Pemicu dan Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri

Pemicu dan Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri. Jika pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kanan, maka kali ini akan dibahas mengenai apa saja faktor yang menjadi pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kiri. Banyak orang beranggapan bahwa ketika mengalami nyeri dada adalah tanda dan gejala penyakit jantung, atau bahkan gejala serangan jantung. Pada kasus nyeri dada sebelah kiri, hal ini adalah benar, bahwa salah satu penyebab terjadinya rasa sakit dan nyeri dada sebelah kiri adalah penyakit jantung. Namun selain akibat penyakit jantung yang di derita, ternyata nyeri dada sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh faktor lain. Dalam dunia medis, nyeri dada sebelah kiri memang langsung terkait dengan kesehatan jantung. Khusus untuk nyeri dada sebelah kiri yang langsung terkait dengan gejala sakit jantung biasa disebut dengan cardiac pain. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai faktor pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kiri yang tentu saja perlu anda ketahui.

jenis penyakit yang menjadi pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kiri yang berbahaya bagi kesehatan

jenis penyakit yang menjadi pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kiri yang berbahaya bagi kesehatan

Jenis Penyakit yang Menjadi Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri

Jika dilihat dari anatomi tubuh manusia, maka pada dada sebelah kiri terdapat beberapa organ vital yang menunjang kehidupan, salah satunya adalah jantung. Selain jantung, organ vital yang juga menjadi pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kiri adalah paru-paru, lambung, saluran pencernaan, serta otot dan tulang. Berikut ini penjelasan mengenai beberapa jenis penyakit yang bisa menjadi pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kiri.

Hubungan Penyakit Jantung dan Nyeri Dada Sebelah Kiri

Dari beberapa jenis penyakit jantung yang sering terjadi, terdapat 2 jenis penyakit jantung yang paling sering menjadi pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kiri. Jenis penyakit jantung tersebut adalah angina pectoris dan serangan jantung. Semua jenis penyakit jantung adalah penyakit yang berbahaya dan dapat mengancam nyawa penderitanya, oleh karena itu perlu dilakukan penanganan dengan cepat dan tepat ketika mengalami salah satu jenis penyakit jantung tersebut.

  • Angina Pektoris

Angina Pektoris adalah jenis penyakit jantung yang biasa disebut dengan coronary artery disease. Maksudnya adalah bahwa jenis penyakit ini timbul karena adanya penyempitan pembuluh darah koroner yang berfungsi menyalurkan darah ke organ jantung. Jika ternyata terjadi penyempitan pembuluh darah koroner, maka jantung akan mengalami kekurangan oksigen dan dapat mengakibatkan terjadinya sakit dan nyeri dada sebelah kiri. Ciri khusus dan gejala dari angina pectoris adalah rasa nyeri yang timbul pada saat beraktivitas berat, misalnya bermain sepakbola, naik tangga dan bermain tenis; serta nyeri akan menghilang dan membaik bila penderita beristirahat. Karakteristik nyeri dada sebelah kiri akibat angina pektoris ini adalah dada terasa seperti ditekan, dihimpit, atau ditindih benda berat. Pada beberapa kasus nyeri dada yang timbul dapat menjalar ke lengan, pundak, punggung, dan rahang sebelah kiri.

Angina Pektoris adalah jenis penyakit jantung yang dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri karena penyempitan pembuluh darah koroner

Angina Pektoris adalah jenis penyakit jantung yang dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri karena penyempitan pembuluh darah koroner

  • Serangan Jantung

Myocard Infarct atau serangan jantung adalah jenis penyakit jantung lainnya yang dapat menjadi pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kiri yang perlu untuk diwaspadai. Serangan jantung sebenarnya mirip dengan angina pectoris, yang membedakan adalah tingkat resiko dan juga kerusakan organ jantung yang diakibatkannya. Pada serangan jantung, penyempitan pembuluh darah koroner sudah sampai pada tahap yang sangat berbahaya, yaitu sampai pada angka 90%, atau bahkan pembuluh darah koroner sudah tersumbat sepenuhnya. Terjadinya penyempitan pembuluh darah diakibatkan oleh timbunan kolesterol, pengaruh zat nikoten pada rokok, serta karena adanya aktivitas fisik berat. Sementara itu, penyumbatan pembuluh darah disebabkan oleh pecahnya gumpalan kolesterol yang akhirnya menyebabkan pembuluh darah tersumbat. Terjadinya serangan jantung menandakan bahwa jantung sudah benar-benar kehilangan oksigen dan harus segera mendapatkan penanganan medis yang tepat. Ciri khusus dan gejala serangan jantung adalah munculnya nyeri dada sebelah kiri sama halnya dengan angina pektoris (namun tidak membaik bila istirahat), dan nyeri dada terasa sangat berat. Selain itu pada orang yang mengalami serangan jantung juga disertai dengan keringat dingin, rasa mual, dan sesak napas.

timbulnya sakit dan nyeri dada sebelah kiri bisa jadi tanda dan gejala serangan jantung karena tersumbatnya pembuluh darah koroner

timbulnya sakit dan nyeri dada sebelah kiri bisa jadi tanda dan gejala serangan jantung karena tersumbatnya pembuluh darah koroner

  • Jenis Penyakit Jantung Lainnya

Selain 2 jenis penyakit jantung tersebut, ternyata terdapat juga jenis peyakit jantung lainnya yang bisa menjadi pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kiri. Beberapa diantaranya adalah perikarditis, penyakit katup jantung, kardiomiopati dan miokarditis.

