Mengetahui Definisi dan Pengertian Bakteri

Mengetahui Definisi dan Pengertian Bakteri. Ketika kita membicarakan tentang kesehatan, maka kita pasti pernah mendengar tentang bakteri. Beberapa penyakit yang dialami oleh manusia disebabkan oleh bakteri seperti penyakit tipes. Oleh karena itu perlu bagi anda untuk mengetahui seluk beluk tentang bakteri itu sendiri mulai dari definisi dan pengertian bakteri, ciri-ciri bakteri, serta dampak buruk bakteri bagi kesehatan manusia. Definisi dan pengertian bakteri adalah suatu organisme yang jumlahnya paling banyak dan tersebar luas dibandingkan dengan organisme lainnya di bumi. Pada umumnya bakteri merupakan organisme uniseluler (bersel tunggal), prokariota/prokariot, tidak mengandung klorofil, serta berukuran mikroskopik (sangat kecil). Jika dilihat secara etimologi, kata bakteri berasal dari bahasa latin yaitu bacterium. Dalam ilmu biologi dipelajari bahwa bakteri memiliki jumlah spesies mencapai ratusan ribu atau bahkan lebih. Bakteri dapat hidup diberbagai tempat dan kondisi, misalnya di tanah, air, bahkan hidup di organisme lainnya. Proses pertumbuhan bakteri melalui peningkatan jumlah sel dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diataranya adalah tingkat keasaman (ph), suhu temperatur, kandungan garam, sumber nutrisi, zat kimia dan zat sisa metabolisme. Itulah tadi definisi dan pengertian bakteri yang perlu anda ketahui, untuk selanjutnya akan dibahas mengenai ciri-ciri bakteri secara umum.

gambar bakteri - definisi dan pengertian bakteri secara umum yang perlu diketahui

gambar bakteri – definisi dan pengertian bakteri secara umum yang perlu diketahui

Ciri-ciri bakteri secara umum

Seperti sudah dijelaskan diatas, bahwa bakteri adalah jenis organisme yang tentu saja memiliki ciri-ciri khusus yang membedakan dengan organisme lainnya. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri bakteri yang perlu anda ketahui untuk memudahkan mengidentifikasi jenis organisme ini.

  • Secara umum bakteri tidak memiliki klorofil
  • Bakteri hidup sebagai parasit atau patogen
  • Bakteri memiliki bentuk yang beraneka ragam
  • Bakteri biasa disebut micro organisme karena ukuran yang kecil rata-rata 1 s/d 5 mikron
  • Bakteri tidak memiliki membran inti sel / prokariot
  • Kebanyakan bakteri hanya memiliki satu sel ( Uniseluler )
  • Bakteri yang hidup di lingkungan ekstrim tidak memiliki kandungan peptidoglikan pada dinding selnya, sedangkan pada lingkungan kosmopolit mengandung peptidoglikan

    ciri-ciri bakteri dan struktur sel bakteri

    ciri-ciri bakteri dan struktur sel bakteri

Dampak buruk bakteri sebagai parasit (patogen) yang merugikan

Bakteri merupakan micro organisme yang hidup sebagai parasit (patogen) yang sering menyebabkan dampak buruk bagi kehidupan manusia. Berikut ini adalah beberapa dampak buruk bakteri yang merugikan.

  • Bakteri menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya penyakit pada manusia dan mahluk hidup lainnya (bakteri parasit/patogen)
  • Membusukkan makanan yang kita miliki
  • Merusak tanaman dengan serangan penyakit yang merugikan (bakteri parasit/patogen)
  • Menimbulkan bau yang tidak sedap hasil aktivitas pembusukan
  • Membuat tubuh manusia kotor dipenuhi bakteri yang mengakibatkan bau badan

Manfaat/Kegunaan Bakteri Yang Menguntungkan Bagi Kehidupan

Walaupun bakteri lebih dikenal sebagai organisme yang merugikan, namun ternyata bakteri juga memiliki manfaat atau kegunaan yang menguntungkan khususnya bagi kehidupan secara umum. Apa saja manfaat dan kegunaan bakteri? Berikut penjelasannya.

  • Membantu menyuburkan tanah dengan menghasilkan nitrat
  • Pengurai sisa makhluk hidup dengan pembusukan
  • Fermentasi dalam pembuatan makanan dan minuman
  • Penghasil obat-obatan seperti antibiotik
  • Mengurai sampah untuk menghasilkan energi
  • Membantu dalam pembuatan zat-zat kimia, dll

Jenis-jenis bakteri

Ada banyak sekali jenis bakteri yang hidup sekitar kita. Jenis bakteri secara umum dibedakan berdasarkan 2 parameter, yaitu terkait cara memperoleh makanan, dan cara memperoleh oksigen. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis bakteri berdasarkan kriteria tersebut.

Jenis bakteri berdasarkan cara memperoleh makanan

  • Bakteri Heterotrof: bakteri heterotrof adalah bakteri yang makanannya berupa senyawa organik dari organisme lain. Bakteri heterotrof terbagi menjadi bakteri saprofit dan bakteri parasit.
  • Bakteri Autotrof: bakteri autotrof adalah bakteri yang mampu membuat makanannya sendiri. Bakteri autotrof dibedakan dalam dua kelompok berdasarkan asal energi untuk mensintesis makanannya, yaitu bakteri fotoautotrof dan bakteri kemoautotrof.

    ilmu biologi tentang klasifikasi dan jenis-jenis bakteri

    ilmu biologi tentang klasifikasi dan jenis-jenis bakteri

Jenis bakteri berdasarkan cara memperoleh oksigen

  • Bakteri Aerob: Bakteri aerob adalah bakteri yang membutuhkan oksigen bebas untuk memperoleh energinya. Contoh bakteri aerob adalah Nitrosomonas, Nitrosococcus, dan Nitrobacter.
  • Bakteri Anaerob: bakteri anaerob adalah bakteri yang tidak membutuhkan oksigen bebas untuk memperoleh energinya. Energi diperoleh dari proses perombakan senyawa organik tanpa menggunakan oksigen yang disebut fermentasi. Bakteri anaerob dibedakan menjadi anaerob obligat dan anaerob fakultatif.

Itulah tadi informasi yang perlu anda ketahui tentang definisi dan pengertian bakteri, serta ciri-ciri dan jenis bakteri. Bakteri memang sering menjadi penyebab berbagai penyakit yang dialami oleh manusia, namun ternyata bakteri juga memiliki manfaat atau kegunaan bagi kehidupan secara umum. Dengan mengetahui segala informasi tentang bakteri, diharapkan kita menjadi lebih waspada dan selalu menjaga kondisi kesehatan kita serta kebersihan lingkungan tempat tinggal kita supaya tidak menjadi sarang bakteri yang dapat menyebabkan penyakit ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda, dan jangan lupa bagikan artikel tentang definisi dan pengertian bakteri ini kepada orang disekitar anda.

Loading...