Pemicu dan Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan

Pemicu dan Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan. Timbulnya rasa sakit dan nyeri dada kadang membuat kita merasa panik dan khawatir. Khusus pada nyeri dada sebelah kanan, kekhawatiran muncul karena hal ini kerap diakitkan dengan masalah kesehatan yang serius, seperti gejala sakit jantung atau bahkan serangan jantung. Namun jika anda mengalami sakit dan nyeri dada sebelah kanan, hal tersebut belum pasti sebagai tanda awal sakit jantung, karena banyak faktor yang menjadi pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kanan. Sebagai informasi untuk anda, bahwa letak organ jantung ada pada dada sebelah kiri, sehingga jika anda mengalami sakit dan nyeri dada sebelah kanan, maka kekhawatiran anda akan adanya penyakit jantung bisa dihilangkan. Meskipun munculnya rasa sakit dan nyeri dada sebelah kanan tidak berhubungan langsung dengan penyakit jantung, namun anda tetap perlu waspada jika anda mengalami masalah ini. Munculnya rasa sakit dan nyeri dada sebelah kanan secara tiba-tiba dan menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan bisa jadi tanda dan gejala penyakit serius dalam tubuh anda. Oleh karena itu, kali ini akan dibahas mengenai apa saja faktor pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kanan yang perlu anda ketahui.

apa faktor pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kanan selain gejala serangan jantung

apa faktor pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kanan selain gejala serangan jantung

Penyebab Rasa Sakit dan Nyeri Dada Sebelah Kanan Secara Umum

Seperti sudah dibahas sebelumnya, bahwa rasa sakit dan nyeri dada sebelah kanan bukanlah gejala penyakit jantung yang seperti anda khawatirkan. Meskipun begitu, anda tidak bisa menganggap remeh nyeri pada dada sebelah kanan tersebut, karena bisa jadi hal tersebut adalah tanda dan gejala suatu jenis penyakit dan masalah kesehatan yang sedang anda alami. Berikut ini adalah beberapa pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kanan secara umum yang perlu anda ketahui.

Nyeri Dada Sebelah Kanan Gejala Radang Selaput Perut

Jika anda mengalami rasa sakit yang tiba-tiba dan nyeri dada sebelah kanan, bisa jadi itu adalah gejala radang selaput perut yang menyerang anda. Radang selaput perut atau dalam bahasa medis disebut gastritis adalah salah satu pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kanan atas. Radang selaput perut biasanya terjadi karena terlalu banyak minum minuman yang mengandung alkohol, dan kadang juga terjadi pada orang yang berpuasa seharian. Rasa sakit pada perut yang diakibatkan terjadinya radang selaput perut ini dapat memicu terjadinya nyeri dada sebelah kanan atas.

terjadinya radang selaput perut dapat memicu munculnya rasa sakit dan nyeri pada dada sebelah kanan

terjadinya radang selaput perut dapat memicu munculnya rasa sakit dan nyeri pada dada sebelah kanan

Gangguan Kandung Empedu Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan

Penyebab nyeri dada sebelah kanan berikutnya adalah terjadinya gangguan pada kandung empedu dalam tubuh kita. Gangguan kandung empedu terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak. Selain itu, terganggunya fungsi kandung empedu juga bisa disebabkan oleh tertahannya batu empedu dalam saluran empedu. Jika hal ini terjadi, maka tubuh kita akan merasakan sakit dan menimbulkan rasa nyeri pada dada sebelah kanan.

Radang Pleura Menyebabkan Nyeri Dada Sebelah Kanan

Dibandingkan dengan organ dalam lainnya, pleura memang terdengar sedikit asing. Anda perlu mengetahui bahwa Pleura adalah sebuah jaringan yang terletak pada sekeliling paru-paru. Jika terjadi gangguan pada pleura, atau bahkan terjadi peradangan pada pleura, makan akan mengakibatkan timbulnya rasa nyeri pada dada sebelah kanan anda. Ciri khusus nyeri dada sebelah kanan yang diakibatkan oleh radang pleura adalah nyeri saat batuk ataupun menarik napas dalam-dalam.

peradangan pada jaringan pleura disekitar paru-paru dapat menjadi penyebab nyeri dada sebelah kanan atas

peradangan pada jaringan pleura disekitar paru-paru dapat menjadi penyebab nyeri dada sebelah kanan atas

Nyeri Dada Sebelah Kanan Karena Infeksi Virus

Hal lain yang perlu anda ketahui juga, bahwa terjadinya infeksi virus dalam tubuh juga bisa menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada dada sebelah kanan. Jika rasa sakit dan nyeri dada sebelah kanan yang anda alami adalah karena terjadinya infeksi virus, maka anda harus terlebih dahulu melakukan pengobatan terhadap infeksi virus tersebut. Contoh infeksi virus yang bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kanan adalah virus influenza. Mengingat penyebab nyeri dada ini adalah infeksi virus, maka jika infeksi yang terjadi sudah berhasil disembuhkan, maka nyeri dada sebelah kanan yang anda alami juga akan ikut hilang.

Gangguan Saluran Pencernaan Pemicu Terjadinya Nyeri Dada Sebelah Kanan

Jika anda mengalami masalah pada saluran pencernaan anda, maka bisa jadi anda juga akan mengalami nyeri dada sebelah kanan. Pada saat terjadin gangguan pada saluran pencernaan, maka bagian tubuh lain seperti kerongkongan dan dada juga akan terkena dampaknya. Nyeri dada sebelah kanan yang disebabkan karena gangguan saluran pencernaan ini terjadi saat dada mengalami penyempitan sebagai akibat dari saluran pencernaan yang terganggu. Jika masalah ini tidak ditangani dengan segera, maka dapat mengakibatkan masalah lain seperti terjadinya penyakit tipes yang menyebabkan infeksi pada usus.

Radang Hati Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan

Faktor pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kanan yang terakhir adalah karena terjadinnya radang hati. Radang hati yang sudah kronis dapat mengakibatkan dampak buruk lainnya bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter ketika mengalami nyeri dada sebelah kanan yang diakibatkan oleh terjadinya peradangan pada organ hati ini.

penyakit radang hati dapat menjadi pemicu dan penyebab sakit dan nyeri dada sebelah kanan

penyakit radang hati dapat menjadi pemicu dan penyebab sakit dan nyeri dada sebelah kanan

Itulah tadi informasi seputar kesehatan tentang pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kanan. Kembali mengingatkan kepada anda, bahwa timbulnya rasa nyeri dada sebelah kanan tidak ada hubungan secara langsung dengan penyakit jantung, atau bahkan sebagai gejala serangan jantung. Walaupun begitu, rasa nyeri yang muncul pada dada sebelah kanan juga perlu anda waspadai. Disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat ketika adan mengalami masalah tersebut. Dengan mengetahui apa saja pemicu dan penyebab nyeri dada sebelah kanan, maka anda akan dapat melakukan langkah pengobatan yang tepat.

Loading...