Mewaspadai Tanda dan Gejala Penyakit Asma

Mewaspadai Tanda dan Gejala Penyakit Asma. Dalam pemaparan artikel kali ini, kita akan membahas mengenai tanda dan gejala penyakit asma. Ada banyak sekali tanda-tanda serta gejala-gejala penyakit asma. Namun sebelum memaparkan hal-hal tersebut, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian dan definisi dari penyakit asma. Pengertian sederhana dari penyakit asma adalah suatu jenis penyakit gangguan pernapasan yang terkhusus pada paru-paru. Kemudian untuk lebih spesifiknya, kita perlu mengetahui definisi penyakit asma secara ilmiah. Definisi penyakit asma secara ilmiah merupakan penyakit radang kronik pada saluran pernapasan yang menyebabkan adanya peningkatan hiperesponsif pada jalannya pernapasan yang menyebabkan gejala episodik berulang seperti keluarnya bunyi “ngik-ngik” dari mulut, batuk batuk (terutama saat malam), dan dada terasa berat.

mengenali tanda dan gejala penyakit asma

mengenali tanda dan gejala penyakit asma

Tanda dan Gejala Penyakit Asma Secara Umum

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai tanda dan gejala penyakit asma. Pertama-tama, kita akan membahas mengenai tanda-tanda yang menunjukkan seseorang terindikasi mengidap penyakit asma. Tanda yang pertama dan paling utama adalah sesak napas yang dialami seseorang secara tiba-tiba. Jika anda atau anggota keluarga anda mengalami hal ini, maka sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk diperiksa. Selanjutnya, anda perlu untuk mengetahui riwayat kesehatan keluarga anda. Apakah ada anggota keluarga dekat anda yang mengidap penyakit asma. Jika ada, maka besar kemungkinan bahwa anda atau anggota keluarga yang lain juga mengidap penyakit asma. Hal yang terbaik untuk memastikannya adalah dengan bertanya kepada dokter. Anda atau anggota keluarga anda akan di tes fungsi paru-paru dan juga tes pernapasan untuk mengetahui apakah anda terkena penyakit asma. Hasil pemeriksaan rontgen lah yang akan menjadi tanda dan gejala penyakit asma yang jelas yang mengidentifikasikan anda terkena penyakit asma atau tidak.

tanda dan gejala awal penyakit asma yang perlu diwaspadai

tanda dan gejala awal penyakit asma yang perlu diwaspadai

Kita lanjutkan kembali dengan pembahasan tanda dan gejala penyakit asma. Kali ini kita akan membahas gejala-gejala yang timbul selain tanda utama yang sudah dipaparkan sebelumnya. Gejala-gelaja dari penyakit asma adalah:

  • Ketika seorang penderita asma bernapas, kita dapat mendengar bunyi-bunyi tertentu keluar dari mulutnya. Ada orang yang mengatakan bahwa bunyi tersebut adalah bunyi wheezing, ada yang mengatakan bunyi tersebut adalah mengi, dan ada juga yang mengatakan bengek.
  • Sesak napas yang dirasakan semakin sering dan semakin lama
  • Batuk-batuk yang semakin sering terjadi terutama ketika malam hari atau ketika cuaca sedang terasa dingin.
  • Dada terasa sempit dan terhimpit.
  • Kesulitan berbicara dan mengatur ritme pernapasan.

    sesak nafas merupakan tanda dan gejala penyakit asma

    sesak nafas merupakan tanda dan gejala penyakit asma

Hal-hal diatas merupakan tanda dan gejala penyakit asma. Penting untuk diketahu bahwa setiap orang beresiko terkena penyakit asma. Orang yang memiliki keturunan atau anggota keluarga yang mengidap penyakit asma memiliki resiko lebih tinggi untuk mengidap penyakit asma juga. Yang cukup membahayakan jika penyakit asma diderita oleh balita. Tentu itu akan sangat menyakitkan untuk balita dan tentu penanganannya akan lebih sulit. Untuk itu, penting untuk memperhatikan tentang tanda dan gejala penyakit asma.

Loading...