Jenis Penyakit Lain yang Menyebabkan Nyeri Dada Sebelah Kiri

Seperti sudah disebutkan diatas, bahwa bukan hanya penyakit jantung yang menjadi faktor pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kiri, masih ada beberapa jenis penyakit lainnya yang juga bisa menyebabkan kondisi tersebut. Cara untuk mengetahui secara tepat mengenai pemicu dan penyebab terjadinya nyeri dada sebelah kiri adalah dengan memahami ciri khusus dan karakteristik yang muncul saat terjadinya nyeri dada sebelah kiri.

  • Penyakit GERD

Penyakit GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease adalah jenis penyakit yang terjadi karena naiknya asam lambung ke dalam kerongkongan. Asam lambung merupakan zat yang iritatif dan dapat menimbulkan radang pada saluran kerongkongan. Penyakit GERD dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri dengan ciri khusus dada terasa panas dan terbakar. Nyeri dada sebelah kanan yang disebabkan oleh GERD pada umumnya akan hilang dengan sendirinya ketika dalam posisi berdiri maupun duduk tegak. Sebaliknya, nyeri dada sebelah kiri ini akan menjadi lebih parah jika dalam posisi berbaring dan juga saat menarik napas yang dalam. Nyeri dada sebelah kiri yang diakibatkan karena naiknya asam lambung ke dalam kerongokongan ini tidak akan menjalar ke bagian tubuh lainnya.

penyakit GERD atau gastroesophageal reflux disease karena naiknya asam lambung ke saluran kerongkongan dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri

penyakit GERD atau gastroesophageal reflux disease karena naiknya asam lambung ke saluran kerongkongan dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri

  • Penyakit Maag

Penyakit maag adalah salah satu jenis penyakit yang paling banyak dialami oleh masyarakat. Namun pada kasus penyakit maag akut, dapat juga menjadi pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kiri. Maag akut yang terjadi karena adanya iritasi dinding lambung karena asam lambung ini juga dapat menyebabkan nyeri pada ulu hati. Nyeri dada sebelah kiri yang diakibatkan oleh maag akut dapat berkurang dan hilang jika diberikan obat maag yang memiliki kandungan antasida.

nyeri dada sebelah kiri bisa disebabkan oleh maag akut karena adanya iritasi pada lambung

nyeri dada sebelah kiri bisa disebabkan oleh maag akut karena adanya iritasi pada lambung

  • Penyakit Pneumothoraks

Jenis penyakit yang juga bisa menjadi pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kiri adalah penyakit pneumothoraks. Penyakit ini adalah jenis penyakit yang menyerang organ paru-paru. Definisi dan pengertian pneumothoraks secara umum adalah fenomena pecahnya salah satu atau lebih kantung udara (alveolus) di paru-paru. Kondisi tersebut dapat menyebabkan rasa nyeri dada sebelah kiri dan sesak napas yang cukup hebat. Pneumothoraks umumnya biasa terjadi pada orangtua dengan penyakit bronkitis karena kebiasaan merokok. Selain itu pneumothoraks juga bisa terjadi pada orang yang baru mengalami kecelakaan.

Pneumothoraks karena pecahnya keping udara (alveolus) pada paru-paru dapat memicu terjadinya nyeri dada sebelah kiri

Pneumothoraks karena pecahnya keping udara (alveolus) pada paru-paru dapat memicu terjadinya nyeri dada sebelah kiri

  • Penyakit Asma

Penyakit asma identik dengan gejala sesak napas, namun selain itu ternyata asma juga bisa menjadi pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kiri. Ciri khusus dan gejala penyakit asma adalah sesak napas yang terjadi pada malam hari atau bila terpapar dengan zat yang membuat alergi (misalnya debu), bunyi mengi saat membuang napas, batuk dengan dahak yang kental.

sesak napas karena asma dapat memicu terjadinya nyeri dada sebelah kiri yang membuat dada sesak dan berat

sesak napas karena asma dapat memicu terjadinya nyeri dada sebelah kiri yang membuat dada sesak dan berat

Itulah tadi informasi seputar kesehatan tentang beberapa pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kiri yang perlu anda ketahui. Dari penjelasan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor utama yang bisa menyebabkan terjadinya nyeri dada pada sebelah kiri adalah karena beberapa jenis penyakit jantung yang berbahaya. Oleh sebab itu, jika anda mengalami nyeri dada sebelah kiri, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan medis yang cepat dan tepat guna menghindari resiko yang lebih buruk. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua, dan jangan lupa untuk membagikan artikel kesehatan tentang pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kiri ini kepada orang disekitar anda.

Loading...