Mengetahui Ciri dan Tanda Kehamilan Bayi Laki-Laki

Mengetahui Ciri dan Tanda Kehamilan Bayi Laki-Laki. Berdasarkan fakta dilapangan, banyak calon orang tua yang menginginkan untuk memilki bayi laki-laki dibandingkan dengan bayi perempuan. Keinginan untuk memiliki bayi laki-laki tidak terlepas dari pengaruh budaya yang ada. Khususnya di Indonesia yang kaya akan budaya dan suku, memiliki bayi laki-laki adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Sebagai contohnya yang terjadi pada suku Batak. Memiliki bayi laki-laki bagi orang suku Batak adalah sebuah anugerah, dimana bayi laki-laki kelak akan meneruskan nama (marga) keluarga. Secara umum kehadiran bayi laki-laki sangat diharapkan khususnya pada kehamilan pertama, walaupun juga ada yang tetap menginginkan memiliki bayi laki-laki mesti anak pertama sudah berjenis kelamin laki-laki. Kondisi seperti inilah yang kadang membuat pasangan suami istri penasaran akan jenis kelamin bayi yang sedang dikandung. Oleh karena itu banyak ibu hamil yang ingin mengetahui ciri dan tanda kehamilan bayi laki-laki. Banyak cara yang bisa digunakan untuk mengetahui jenis kelamin bayi dalam kandungan, yang paling umum digunakan adalah dengan melakukan pemeriksaan USG (Ultrasonography). Teknologi medis yang digunakan dalam USG memungkinkan untuk mengetahui jenis kelamin bayi dalam kandungan, walaupun terkadang juga hasil yang didapatkan dari tes USG ini tidak akurat. Posisi janin dalam kandungan menjadi salah satu faktor penyebab hasil USG tidak akurat.

apa saja ciri dan tanda kehamilan bayi laki-laki dilihat dari perubahan fisik ibu hamil

apa saja ciri dan tanda kehamilan bayi laki-laki dilihat dari perubahan fisik ibu hamil

Selain dengan pemeriksaan medis (USG), bagi ibu hamil yang penasaran dengan jenis kelamin bayi yang sedang dikandung juga bisa menggunakan cara-cara alami. Ciri dan tanda-tanda khusus selama masa kehamilan bisa menjadi acuan untuk mengetahui jenis kelamin bayi yang sedang dikandung. Perubahan fisik ibu hamil selama masa kehamilan, serta beberapa perilaku khusus bisa jadi adalah ciri dan tanda kehamilan bayi laki-laki. Bagi ibu yang penasaran dengan jenis kelamin bayi yang sedang dikandung, namun belum sempat untuk melakukan pemeriksaan USG, cara untuk mengetahui ciri dan tanda kehamilan bayi laki-laki secara alami berikut ini bisa untuk dicoba.

Ciri dan Tanda Ibu Hamil Bayi Laki-Laki

  • Posisi Perut Ibu Hamil

Banyak masyarakat yang percaya bahwa posisi perut ibu hamil selama masa kehamilan dapat menjadi ciri dan tanda kehamilan bayi laki-laki. Secara khusus jika selama masa kehamilan posisi perut ibu hamil ada di bagian bawah, maka dipercaya bayi yang sedang dikandung berjenis kelamin laki-laki. Menggunakan posisi perut ibu hamil selama masa kehamilan sebagai acuan untuk mengetahui jenis kelamin bayi banyak dilakukan oleh masyarakat. Namun tentu saja keakuratan dari cara ini masih perlu diteliti kembali, karena posisi perut ibu hamil juga dapat dipengaruhi oleh usia kehamilan yang sedang berlangsung. Tidak ada salahnya jika ibu hamil mencoba untuk memeriksa kembali posisi perut, apakah dibawah atau diatas. Jika posisi berut dibawah, bisa jadi bayi yang sedang dikandung adalah bayi laki-laki.

posisi perut ibu hamil di bagian bawah bisa menjadi ciri dan tanda kehamilan bayi laki-laki

posisi perut ibu hamil di bagian bawah bisa menjadi ciri dan tanda kehamilan bayi laki-laki

