyakit yang susah untuk disembhukan secara total, sehingga proses pengobatan penyakit lupus hanya untuk memperlambat / menunda proses perkembangan penyakit lupus itu sendiri. Jika anda merasa informasi tentang pengertian dan gejala penyakit lupus ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan kepada kerabat anda.

Loading...