Mengenai Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita

Mengenali Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita. Masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa lebih banyak pria yang menderita penyakit jantung dibandingkan dengan wanita, namun ternyata, berdasarkan data dan fakta yang ada, hal ini langsung terbantahkan. Berdasarkan data, ada 1 dari 4 wanita yang meninggal akibat penyakit jantung, khususnya jenis penyakit jantung koroner. Fakta lain yang lebih mencengangkan, ternyata jumlah kematian akibat penyakit jantung koroner pada wanita ini lebih tinggi dari jumlah kematian yang disebabkan oleh penyakit kanker. Oleh karena itu, sudah menjadi suatu kewajiban, khususnya untuk para wanita menjaga kesehatan jantungnya, dan melakukan upaya untuk mencegah penyakit jantung, khususnya penyakit jantung koroner. 

gejala penyakit jantung pada wanita

gejala penyakit jantung pada wanita

Berdasarkan data medis dan fakta dilapangan, gejala penyakit jantung pada wanita, khususnya gejala penyakit jantung koroner, biasanya mulai terjadi setelah fase menopause. Setelah fase menopause pada wanita, hormon estrogen tidak lagi dapat melindungi pembuluh darah dalam tubuh. Oleh karena itu, lebih banyak kasus penyakit jantung pada wanita ditemukan pada mereka yang sudah melewati fase menopause, dibandingkan dengan mereka yang belum memasuki fase menopause. Hal lain yang juta perlu diketahui oleh para wanita, berdasarakan penelitian beberapa dokter ahli jantung, ditemukan fakta bahwa ternyata lebih mudah mengetahui gejala penyakit jantung pada pria daripada gejala penyakit jantung pada wanita, hal ini menyebabkan seringkali diagnosa penyakit jantung pada wanita sedikit terlambat, karena gejala penyakit jantung pada wanita lebih susah untuk diketahui.

Berikut ini tanda dan gejala penyakit jantung pada wanita yang perlu anda ketahui :

  1. Nyeri dada seperti ditekan benda berat yang dapat terjadi di seluruh bagian dada yang terjadi selama beberapa menit atau hilang timbul.

  2. Nyeri di daerah salah satu atau kedua lengan, punggung atas, leher dan rahang yang tidak jelas penyebabnya seringkali berupa keluhan seperti diikat tali dengan kuat.

  3. Nyeri di daerah ulu hati atau rasa tertekan benda berat pada daerah perut atas.

  4. Sulit bernapas dengan nyeri dada atau tanpa nyeri dada.

  5. Mual dan muntah tanpa sebab yang jelas.

  6. Pusing, rasa melayang, pingsan, gangguan tidur tanpa sebab yang jelas.

  7. Keringat dingin yang berlebihan.

  8. Rasa lelah meskipun ketika sedang duduk atau beristirahat.

gejala penyakit jantung koroner pada wanita

gejala penyakit jantung koroner pada wanita

Itulah tadi daftar gejala penyakit jantung pada wanita yang perlu anda ketahui, sehingga anda dapat mencegah penyakit jantung, dan juga mengetahui secara dini jika ternyata ada gejala penyakit jantung pada diri anda. Selain dengan mengetahui gejala penyakit jantung pada wanita, anda juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, supaya jika ternyata ada tanda atau gejala penyakit jantung, anda dapat dengan segera mendapatkan pertolongan medis.

Jika artikel mengenai gejala penyakit jantung pada wanita ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk membagikan informasi seputar kesehatan ini kepada keluarga dan orang-orang yang anda kasihi.

Loading...