  • Jerawat Pada Ibu Hamil

Perubahan fisik ibu hamil lainnya yang juga banyak dijadikan acuan untuk mengetahui ciri dan tanda kehamilan bayi laki-laki adalah timbulnya jerawat selama masa kehamilan. Jerawat pada ibu hamil memang sering dikaitkan dengan jenis kelamin bayi yang sedang dikandung. Namun apakah tanda fisik ini akurat? Tentu saja tidak ada yang bisa menjamin bahwa ketika dalam masa kehamilan timbul jerawat pada ibu hamil adalah pertanda bahwa bayi yang dikandung berjenis kelamin laki-laki. Hal ini terkait dengan perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil selama masa kehamilan yang membuat banyak calon ibu muda berjerawat. Namun anda tetap bisa mencoba untuk memeriksa apakah selama masa kehamilan yang anda jalani muncul jerawat atau tidak, jika iya bisa jadi anda sedang mengandung bayi laki-laki.

wajah berjerawat saat hamil bisa jadi ciri dan tanda kehamilan anak laki-laki

wajah berjerawat saat hamil bisa jadi ciri dan tanda kehamilan anak laki-laki

  • Warna Urine Ibu Hamil

Ciri dan tanda kehamilan bayi laki-laki juga bisa diketahui lewat warna urine yang terlihat lebih gelap dan  berwarna lebih kuning. Walaupun begitu, tidak sedikit juga yang menganggap bahwa warna urine merupakan tanda kehamilan anak laki-laki hanyalah mitos belaka. Hal ini terkait dengan warna urine yang lebih dipengaruhi oleh tingkat hidrasi ibu hamil yang sedang mengandung. Jika ibu hamil kurang minum maka dapat mengakibatkan kurangnya cairan dalam tubuh selama masa kehamilan yang berakibat pada warna urine yang menjadi lebih gelap. Namun yang perlu menjadi catatan adalah bahwa selama masa kehamilan ibu hamil tidak boleh mengalami dehidrasi, oleh karena itu perlu mengkonsumsi banyak cairan misalnya dengan minuman sehat ibu hamil.

warna urine yang terlihat gelap pada ibu hamil bisa jadi ciri dan tanda kehamilan anak laki-laki

warna urine yang terlihat gelap pada ibu hamil bisa jadi ciri dan tanda kehamilan anak laki-laki

  • Ukuran Payudara Ibu Hamil Membesar

Selama masa kehamilan, hampir semua ibu hamil mendapati bahwa ukuran payudara mereka membesar dibandingkan dengan kondisi normal. Perubahan fisik payudara yang menjadi lebih besar selama masa kehamilan ini adalah hal yang normal, mengingat proses alami yang terjadi dimana tubuh sedang mempersiapkan dan memproduksi ASI sebagai sumber makanan bayi setelah dilahirkan. Namun tidak sedikit pula masyarakat yang percaya bahwa ukuran payudara ibu hamil yang membesar merupakan ciri dan tanda kehamilan bayi laki-laki. Dan jika Anda lihat ukuran payudara sebelah kanan lebih besar dibandingkan dengan yang sebelah kiri, maka ada kemungkinan bahwa anda sedang mengandung bayi laki-laki.

ukuran payudara ibu hamil yang membesar adalah ciri dan tanda kehamilan bayi laki-laki

ukuran payudara ibu hamil yang membesar adalah ciri dan tanda kehamilan bayi laki-laki

  • Posisi Tidur Ibu Hamil

Kebiasaan ibu hamil lainnya yang juga sering dijadikan acuan terkait ciri dan tanda kehamilan bayi laki-laki adalah posisi tidur. Jika ibu hamil lebih suka tidur dengan posisi menghadap ke kiri dibandingkan menghadap ke kanan, maka kemungkinan bayi yang sedang dikandung berjenis kelamin laki-laki. Namun hal ini juga masih menjadi perdebatan, tapi tidak ada salahnya juga jika ibu hamil mengamati kebiasaan tidurnya, apakah lebih sering menghadap ke kiri, atau ke kanan.

posisi tidur ibu hamil yang sering menghadap ke kiri adalah ciri dan tanda kehamilan bayi laki-laki

posisi tidur ibu hamil yang sering menghadap ke kiri adalah ciri dan tanda kehamilan bayi laki-laki

Itulah tadi beberapa cara mengetahui ciri dan tanda kehamilan bayi laki-laki yang bisa dicoba untuk diterapkan. Namun yang perlu menjadi catatan, bahwa cara-cara diatas jangan dijadikan acuan yang utama dalam mengetahui jenis kelamin bayi yang sedang dikandung. Langkah medis dengan melakukan USG kehamilan merupakan cara yang paling disarankan bagi ibu hamil yang ingin mengetahui jenis kelamin bayi dalam kandungan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda semua yang membutuhkan, dan jangan lupa untuk membagikan informasi tentang ciri dan tanda kehamilan bayi laki-laki ini kepada pada calon ibu muda lainnya.

Loading...