Mengetahui Penyebab Penyakit Asma Sejak Dini

Mengetahui Penyebab Penyakit Asma Sejak Dini. Dalam pembahasan artikel kali ini, kita akan membahas mengenai penyebab penyakit asma. Namun sebelum membahas mengenai penyebab penyakit asma, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian dari penyakit asma. Pengertian sederhana dari penyakit asma adalah suatu jenis penyakit gangguan pernapasan yang terkhusus pada paru-paru. Kemudian untuk lebih spesifiknya, kita perlu mengetahui definisi penyakit asma secara ilmiah. Definisi penyakit asma secara ilmiah merupakan penyakit radang kronik pada saluran pernapasan yang menyebabkan adanya peningkatan hiperesponsif pada jalannya pernapasan yang menyebabkan gejala episodik berulang seperti keluarnya bunyi “ngik-ngik” dari mulut, batuk batuk (terutama saat malam), dan dada terasa berat.

apa yang menyebabkan penyakit asma

apa yang menyebabkan penyakit asma

Beberapa Faktor Pemicu dan Penyebab Penyakit Asma

Sekarang, kita bisa mulai membahas mengenai penyebab penyakit asma. Sama seperti penyebab penyakit lain, pada dasarnya, ada dua macam faktor yang bisa menyebabkan suatu penyakit. Dua faktor tersebut merupakan faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal maksudnya adalah penyebab penyakit asma yang berasal dari dalam tubuh. Sedangkan faktor eksternal maksudnya adalah penyebab penyakit asma yang berasal dari luar tubuh kita. Pertama-tama, akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai penyebab penyakit asma yang berasal dari dalam tubuh atau faktor internalnya. Umumnya, penyakit yang disebabkan tubuh kita sendiri maksudnya disebabkan oleh gen yang ada di tubuh kita. Gen ini menunjukkan sifat bawaan seseorang. Artinya, penyakit yang ada di tubuhnya, ada dengan sendirinya karena bawaan tadi.

Maksud dari bawaan tersebut adalah penyakit asma yang diderita seseorang, ia bawa dari orangtuanya. Ini berarti menunjukkan bahwa penyebab penyakit asma dari dalam tubuh merupakan keturunan atau penyakit bawaan. Memang sudah banyak kasus terjadi dimana seorang anak lahir dengan membawa penyakit asma dari salah satu orangtuanya.Untuk itu, perlu bagi semua orangtua untuk memperhatikan penyakit-penyakit apa saja yang ada pada dirinya. Kemudian berusaha sebisa mungkin untuk menyembukannya. Hal ini supaya mencegah penyakit kita menurun pada anak-anak kita.

faktor penyebab penyakit asma yang utama

faktor penyebab penyakit asma yang utama

Selanjutnya adalah penyebab penyakit asma yang berasal dari luar tubuh. Ada tiga hal yang menyebabkan seseorang terkena penyakit asa. Tiga hal tersebut ialah:

  • Lingkungan

Faktor lingkungan yang dimaksud misalkan saja lingkungan tempat tinggal atau tempat bermainnya kotor, berdebu, dan semisalnya. Atau bisa jadi ada bulu-bulu dari hewan seperti kucing dan anjing. Hal-hal tersebut bisa memicu terjadinya asma. Hal lain yang juga sering meyebabkan penyakit asma adalah alergi terhadap suatu makanan atau benda.

  • Makanan dan Minuman

Minuman dan makanan yang tidak sehat dan tidak bersih dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit asma.

makanan tidak sehat penyebab penyakit asma

makanan tidak sehat penyebab penyakit asma

  • Udara Dingin

Banyak kasus terjadi dimana penyakit asma disebabkan oleh kebiasaan seseorang yang terlalu sering berada di ruangan ber-AC. Selain itu, terlalu sering bepergian malam naik motor dan tanpa menggunakan jaket juga merupakan salah satu penyebab penyakit asma yang dapat menyebabkan penyakit paru-paru basah pula.

Demikianlah pembahasan mengenai faktor penyebab penyakit asma yang perlu anda ketahui. Dengan mengetahui apa saja faktor utama penyebab penyakit asma, maka anda dapat mencegah terjadinya jenis penyakit gangguan pernapasan ini sejak dini.

Loading...